Perempuan Cantik Kelahiran Bandung Ini Dipinang Erick Thohir Jadi Wadirut Bank Mandiri

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 22 Oktober 2020 - 07:23 WIB

Alexandra Askandar, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia
Alexandra Askandar, Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Alexandra W Askandar diangkat sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri.  Sebelumnya menjabat  Direktur Coorporate Bank Mandiri.

Dia merupakan wanita kelahiran tahun 1972 lulusan Universitas Indonesia dan Boston University, Amerika Serikat. Riwayat karir perbankan Alexandra adalah menjadi Group Head Corporate Banking di tahun 2015 dan Senior Executive Vice President pada tahun 2016 di Bank Mandiri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pengangkatan Alexandra W Askandar, merupakan bentuk upaya peningkatan peran perempuan di jajaran petinggi perusahaan plat merah.

 “Kami di Kementerian BUMN terus memberikan kesempatan untuk memperbesar komposisi pimpinan wanita di perusahaan-perusahaan BUMN. Penunjukan Alexandra sebagai Wakil Direktur Utama di Bank Mandiri merupakan bagian dari usaha kami untuk terus meningkatkan persentase perempuan, hingga 15 persen pada jajaran pimpinan senior di BUMN. Sebelumnya, kami juga menunjuk Adi Sulityowati sebagai Wakil Direktur Utama BNI," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/10/2020).

Alexandra sendiri menduduki posisi wakil direktur utama Bank Mandiri menggantikan posisi yang ditinggal Hery Gunardi. Selain itu, lanjut Erick, dirinya juga menunjuk Sigit Prastowo menjadi Direktur Keuangan Bank Mandiri. Sebelumnya, Sigit menjabat Direktur Keuangan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sigit Prastowo lahir di Cilacap pada 1 Desember 1971, selama ini sudah dikenal sebagai bankir yang selalu menduduki jabatan di bagian keuangan BNI. Bahkan sejak tahun 2005, lulusan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada selalu berkutat di bidang keuangan perbankan nasional.

“Sedangkan Sigit Prastowo, kami juga memberi kesempatan kepadanya yang selama ini meniti karir di BNI untuk berkiprah jadi direksi di Bank Mandiri sebagai bagian dari tour of duty. Saya berharap seluruh BUMN melakukan pengembangan sumber daya manusianya sehingga semakin banyak lagi perusahaan BUMN menjadi center of excellence," kata dia.

Sebelumnya, Darmawan Junaidi resmi diangkat menjadi Direktur Utama Bank Mandiri. Keputusan itu diambil setelah Bank Mandiri menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari Rabu (21/10/2020).

Sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Bank Mandiri, Darmawan merupakan Direktur Treasury, International Banking and Special Asset Management. Dia didapuk jadi Dirut Bank Mandiri untuk menggantikan Royke Tumilaar yang dipindahkan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Utama Bank BNI. Dengan adanya perombakan ini, maka susunan dewan direksi Bank Mandiri yang baru sebagai berikut:

Direktur Utama : Darmawan Junaidi

Wakil Direktur Utama: Alexandra Askandar

Direktur Hubungan Lembaga: Rohan Hafas

Direktur Operasional: Toni Eko Boy Subari

Direktur Treasury International Banking and Special Assets Management: Panji Irawan

Direktur Keuangan dan Strategi: Sigit Prastowo

Direktur Coorporate Banking: Susana Indah

Direktur Manajemen Risiko: Siddik Badruddin

Direktur Information Technology: Rico Usthavia

Direktur Kepatuhan SDM: Agus Dwi Handaya

Direktur Komersial Banking: Riduan Direktur Bisnis dan Jaringan: Aquarius Rudianto

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…