DPR Dorong Pemerintah Beri Stimulus dan Kesiapan UMKM Go Online

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 28 Oktober 2020 - 12:15 WIB

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan bahwa di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, semua keluarga e-commerce mengalami tantangan yang sama, yaitu daya beli pasar yang menurun.

Namun di sisi lain, gairah masyarakat UMKM untuk menjadi bagian dari e-commerce tetap meningkat. Meskipun kemudian harus dilakukan pemberdayaan, pembinaan, sekaligus peningkatan kesiapan bagi UMKM Go Online.

“Kesiapan serta motivasi UMKM Go Online inilah yang akan terus kita dorong dan upayakan dengan melibatkan Pemerintah dan masyarakat,” ucap Gus Ami melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (28/10).

Politisi Fraksi PKB itu juga mengatakan, setiap bisnis usaha pasti akan menemukan fase persaingan yang keras dan tinggi, tetapi hal itu bisa diatasi dengan peningkatan kualitas secara kompetitif.

“DPR akan mendorong Pemerintah untuk memberikan stimulus-stimulus, baik melalui APBN maupun melalui aturan-aturan. Selain itu juga dengan kebijakan undang-undang yang mendukung lebih kondusifnya e-commerce,” tandasnya.

Aplikasi LinkAja atau sistem pembayaran uang elektronik yang telah diluncurkan Pemerintah memang dituntut untuk lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan e-commerce. Sistem pembayaran uang elektronik wajib kompetitif jika tidak ingin tertinggal dari e-commerce lainnya.

Fasilitas yang ditawarkan juga harus mampu memberikan kemudahan bagi konsumen sebagai langkah menghadapi persaingan yang ada. Dan yang tidak kalah penting adalah persoalan jaminan keamanan bagi pengguna aplikasinya.

Keamanan nasabah harus lebih dioptimalkan jika ingin sistem e-commerce yang diterapkan itu dapat terus berkembang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:07 WIB

Laba Bersih ALDO Melesat 70,8% pada Kuartal I-2022

PT Alkindo Naratama Tbk (“ALDO”), emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia yang terintegrasi, terus meraih kinerja yang positif pada awal tahun 2022 dengan bukukan kenaikan…