Andaikan Jadi, RI Bakal Ketiban Uang Segepok dari Tiga Investor Asal Inggris

Oleh : Ridwan | Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:45 WIB

Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya
Ilustrasi Energi Terbarukan Panel Surya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tiga investor asal Inggris menyatakan minatnya untuk berinvestasi di bidang energi terbarukan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seusai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

"Mengenai kerjasama investasi dengan Inggris, saya menyambut baik minat kuat dari beberapa investor Inggris di bidang renewable energy," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers daring (14/10/2020) malam.

Tiga investor dari Inggris yang dimaksud Retno antara lain Aggreko. Aggreko plc adalah pemasok peralatan pembangkit listrik sementara dan peralatan pengatur suhu asal Skotlandia, Inggris Raya. 

Menlu Retno mengatakan perusahaan berkantor pusat di Glasgow itu merencanakan operasinya di Indonesia, mulai dari suplai gas dan diesel ke suplai solar PVs.

Selain itu, ada pula perusahaan bernama Orbital Marine Power yang berencana membangun proyek tidal turbine atau turbin pasang surut di wilayah timur Indonesia. Proyek tersebut direncanakan bisa memproduksi energi sebesar 10 megawatt.

Tak hanya Orbital Marine Power, Retno mengatakan, perusahaan Nova Innovation juga berencana membangun off-grid tidal turbine di Tanah Air.

Retno mengatakan Inggris sejauh ini adalah mitra dagang keempat terbesar Indonesia di Eropa dan peringkat pertama perdagangan kayu dari Eropa. Di samping itu, Inggris juga merupakan mitra investasi kedua terbesar dari Eropa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan III hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar laksanakan latihan reseksi dan interseksi yang berlokasi di Jampang Tengah,…

Prajurit Korps Marinir Latihan Menembak Malam

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:15 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Menembak Malam

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan II hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar melaksanakan menembak malam hari yang berlokasi di Jampang Tengah, Sukabumi,…

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).