Andaikan Jadi, RI Bakal Ketiban Uang Segepok dari Tiga Investor Asal Inggris

Oleh : Ridwan | Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:45 WIB

Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya
Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tiga investor asal Inggris menyatakan minatnya untuk berinvestasi di bidang energi terbarukan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seusai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

"Mengenai kerjasama investasi dengan Inggris, saya menyambut baik minat kuat dari beberapa investor Inggris di bidang renewable energy," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers daring (14/10/2020) malam.

Tiga investor dari Inggris yang dimaksud Retno antara lain Aggreko. Aggreko plc adalah pemasok peralatan pembangkit listrik sementara dan peralatan pengatur suhu asal Skotlandia, Inggris Raya. 

Menlu Retno mengatakan perusahaan berkantor pusat di Glasgow itu merencanakan operasinya di Indonesia, mulai dari suplai gas dan diesel ke suplai solar PVs.

Selain itu, ada pula perusahaan bernama Orbital Marine Power yang berencana membangun proyek tidal turbine atau turbin pasang surut di wilayah timur Indonesia. Proyek tersebut direncanakan bisa memproduksi energi sebesar 10 megawatt.

Tak hanya Orbital Marine Power, Retno mengatakan, perusahaan Nova Innovation juga berencana membangun off-grid tidal turbine di Tanah Air.

Retno mengatakan Inggris sejauh ini adalah mitra dagang keempat terbesar Indonesia di Eropa dan peringkat pertama perdagangan kayu dari Eropa. Di samping itu, Inggris juga merupakan mitra investasi kedua terbesar dari Eropa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BCA

Senin, 26 Oktober 2020 - 14:03 WIB

BCA Pastiakan Tak Ada Deposito Nasabah yang Hangus

Klaim tersebut tidak benar dan tidak berdasar karena deposito tersebut telah lama dicairkan. Bukti pencairan sudah sampaikan pada agenda pembuktian dalam proses pemeriksaan di Pengadilan Negeri…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 26 Oktober 2020 - 13:30 WIB

Menperin Agus Gerak Cepat Ciptakan Kawasan Industri Halal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong sektor manufaktur tanah air agar turut berkontribusi mewujudkan Indonesia yang mampu bersaing dalam industri halal hingga skala global.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan ke jajarannya

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:46 WIB

Satu Tahun Kerja, Mentan Minta Pertajam Program Yang Sudah Berjalan

Memasuki satu tahun kinerja Kabinet Indonedia Maju, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan sinergitas dan kinerja sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Pasar Indonesia Kegiatan Tahunan KBRI Pretoria (Photo by Kemlu)

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:15 WIB

Promosikan Kuliner Nusantara, KBRI Pretoria Selenggarakan Pasar Indonesia

Tahun ini walaupun diselenggarakan dengan skala lebih kecil, kami tetap menggelar Pasar Indonesia dengan semangat tinggi untuk memperkenalkan kuliner khas nusantara dan beragam produk Indonesia.

Trio Macan

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:00 WIB

Artis Trio Macan Ramaikan Mancing Galatama PWI Jaya dan IBR Relation

Acara Lomba Mancing Galatama ini baru pertamakalinya kami gelar, peminatnya luar biasa banyak, tetapi karena kita membatasi 100 peserta maka banyak yang terpaksa kami tolak karena keterbatasan…