China Bakal Jor-joran Investasi di Indonesia, Luhut Sebut Angkanya Sangat Fantastis

Oleh : Ridwan | Kamis, 22 Oktober 2020 - 07:45 WIB

Menko Maritim dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan
Menko Maritim dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut komitmen Cina untuk berinvestasi di Indonesia cukup bagus.

Hal tersebut dilihatnya saat berkunjung ke Yunnan, Cina, beberapa waktu lalu.

"Sekarang belum kami rilis tapi angkanya, menurut saya sangat fantastis yang semua dilakukan B-to-B (bisnis ke bisnis)," ujar Luhut dalam acara daring, (21/10/2020).

Dijelaskan Luhut, pada tahun ini investasi domestik tampak turun dari puncaknya di kuartal I-2020. Namun, penanaman modal asing cenderung flat.

"Tapi realisasi investasi kalau kita lihat investasi domestik naik dan FDI juga cukup bagus. Jadi sebenarnya tidak ada keengganan orang berinvestasi di Indonesia," ungkapnya.

Sebelumnya, dilansir dari Bisnis, Luhut mengungkapkan bahwa perusahaan asal Negeri Tirai Bambu, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. telah menandatangani komitmen investasi senilai US$ 4,6 miliar setara dengan Rp 67,8 tiliun untuk pengembangan baterai listrik di Indonesia.

Dia menyebutkan bahwa produsen baterai litium-ion untuk kendaraan listrik asal Cina tersebut nantinya akan berinvestasi bersama Huayou Cobalt Co. Ltd. pada proyek baterai listrik di Indonesia senilai US$20 miliar.

"Kemarin di Yunan, saya ketemu CATL. CATL itu akan investasi dengan Huayou, mungkin kira-kira dekat US$ 20 miliar, tapi sekarang sudah mereka tanda tangani US$4,6 miliar di sana," ujar Luhut dalam acara IndyFest 2020, beberapa waktu lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…