BNI Syariah: Pemuda Miliki Persatuan Lawan Covid-19

Oleh : Wiyanto | Rabu, 28 Oktober 2020 - 05:54 WIB

Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Tokopedia Salam, Bapak Garri Juanda; Head of Public Policy Ruangguru, Bapak Amri Ilmma dalam acara Talkshow Webinar dengan judul “Yang Muda Yang Peduli Sesama”,
Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Tokopedia Salam, Bapak Garri Juanda; Head of Public Policy Ruangguru, Bapak Amri Ilmma dalam acara Talkshow Webinar dengan judul “Yang Muda Yang Peduli Sesama”,

INDUSTRY.co.id-Jakarta-BNI Syariah memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang jatuh pada 28 Oktober 2020 dengan tema “Bersatu dan Bangkit” dengan menyelenggarakan Talkshow Webinar bertema “Yang Muda Yang Peduli Sesama”. Acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda berkontribusi terhadap masa depan bangsa yang lebih baik dan peduli kepada sesama.

Hadir dalam Webinar dengan judul “Yang Muda Yang Peduli Sesama”, Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Public Policy Ruangguru, Amri Ilmma; dan Head of Financing Card Business BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi pada kesempatan berbeda mengatakan pemuda berperan penting sebagai generasi penerus yang mampu mewujudkan kemajuan bangsa.” Oleh karena itu, diharapkan para pemuda Indonesia memiliki semangat persatuan dan bekerja sama untuk melawan COVID-19,” kata Iwan Abdi.

Acara ini membahas isu-isu terkini terkait usaha yang dilakukan para pemuda untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19, diharapkan dapat menjadi media informasi dan memberikan gagasan yang nyata untuk peduli sesama.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan bahwa tren berdonasi masyarakat Indonesia meningkat selama pandemi.

“Sejak bulan Maret lalu, pengguna Tokopedia telah berdonasi lebih dari Rp33 miliar yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung berupa barang atau pun jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan penanggulangan wabah COVID-19 seperti, Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, Rapid Test Gratis di Sarana Publik, Bantuan Disinfektan untuk Masjid, dan THR serta Sembako. Di sisi lain, masyarakat pun dipermudah dalam membayar zakat selama PSBB melalui fitur Zakat di Tokopedia Salam." ujar Garri.

Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan mengatakan di Indonesia potensi zakat cukup besar untuk dikembangkan. Untuk mengoptimalisasi potensi zakat ini ada tiga hal yang bisa dilakukan diantaranya komunikasi terkait literasi mengenai pengelolaan zakat kepada masyarakat; kerjasama dengan institusi salah satunya perbankan dan fintech untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap zakat; dan peningkatan layanan. Pada tahun 2020, menurut Fitriansyah Agus Setiawan, donasi BAZNAS melalui channel digital mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Head of Public Policy Ruangguru, Amri Ilmma mengatakan tantangan penyediaan akses pendidikan ke masyarakat di masa pandemi ini meningkat dibandingkan sebelumnya. “Karena sistem pendidikan di Indonesia merupakan terbesar keempat di dunia dengan 44 juta murid dan 2,7 juta guru, dari jumlah ini 50% harus belajar di rumah,” kata Amri Ilmma.

Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, Amri Ilmma mengkhawatirkan akan ada lost generation yaitu siswa tidak memperoleh pendidikan dikarenakan tidak mempunyai akses. Ruangguru dalam hal ini berkomitmen untuk membantu para siswa untuk menyediakan akses belajar dengan baik dengan salah satunya menyediakan sekolah online gratis pada awal Maret 2020.

Saat ini industri halal menjadi new business dan new brand, dengan potensi bisnis global mencapai lebih dari Rp30 ribu triliun. Sedangkan di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mempunyai potensi ekonomi halal mencapai Rp3 ribu triliun per tahun. Namun potensi tersebut, secara ekonomi dinikmati oleh negara lain, sementara Indonesia hanya menjadi konsumen.

Oleh karena itu perbankan syariah bersama stakeholders lainnya harus berperan aktif untuk menangkap peluang, agar kita tidak hanya konsumen namun juga menjadi produsen serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hingga saat ini, BNI Syariah terus berkontribusi untuk mengembangkan ekosistem halal di Indonesia, diantaranya melalui kerja sama dengan Tokopedia Salam, BAZNAS, dan Ruangguru. Diharapkan kerjasama ini dapat mengoptimalkan implementasi commercial dan social finance.

Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, BNI Syariah mengangkat value proposition Hasanah Banking Partner, dimana keberadaan BNI Syariah dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way). Hal ini tercermin dari berbagai produk dan layanan yang dimiliki oleh BNI Syariah, termasuk kartu kredit berbasis syariah, yang disebut BNI iB Hasanah Card.

BNI iB Hasanah Card merupakan produk bisnis kartu pembiayaan BNI Syariah sebagai solusi transaksi hijrah Hasanah. Diharapkan kartu BNI iB Hasanah Card bisa digunakan sebagai jalan keluar bagi masyarakat yang ingin bertransaksi sesuai prinsip syariah.

Kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card bermula dari satu keyakinan bahwa umat muslim akan membutuhkan transaksi yang halal, canggih dengan semangat melepaskan dari riba. Syariah Card / kartu pembiayaan merupakan kartu yang fungsinya seperti ‘kartu kredit’, dimana hubungan hukum antara bank dan nasabahnya didasarkan atas prinsip syariah.

BNI iB Hasanah Card sebagai satu-satunya kartu kredit berbasis Syariah yang diterbitkan Bank Umum Syariah memiliki brand positioning sebagai Kartu Kebaikan. BNI iB Hasanah Card berusaha mempermudah niat kebaikan masyarakat untuk berbagi dengan berdonasi sesuai nilai-nilai Hasanah/ Kebaikan sesuai value proposition Hasanah Banking Partner.

Jumlah pengguna kartu pembiayBNI iB Hasanah Card sebanyak 350 ribu nasabah. Sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna, Sales Volume BNI iB Hasanah Card pada 2019 juga mengalami peningkatan hingga menembus Rp1,2 Triliun.

Terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda, BNI Syariah juga mempunyai program pemberian souvenir masker merah putih dan hand sanitizer beserta kartu ucapan kepada nasabah di kantor cabang BNI Syariah. Selain itu, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda petugas frontliner BNI Syariah juga memakai baju adat untuk melayani transaksi nasabah.

Saat ini kerjasama BNI Syariah dengan Tokopedia Salam, Ruangguru dan BAZNAS diantaranya adalah diskon 7,5% maksimal Rp150 ribu di Tajir Fest Tokopedia Salam menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card; diskon 60% dan 28% paket belajar Ruangguru menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…