GMRI Sebarkan Virus Nasionalisme

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Oktober 2020 - 06:49 WIB

Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI)
Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Gerakan Moral Rekonsiliasi Indonesia (GMRI) terus menyiapkan agenda Rekonsiliasi Kebangsaan Negara Indonesia secara matang. Kegiatan itu bakal dilaksanakan pada Senin 26 Oktober 2020.

Sejumlah tokoh nasional akan hadir, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, mantan Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen (Purn) Kiki Syahnakri, dan budayawan Jaya Suprana. 

"Jadi, saya sudah Whatsapp Pak Mahfud MD dan dibantu juga Pak Jaya Suprana, kan mereka berteman. Pak Jaya sudah sepakat," kata Pendiri GMRI Eko Sriyanto Galgendu dalam pertemuan di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (22/10).

Kiki Syahnakri akan memberi sambutan sekaligus memotivasi keturunan-keturunan Tionghoa agar tidak menutup diri di tengah kondisi bangsa Indonesia saat ini. Karena itu, adanya rekonsiliasi diharapkan dapat membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan. 

"Besok bapak (Kiki) tanggal 26 Oktober memberikan sambutan. Motivasi kepada teman-teman keturunan Tionghoa untuk mereka berani menyatakan sikap dan berbuat," kata Eko Galgendu. 

Menurutnya, banyak tokoh bangsa khawatir dan resah terhadap kondisi yang terjadi sekarang. Di balik keresahan mereka, ada yang benar-benar pasif dalam menyikapinya.

"Kedua, khawatir tapi aktif dalam bakti sosial, tapi persentasenya kecil. Ketiga, aktif dalam bakti sosial ikut menyuarakan persatuan dan kesatuan," tutur Eko Galgendu. 

Kehadiran Kiki Syahnakri baginya membakar semangat anggota-anggota GMRI karena selalu konsisten dalam menyuarakan persatuan Indonesia. 

"Kami istilahnya sebagai anak bapak selalu bapak support. Pak Kiki juga sangat sabar juga untuk menyebarkan virus kebangsaan," kata Eko Galgendu.

 Kiki Syahnakri sendiri menyambut baik agenda rekonsiliasi tersebut. Harapannya, kepada GMRI dapat merangkul lebih banyak masyarakat Indonesia. 

"Pada intinya saya sangat gembira menyambut kehadiran GMRI. Jadi, sangat perlu kalau sekarang rekonsiliasinya para etnis (Tionghoa). Bagi saya ini sangat penting. Seperti Mas Eko bilang menyebarkan virus nasionalisme. Mungkin ke depan harus diperluas, suku-suku Papua atau mungkin keturunan Arab juga perlu dirangkul," jelasnya. 

Rekonsiliasi Kebangsaan Negara Indonesia akan berisi Deklarasi dan Pernyataan Sikap Warga Keturunan Tionghoa Sebagai Putera Puteri Bangsa Indonesia. Digelar di Gedung Candranaya, Ballroom Hotel Novotel, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…