AXA Mandiri Komitmen Berdayakan Masyarakat Raih Kualitas Kehidupan Lebih Baik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Oktober 2020 - 16:00 WIB

AXA Mandiri (Foto Tribunnews)
AXA Mandiri (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta,– PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Workplace Practices kategori Platinum di ajang penghargaan The Global CSR Awards ke-12. Penghargaan ini diberikan atas konsistensi AXA Mandiri dalam melakukan berbagai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), dengan mendukung karyawan untuk turut berkontribusi dalam melakukan kebaikan dan perubahan sosial bagi masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan sehingga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Global CSR Awards 2020™ merupakan program penghargaan paling bergengsi di Asia untuk kegiatan CSR perusahaan. Sesuai berita pers yang dikeluarkan oleh Pinnacle Group selaku penyelenggara ajang ini, disebutkan bahwa dari 120 perusahaan yang tercatat sebagai peserta 48 perusahaan dinobatkan sebagai pemenang penghargaan. Meskipun mengalami tahun yang penuh tantangan, sebagian besar perusahaan yang berpartisipasi dalam program Global CSR Awards 2020™ tetap mengedepankan komitmen mereka terhadap tujuan keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

“Sebagai perusahaan yang melakukan kegiatan bisnis di Indonesia, tentunya kami merasa terpanggil untuk dapat memberikan kontribusi yang berarti, baik bagi masyarakat sekitar, dan masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu, secara berkesinambungan, kami mengajak karyawan dan menggandeng berbagai pihak untuk menjalankan berbagai inisiatif, dalam upaya memberdayakan masyarakat untuk memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik. Kami melihat karyawan sebagai aset yang berharga dalam proses menciptakan nilai dan mencerminkan budaya perusahaan dengan menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama. Kami tentunya sangat berterima kasih, atas upaya kami tersebut mendapatkan apresiasi dari dunia internasional,” ujar Handojo G. Kusuma, Presiden Direktur AXA Mandiri.

Selain berfokus untuk menyediakan perlindungan jangka panjang bagi masyarakat, AXA Mandiri juga memiliki perhatian terhadap bidang kesehatan, kemanusiaan, pendidikan, lingkungan hidup, hingga kewirausahaan. Bentuk perhatian itu diwujudkan ke dalam berbagai aktifitas tanggung jawab sosial yang mengantarkan AXA Mandiri sebagai satu-satunya perusahaan asuransi yang dinobatkan sebagai Best Work Practices dengan kategori platinum pada ajang ini.

Sebut saja, beberapa di antaranya adalah AXA Mandiri dengan sigap mengambil tindakan untuk membantu para korban tsunami di Provinsi Banten dengan mengumpulkan sejumlah dana, sembako dan obat-obatan, bekerja sama dengan Yonkes Marinir. Hal serupa juga dilakukan ketika bencana gempa bumi menerjang Lombok dan Palu.

Tidak hanya bantuan materiil yang disalurkan, tetapi juga AXA Mandiri memberikan pendampingan kesehatan dan psikologis melalui tenaga dokter dan karyawan yang menjadi sukarelawan dalam program Mandiri Group yakni ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’. Disamping itu Perusahaan juga memiliki program AXA Heart in Action, yaitu sebuah wadah bagi karyawan ingin menjadi sukarelawan dalam berbagai kegiatan sosial. AHIA merupakan inisiatif AXA Global dalam menangani masalah sosial dan lingkungan di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Aksi lainnya yang disoroti dalam penilaian penghargaan ini yaitu program “Coaching Clinic bersama Legenda Liverpool Vladimir Smicer” pada 2019 silam. Lewat program ini, karyawan AXA Mandiri dan BIGREDS, komunitas resmi penggemar klub Liverpool FC, bekerja sama dengan pemain legenda Liverpool FC, Vladimir Smicer memberikan pelatihan sepakbola kepada anak-anak kurang mampu dan atlet sepak bola remaja. Melalui pelatihan dan cerita inspirasional yang disampaikan, diharapkan bisa memberikan motivasi bagi anak-anak tersebut untuk giat berlatih dan mengejar mimpi guna menciptakan hidup yang lebih baik.

Suatu perubahan yang menyangkut khalayak orang banyak memerlukan kolaborasi berbagai pihak. Prinsip ini juga diwujudkan AXA Mandiri melalui sinergi dengan seluruh entitas AXA di Indonesia dan bermitra dengan Kementerian Sosial tahun lalu untuk turut membangun kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas.

Acara yang melibatkan lebih dari 1.000 karyawan, serta jajaran manajemen AXA Mandiri dan AXA ini menyediakan pemeriksaan kesehatan bagi para penyandang disabilitas dan melakukan kegiatan bersama. Selain itu, AXA mandiri dan AXA memberikan bantuan Perlindungan Kecelakaan Diri kepada para penyandang disabilitas dengan nilai pertanggungan mencapai Rp 7,5 miliar untuk membantu mereka mengantisipasi risiko kehidupan.

“Bersama-sama memberikan manfaat bagi orang lain atau masyarakat luas melalui kegiatan CSR akan selalu menjadi bagian dari AXA Mandiri dalam menjalankan bisnis. Menjadi bagian dari masyarakat dan berkontribusi secara aktif dalam upaya menyejahterakan masyarakat, sekaligus turut andil dalam meningkatkan nilai-nilai kebersamaan di antara para karyawan dan manajemen. Hal ini juga secara tidak langsung memberikan nilai lebih bagi para karyawan yang meniti kariernya di AXA Mandiri. Karyawan AXA Mandiri pada akhirnya tidak hanya akan meningkatkan kemampuannya secara profesional, tetapi juga memaksimalkan potensinya sebagai makhluk sosial dengan memberikan arti lebih bagi masyarakat,” tutup Handojo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani di sawah yang sudah siap tanam

Jumat, 30 Oktober 2020 - 22:45 WIB

Dukung Kementan Antisipasi La Nina, Kalbar Gencar Lakukan Penanganan DPI

Berdasarkan data BMKG, pada periode awal musim hujan di akhir tahun ini diikuti dengan adanya fenomena La Nina yang mengakibatkan peningkatan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.…

PT PP

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:54 WIB

PTPP Majukan Geliat Ekonomi Melalui Pengembangan KIT Batang

PT PP (Persero) Tbk, (PTPP) bersama dengan beberapa BUMN dan Lembaga Pemerintahan melakukan sinergi guna mendukung program Pemerintah dalam pengembangan Kawasan Industri Terpadu di Indonesia.

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade. (foto : Azka/Man)

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:35 WIB

Anggap Relawan Jokowi Tak Menjamin Perbaiki Kinerja BUMN, Relawan: Andre Rosiade Keliru

Kornas menilai ucapan Andre sama halnya sebagai politisi yang syarat kepentingan, berbeda dengan relawan Jokowi yang sejak awal mendukung Jokowi dari gubernur hingga presiden dua periode.

BPPI Kemenperin - Doddy Rahadi

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:20 WIB

Hadapi Era New Normal, Kemenperin Pacu Industri Terapkan Teknologi Digital

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri di tanah air agar memanfaatkan berbagai teknologi digital untuk mendukung aktivitasnya dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru…

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah

Jumat, 30 Oktober 2020 - 17:30 WIB

Alamak! RI Kini Punya Menteri Kepengusahaan

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Riden Hatam Aziz mencap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebagai menteri kepengusahaan.