Passwordless -Auntentikasi Touchless Tingkatkan Keamanan dan Menyederhanakan Akses Pengguna di Era New Normal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Oktober 2020 - 13:00 WIB

Passwordless -AuntentikasiTouchless Tingkatkan Keamanan dan Menyederhanakan Akses Pengguna di Era New Normal
Passwordless -AuntentikasiTouchless Tingkatkan Keamanan dan Menyederhanakan Akses Pengguna di Era New Normal

INDUSTRY.co.id - Jakarta–Di tengahpandemic Covid-19,teknologi yang aman menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk kelangsungan bisnis. Dengan begitu banyak karyawan yang bekerja dari jarak jauh atau di rumah(WFH), jumlah risiko pencurian identitas, peretasan kata sandi, dan kehilangankredensialjuga turut mengalami peningkatan.

Oleh karena itu PT Central Data Technology(CDT), perusahaan penyedia solusi IT sekaligus anak  perusahaan CTI  Grouppun  bekerja  sama  dengan  Entrust untuk  menyediakan  akses karyawan yang aman kepada pelanggan ke jaringan yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif.Bisnissaat  initelah menggeser  gaya  kerjakaryawan  ke  pekerjaan  online  sehingga  mereka dapat  tetap  terhubung saat  bekerja  dari  jarak  jauh. 

Namun,menurut Lembaga  Riset  Siber Indonesia (CISSReC), 70% warga yang disurveidi sembilan kota besar di Indonesiamasihtidak mengetahui  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  perlindungan  kata  sandiyangsangat  kritis dibutuhkan dalam pembuatan identitas digital. Banyak orang menggunakan sandi yang sama pada  beberapa  akun  kerja  dan  pribadi,  dan  rentan  terhadap  serangan  phishing  yang bertujuan mencuri kredensial.

"Kita  bisa  melihat bahwapenggunaankata  sandi  tidak  cukup  untuk keamananidentitas digital. Para pemimpin IT perlumencari solusi autentikasi Passwordlessdan Touchlessuntuk keamanan  yang  lebih  tinggi,  dan  untuk  mematuhi  protokol  kesehatan  yang  mengharuskan perusahaanmeminimalkan objek yang menyentuh di ruang umum.Dengan portofolio dari Entrust Identity, kami bisa menyediakan solusi tepercaya yang menghilangkan penggunaan passworddan  mengaktifkan  akses touchless.Hal  ini  sejalan  dengan  semangat  CDT  untuk memajukan solusiIoT, AI, dan Digital Platform untuk bisnis di Indonesia.”ujar Lugas Satrio, selaku Presiden Direktur CDT, Selasa (20/10/2020)

"Portofolio Entrust Identitymenggunakan kredensial berbasis sertifikat dan teknologi seluler untuk  mengaktifkan  akses  tanpa  kata  sandi,  menghilangkan  risiko  penggunaan  ulang  kata sandi dan peretasan kata sandi yang tidak aman. Dan sesuai protokol kesehatan, autentikasi tanpa sentuhan memberikan karyawanakses tanpa hambatan ke gedung dan sistem," kata Claus Hansen, Wakil Presiden, Solusi Perusahaan, Asia Pasifik & Jepang, Entrust.

Adapun cara kerja dari solusi Passwordless dan Touchless iniadalah:

•Pengguna menginstall kartu ID Virtual pada perangkat selulernya.

•Penggunakemudianbisa  mendaftar  sendiri  dengan  menggunakan  alat onboardingotomatis.

•Perangkat seluler pengguna kemudian dipasangkan (pairing) dengan komputer yang digunakan.

•Pengguna  memasukkan  PIN  pada  perangkat  atau  komputer  untuk  membuka  dan mengakses  identitasnya  sendiri  menggunakan  biometrik,  seperti  sidik  jari  dan pengenalan wajah

•Setelah pengguna diautentikasi, konektivitas Bluetooth perangkatnya akan masuk ke komputer Mac atau PC tanpa sandi dan melakukan sistem masuk tunggal (Single SignOn) ke aplikasi Cloudkemudian mereka sudah bisa mengaksesnya.

•Ketika  pengguna terdeteksi  tidak  berada  dalam  jangkauan  tempat  kerja  maka perangkat selulernya akan secara otomatis di logout.

•Pengaturan jangkauan ini dapat dikonfigurasi dan tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Solusi PasswordlessdanAutentikasiTouchlessdari Entrust tersedia sebagai solusi cloud atau di lokasi. CDT menyediakan konsultasi ahli dan layanan implementasi untuk perusahaan yang ingin mengadopsi solusi ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.