Implementasi GRC, SUCOFINDO Raih Penghargaan di Ajang TOP GRC AWARDS 2020

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 16 Oktober 2020 - 01:10 WIB

Bachder Djohan Buddin
Bachder Djohan Buddin

INDUSTRY.co.id, Jakarta, (15/10) – PT SUCOFINDO (Persero) meraih 2 penghargaan dalam ajang TOP GRC AWARDS 2020 sebagai Top GRC 2020 #4 stars dan most committed GRC Leader 2020, Penghargaan tersebut diterima  Direktur Utama SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin. Penghargaan ini diberikan dalam acara TOP GRC AWARDS 2020 yang dilaksanakan secara daring.

Penghargaan yang diperoleh SUCOFINDO ini berdasarkan penilaian pada sistem, infrastruktur dan implementasi Tata Kelola Perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan di perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penilaian tersebut SUCOFINDO telah berada di tingkat Sangat Baik, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Dirut SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin menyampaikan bahwa “SUCOFINDO sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di jasa pemastian yaitu, inspeksi, pengujian dan sertifikasi mengutamakan integritas untuk meraih kepercayaan pelanggan, selain itu jasa kami banyak digunakan untuk mitigasi risiko dan peningkatan daya saing pelaku usaha,” ungkap Bachder.

TOP GRC AWARDS 2020 adalah kegiatan pembelajaran bersama tentang Governance, Risk, & Compliance (GRC) sekaligus apresiasi atau pemberian penghargaan kepada perusahaan yang dinilai berkinerja baik dan telah menerapkan GRC dalam pengelolaan usaha bisnisnya

Bachder menambahkan bahwa, “Dalam pengelolaan perusahaan kami menerapkan prinsip-prinsip GCG, Manajemen Risiko dan Compliance, sebagai salah satu wujud mengoptimalkan tata nilai perusahaan dalam mencapai goals perusahaan.”

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan bahwa, “TOP GRC AWARDS 2020 adalah pembelajaran bersama terkait GRC sekaligus apresiasi penghargaan kepada perusahaan yang menerapkan GRC secara berkelanjutan, baik dan efeketif khusunya di masa new normal ini.”

“Semoga melalui penganugerahan ini semakin meningkatkan kinerja dalam penerapan GRC dan memberikan inspirasi serta motivasi bagi perusahaan lain,” sambung Dwi Wahyu. 

Kegiatan TOP GRC AWARDS 2020 diselenggarakan oleh majalah TopBusiness bekerja sama dengan KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), dan ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), Asia Business Research Center, serta didukung oleh beberapa perusahaan konsultan GCG dan Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan.

Melalui kegiatan TOP GRC AWARDS 2020 ini, diharapkan terjadi proses pembelajaran dan peningkatan komitmen serta implementasi GRC di perusahaan sehingga dapat mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional.

“Dengan diraihnya penghargaan ini, merupakan ajang evaluasi bagi SUCOFINDO sebagai upaya meningkatkan implementasi GRC dalam meraih kepercayaan serta kepuasan pelanggan,” tutup Bachder.

Sebagai perusahaan inspeksi dan pengujian terbesar, SUCOFINDO telah menerapkan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya penyuapan di dalam perusahaan. SUCOFINDO turut membantu perusahaan di Indonesia dengan menyediakan jasa layanan audit Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang berdasarkan ISO 37001 : 2016.

Layanan ini dapat membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani serta kontrol terhadap sistem manajemen yang berbasis GCG serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan anti penyuapan dan komitmen sukarela yang sesuai dengan aktivitas dalam sistem manajemen. 

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…