PP Properti Raih Peringkat Triple B Minus dari Pefindo

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 19 Oktober 2020 - 16:42 WIB

Logo PT PP Properti Tbk. (Foto: Humas PP Properti)
Logo PT PP Properti Tbk. (Foto: Humas PP Properti)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT PP Properti Tbk (PPRO), BUMN properti di Indonesia, memperoleh peringkat idBBB- (Triple B Minus) dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Peringkat itu diberikan Pefindo kepada anak usaha PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) tersebut setelah memperhitungkan besaran peringkat obligasi dan Mid Term Notes (MTN) alias surat utang jangka menengah yang diterbitkannya.

Pefindo juga memberikan peringkat idBBB- untuk obligasi dan MTN perseroan, yang terdiri dari Obligasi I/2016, Obligasi Berkelanjutan II/2020 bernilai maksimum Rp2,4 triliun, Obligasi I Tahap I/2018, Obligasi I Tahap II/2019, Obligasi I Tahap III/2019, MTN XI/2018, MTN XII/2018, MTN XIII/2018, dan MTN XIV/2019.

Perseroan memiliki beberapa strategi untuk mempertahankan peringkat dan kondisi keuangan di tengah pandemi covid-19 saat ini. Perubahan pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 72 adalah salah satu strategi mempercepat serah terima hunian kepada para pembeli unit di beberapa proyek yang selesai pada tahun ini.

Direktur Utama PPRO, Sinur Linda Gustina, menegaskan, PPRO tetap melanjutkan strategi yang sudah berjalan, diantaranya fokus mempercepat serah terima unit apartemen, memperkuat teknologi informasi Perusahaan dalam rangka penerapan digital marketing, meningkatkan portofolio perusahaan di produk landed house, mengontrol pengeluaran belanja modal, melakukan divestasi saham Anak Perusahaan, memperkuat kerjasama dengan perbankan dan upaya lainnya untuk meningkatkan likuiditas serta meningkatkan porsi recurring income.

Perseroan kini memiliki lima hotel yang beroperasi, yaitu di Jakarta, Bandung, Surabaya, Balikpapan dan Pekanbaru serta dua shopping mall di Bekasi dan Surabaya. Selama pandemi, hotel tetap beroperasi dengan menerapkan Standar CSHE (cleanliness health safety environment), dan shopping mall tetap beroperasi melayani pengunjung dengan mengikuti aturan PSBB transisi sesuai ketentuan pemerintah setempat.

“Saat ini kontribusi recurring income PPRO yang berasal dari hotel dan shopping mall sekitar 7 persen,” imbuh Linda.

Linda menuturkan, perseroan terus menjaga komitmen kepada konsumen untuk menyelesaikan tujuh proyek yang siap diserahterimakan hingga akhir tahun, yaitu Grand Sungkono Lagoon Tower Caspian dan Grand Dharmahusada Lagoon Tower Olive di Surabaya, Begawan apartemen di Malang, Amartha View dan The-Alton di Semarang, Evenciio di Margonda Depok dan The Ayoma Apartemen di Serpong.

“Kendati hingga akhir tahun ini, perseroan memiliki MTN yang jatuh tempo, kami tetap berkomitmen melunasi seluruh utang yang jatuh tempo hingga akhir 2020, sesuai dengan komitmen awal terhadap para investor,” pungkas Deni Budiman, Direktur Keuangan PPRO. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.