Selain Argentina, Sejumlah Pemain Semenjanjung Balkan Ramaikan Persija

Oleh : Herry Barus | Minggu, 01 November 2020 - 17:00 WIB

Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic (Foto Dok Berita Satu)
Penyerang Persija Jakarta, Marko Simic (Foto Dok Berita Satu)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Semenanjung Balkan banyak menghasilkan pemain-pemain top dalam khasanah sepakbola dunia. Salah satunya yang pernah memenangkan Ballon d’Or baru-baru ini yaitu Luka Modric. Mereka juga pernah menghasilkan penyihir-penyihir lapangan hijau. Sebut saja Georghe Hagi atau Dejan Savicevic.

Balkan sendiri sebutan untuk negara-negara pecahan Yugoslavia seperti Serbia, Kroasia, Slovenia, Macedonia Utara, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, dan Kosovo.

Di Liga Indonesia sendiri, pemain asal Balkan sendiri banyak jadi andalan beberapa klub. Termasuk tentunya di Persija Jakarta, banyak mengontrak pemain asal Balkan tersebut. Siapa saja mereka? Berikut penjelasannya.

Pertama tentunya Marko Simic. Simic merupakan pemain asal Balkan tersukses di Persija. Baru tiga musim ia sudah mendapatkan segalanya. Pada musim 2018, ia sukses menyabet gelar juara Liga Indonesia dan Piala Presiden.

Pada musim berikutnya, Simic berhasil menjadi pemain asal negara eks Yugoslavia ketiga yang menjadi top skor di Liga Indonesia setelah Gluščević pada musim 1995-1996 dan Rakić pada musim 2018.

Selanjutnya ada Ivan Bonsjak alumnus Piala Dunia yang juga pernah direkrut Persija. Pemain berposisi penyerang ini direkrut Macan Kemayoran untuk mengarungi kompetisi 2014. Bosnjak datang berstatus pemain Timnas Kroasia di Piala Dunia 2006. Dalam 14 pertandingan, Ivan Bosnjak menyarangkan empat gol.

Selain itu ada juga nama Zelimir Terkes yang memperkuat Persija musim 2014. Ia merupakan pemain asing yang berasal dari Bosnia. Sayangnya tidak banyak aksi yang bisa dipertontonkan oleh Zelimir Terkes di Persija. Saat berseragam Persija, mantan striker HNK Calpjina tersebut hanya mendapat kesempatan tampil selama dua pertandingan dan tanpa menciptakan satu gol pun. Hingga akhirnya tim Macan Kemayoran memutuskan untuk melepasnya.

 Lalu ada Evgeny Khamaruk yang bermain si Persija selama satu musim. Ia merupakan bagian skuat Macan Kemayoran di Liga Indonesia musim 2007/2008. Dengan label sebagai penjaga gawang Timnas Moldova saat itu, kemempuan Evgeny Khmaruk begitu luar biasa dalam menjaga gawang persija Jakarta. Dengan tinggi mencapai 190 cm dan reflek yang sangat bagus, Khmaruk sangat sulit ditaklukan penyerang-penyerang lawan, terutama dalam situasi duel bola-bola udara.(*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pupuk

Selasa, 13 April 2021 - 09:00 WIB

Pupuk Indonesia Kenalkan Inovasi Digitalnya ke Eropa Melalui Hannover Messe (HM) 2021

PT Pupuk Indonesia (Persero), menjadi satu dari 156 perusahaan di Indonesia yang terpilih dan turut berpartisipasi dalam ajang pameran industri dan perdagangan terbesar di dunia, Hannover Messe…

Pelatihan Konstruksi Layang

Selasa, 13 April 2021 - 08:40 WIB

Luar Biasa!!! Indonesia Bakal Punya Sarana Pelatihan Konstruksi Layang Berstandar Internasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku pembina jasa konstruksi nasional terus mendorong dan melakukan pembinaan terhadap para pelaku jasa konstruksi nasional dalam meningkatkan…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:34 WIB

Di Pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Rayu Jerman untuk Bermitra Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Dalam sambutannya pada pembukaan Hannover Messe 2021, Presiden Joko Widodo menyebutkan, perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia merupakan yang tercepat di Asia Tenggara dan akan…

Menteri Ketenagakerjaan - Ida Fauziyah

Selasa, 13 April 2021 - 08:19 WIB

Surat Edaran THR Diterbitkan, Menaker Ida: THR Keagamaan Wajib Dibayarkan Paling Lama 7 Hari Sebelum Hari Raya

Menaker Ida mengatakan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh.

Presiden Joko Widodo

Selasa, 13 April 2021 - 08:04 WIB

Buka Hannover Messe 2021, Presiden Jokowi Sebut Transformasi Teknologi Digital Semakin Penting

Presiden Jokowi menyampaikan, tema transformasi teknologi yang diusung Hannover Messe kali ini sangat relevan dengan situasi pandemi COVID-19 yang tengah dihadapi saat ini.