PCP Express-Janio Permudah Mitra Sektor UMKM

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:00 WIB

PCP Express-Janio Permudah Mitra Sektor UMKM
PCP Express-Janio Permudah Mitra Sektor UMKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Perusahaan kurir domestik PCP Express resmi berkolaborasi dengan Janio dalam layanan logistik internasional. Kolaborasi bisnis ini akan memudahkan mitra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk memperluas usaha mereka ke pasar Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Singapura pada tahap awal. Kerja sama ini menggabungkan kekuatan jaringan domestic yang dilengkapi dengan teknologi PCP Express dan jaringan internasional serta teknologi Janio Asia.

Terhitung sejak Oktober 2020, platform logistik Janio Asia sudah melayani seluruh pebisnis UMKM untuk mengirimkan produk mereka ke pasar global melalui semua cabang PCP Express di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Jayapura. Lebih rinci, kolaborasi ini akan menyediakan solusi logistik terintegrasi yang terbagi dalam lima zona wilayah di Indonesia. Kolaborasi Janio Asia dengan PCP Express menyajikan solusi logistik terpadu untuk UMKM di Indonesia, termasuk diantaranya Pengurusan Bea cukai dan Last Mile Delivery di negara tujuan. Delivery Last Mile di negara tujuan: Malaysia dan Singapura. 

“Pertumbuhan pesat e-commerce di Singapura dan Malaysia akan mendorong ekspansi ekspor mitra UMKM kami di saat kondisi pasar domestik mulai jenuh. Dengan terbukanya pasar ekspor, PCP Express dapat memberdayakan para pelaku UMKM dengan meningkatkan brand awareness atas produk mereka di pasar internasional dan juga memberikan penghasilan lebih kepada bisnis mereka. Sesuai dengan misi perusahaan, kami memberikan solusi mudah dan nyaman kepada para pelaku UMKM, dengan memanfaatkan platform Janio di pasar regional, kami yakin kolaborasi antara PCP Express dan Janio Asia, kami dapat tumbuh bersama dengan para pelaku UMKM walaupun dalam masa pandemik seperti saat ini “Kami meyakini Kerjasama ini akan membuka peluang baru bagi UMKM untuk memperluas pangsa pasar mereka hingga ke mancanegara,” jelas Dennis Soemarno, CEO PCP Express, Selasa (20/10/2020)  

Sejak berdiri pada 1999 silam, saat ini PCP Express yang melayani lebih dari 500 perusahaan dengan 200 lokasi layanan penjemputan di seluruh Indonesia. Kekuatan logistik PCP Express di pasar domestik akan semakin diuntungkan dengan solusi logistik Janio Asia di pasar regional. Sebagai spesialis jasa logistik lintas negara, Janio Asia memiliki enam layanan unggulan yakni pengiriman antar negara, cash on delivery (COD), pengurusan bea cukai, manajemen kurir, pusat distribusi regional dan partnership management. Saat ini jaringan Janio sudah mencakup 75 rute perdagangan di 15 negara. 

Di tahap awal, Janio Asia dan PCP Express akan melayani pelaku UMKM yang berdomisili di Zona 1 & Zona 2 yang mencakup 13 kota besar. Diantaranya Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Lampung dan Denpasar. “UMKM Indonesia memiliki potensi produk ekspor cerah di pasar regional. Jaringan dan teknologi kami membuat UMKM tidak perlu repot mengurus proses bea cukai, distribusi dan urusan teknis lainnya,” ujar Syed Ali Ridha Madihid, COO Janio.

 

Informasi saja, Indonesia tercatat sebagai 10 besar penghasil ekspor produk tekstil dan garmen dengan nilai ekspor Rp US$ 12,4 miliar pada 2017. Ekspor makanan olahan dan kosmetik juga menjadi produk ekspor andalan. Produk kosmetik lokal Indonesia yang mengusung konsep halal berpotensi menembus transaksi hingga US$ 90 miliar pada tahun 2023.

Di tengah pandemi, tren belanja online yang meningkat pesat mampu menolong UMKM agar bisa memacu bisnis di tengah perlambatan ekonomi. Riset Google, Temasek dan Bain & Company bertajuk e-Conomy SEA 2019 menghitung, nilai transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) e-commerce di Asia Tenggara diproyeksi mencapai US$ 38 miliar pada tahun ini. Nilainya diperkirakan naik 39 persen menjadi US$ 153 miliar pada 2025.

Indonesia diramal menjadi pemain terbesar e-commerce di Asia Tenggara. Laporan terbaru Facebook dan Bain & Company memprediksi Perkembangan pesat e-commerce di Singapura dan Malaysia pun menjadi peluang besar bagi ekspansi ekspor UMKM Indonesia.

Di tahun ini, transaksi e-commerce Singapura diprediksi mencapai US$ 2,7 miliar dan tumbuh berlipat menjadi US$ 3,9 miliar pada 2024. Sementara transaksi e-commerce di Malaysia menembus US$ 4,3 miliar di akhir tahun ini dan meningkat menjadi US$ 5,9 miliar pada 2024.

“Dengan prospek cerah tersebut, jaringan logistik Janio ditargetkan bertambah menjadi 200 rute internasional di 2021,” tambah Syed.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…