Menhan Prabowo Berhasil Yakinkan Menhan AS Terkait Masalah Pertahanan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:00 WIB

Prabowo Subianto (foto Detik.com)
Prabowo Subianto (foto Detik.com)

INDUSTRY.co.id - Washington- Menurut pernyataan yang dirilis pada Jumat (16/10/2020), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama militer dan pertahanan.

Dalam pernyataan gabungan yang dirilis Departemen Pertahanan AS itu usai pertemuan di Pentagon, Esper menyampaikan,  "Pentingnya penegakan hak-hak asasi manusia (HAM), hukum dan profesionalisasi sementara kedua negara itu memperluas kerja sama."

Sementara Prabowo Subianto menyampaikan,  "Pentingnya kerja sama militer dalam semua tingkatan," kata pernyataan itu. Dia juga menyampaikan "apresiasi atas dukungan AS terhadap modernisasi pertahanan Indonesia."

Kedua pejabat menyatakan keinginan untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan militer bilateral and bekerja sama dalam keamanan maritim.

Kedua menteri itu juga menyatakan niat untuk memulai kembali upaya mencari jenazah para tentara AS yang hilang di Indonesia semasa Perang Dunia Kedua. Mereka juga menyampaikan rasa simpati bagi mereka yang terdampak Covid-19 di AS dan Indonesia, kata pernyataan itu lagi.

Kunjungan Prabowo Subianto ke Washington, yang dilakukan atas undangan pemerintah AS, mengundang kontroversi.

Dalam catatan VOA, sedikitnya 12 lembaga swadaya masyarakat (LSM), Selasa (13/10), mengirim surat kepada Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, memprotes pemberian visa kepada Prabowo.

Prabowo telah sejak lama ditolak masuk ke Amerika karena dugaan keterlibatannya dalam pelanggaran HAM puluhan tahun lalu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…