Kementerian PANRB-KOICA Lakukan Pelatihan Manajemen Talenta

Oleh : Herry Barus | Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:00 WIB

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji
Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Pemerintah Indonesia melalui   Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali melakukan kerja sama dengan pemerintah Republik Korea melalui Korea International Cooperation Agency (KOICA). Kerja sama ini dilakukan dalam bentuk pelatihan untuk memperdalam manajemen talenta dan akan difasilitasi oleh National Human Resources Development Institute (NHI), Korea.

“Kerja sama dengan KOICA kali ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan dan mengambil tema sumber daya manusia yang berfokus pada manajemen talenta. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk memperkuat kapasitas manajemen kebijakan SDM aparatur dalam memimpin pembangunan nasional,” jelas Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

Mengambil tema Talent Management in Indonesia Civil Services in the Framework of a Grand Design of Civil Services Development, kegiatan pelatihan daring diisi dengan kuliah video prarekam, lokakarya, dan seminar daring dari praktisi dan profesor NHI. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Problem Based Learning (PBL), yaitu mempelajari masalah yang ada dan kemudian dianalisis untuk mengetahui strategi dan implementasi yang harus dilakukan.

Peserta pelatihan sebanyak 30 orang bukan hanya dari Kementerian PANRB, namun juga berasal dari Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN)/Bappenas, Badan Kepegawaian Negara (BKN), serta Lembaga Administrasi Negara (LAN). Peserta kemudian dibagi ke dalam lima kelompok, dimana sebagai tugas awal, masing-masing kelompok diminta untuk menyerahkan Case Report yang akan digunakan sebagai dasar pemberian pelatihan.

Sedianya, pelatihan yang akan berjalan selama dua minggu dari 2 hingga 13 November 2020 ini dilangsungkan di Korea Selatan. Namun mengingat pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, format pelatihan diubah menjadi daring. Terdapat lima modul utama dalam pelatihan ini, yaitu Pengenalan terhadap Inovasi Pemerintah, Peningkatan Kapasitas dalam Manajemen SDM, Kepemimpinan Publik dan Nilai-nilai Pelayanan Publik, Laporan Negara dan Aksi Pembelajaran, serta Pengalaman Budaya Korea.

Kegiatan yang termasuk ke dalam KOICA Online Fellowship Program ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan SDM di sektor publik serta memajukan pengelolaan manajemen SDM aparatur di Indonesia. Selain itu juga untuk mencapai kesejahteraan bersama antara Indonesia dan Korea sebagai partner strategis yang dilakukan dengan berbagi pengalaman dalam pengembangan serta pengelolaan SDM di masing-masing negara.

Selain tujuan utama tersebut, tujuan lain yang juga ingin dicapai melalui KOICA Online Fellowship Program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam pengelolaan SDM di sektor publik, memajukan manajemen SDM, serta berbagi pengalaman dalam pengembangan SDM di Indonesia dan Korea.

Atmaji berpesan agar para peserta dapat memaksimalkan pengalaman ini untuk dapat belajar mengenai manajemen talenta yang telah dilakukan oleh Korea. “Kami berharap peserta dapat menyerap seoptimal mungkin mengenai berbagai pengalaman dan keberhasilan Korea dalam mengelola manajemen talenta pegawai negerinya. Manajemen Talenta ini telah membantu Korea memiliki daya saing dan produktivitas yang sangat tinggi,” pungkas Atmaji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.