Hutama Karya Garap Bendungan Bintang Bano Sumbawa

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Oktober 2020 - 10:36 WIB

Hutama Karya Garap Bendungan Bintang Bano Sumbawa
Hutama Karya Garap Bendungan Bintang Bano Sumbawa

INDUSTRY.co.id - Sumbawa Barat–PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali dipercaya oleh pemerintah untuk membangunbendungan terbesar di Nusa Tenggara Barat yakni Bendungan Bintang Bano.

Setelah sebelumnya turut serta dalam pembangunan tahap pertama, kini Hutama Karya  melanjutkan pembangunan tahap  kedua  berupa penyelesaian  bendungan  utama  dan pembangunan saluran pelimpah (spillway)bendungan dengan total nilai kontrak sebesar Rp379 Milyar , dimana porsi Hutama Karya sebesar Rp 132,6 Milyar.

Bendungan  Bintang  Bano  merupakan  salah  satu  proyek  infrastruktur  yang  menjadi  prioritas pemerintah  karena  termasuk  dalam  daftar  Proyek  Strategis  Nasional  (PSN). Bendunganini bertipe rockfill dengan  random  inti  tegaksetinggi  120  meter  dari  dasar  galian.

Memiliki bentang puncak sepanjang 497 meter dan lebar 12 meter, bendungan ini mampu menampung 65,84 juta m3 air.Pembangunan tahap kedua iniditargetkan rampung pada 31 Desember 2021 atau selama 512 Hari Kerja.

Pada proyek pembangunan Bendungan Bintang Bano lanjutan ini, lingkup pekerjaan Hutama Karya  sebagai  kontraktor  antara  lain  adalah  pekerjaan  galian  tanah  dan  batu,  pekerjaan hidromekanikal  (radial  gatedan stoplog),  pembangunan spillwaydan jembatan spillway, pembangunan  jalan  akses,  normalisasi sungai,  pekerjaan shotcrete,  pembangunan  fasilitas umum dan pekerjaan landscape.

Direktur   Operasi   II   Hutama   Karya,   Novias   Nurendra   menjelaskan   bahwa   bendungan multifungsi  ini  sudah  dinantikankehadirannyaoleh  warga  sekitarkarena  akan  memacu pertumbuhanagribisinis di Sumbawa Barat. Tak hanya itu, aliran air dari Bendungan Bintang Bano  juga  dapat  dimanfaatkan  sebagai  pembangkit  listrik minihidro  2  x  4,4  Megawatt  yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumbawa Barat.

“Saat semua pekerjaan telah selesai dan dapat beroperasi penuh, bendungan ini akan mampumengairi 6.695 hektar lahan pertanian di sekitarnya serta menjadi sumber air baku dengan debit air 555 liter per detik. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai pengendali banjir dari luapan air Sungai Brang Rea sebesar 21,13 juta meter kubik,” ungkapnya.

Menyadari    besarnya    manfaat    bendungan    ini,    Hutama    Karya    berkomitmen    untuk menyelesaikan  proyek tepat  waktu  agar  masyarakat  dapat  segera  merasakan  dampakpositif dari bendungan tersebut. Saat ini pekerjaan bendungan lanjutan masih dalamtahap persiapansambil  menunggu  pengiriman  logisitik serta  koordinasi  dengan  pemerintah  dan  warga setempat. 

“Kami  sedang  berusaha  mempercepat  pengiriman  logistik  dan telah  berkoordinasi dengan  pihak  ASDP  untuk  mendapatkan  prioritas  penyeberangan  supaya  logistik  dapat  tiba tepat waktu, mengingat lokasi proyek juga jauh dari kota,” ungkap Novias.

Dalam pelaksanaan proyek selama masa pandemi Covid-19, Novias juga menjelaskan bahwaproyek  tetap  berjalan  seperti  biasa  dengan menjalankan  protokol  kesehatanyang  berlaku seperti  menggunakan  masker,  menjaga  jarak  dan  mencuci  tangan. 

“Semua  tim  proyekkami pastikan menjalani rapid testsecara rutin. Selain itu, kami juga menghimbau tim proyek untuk membatasi interaksi fisik dengan warga sekitar untuk mengurangi potensi penularan Covid-19 di wilayah tersebut,”tutup Novias Nurendra,Direktur Operasi II Hutama Karya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.