Rencanamu Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah Gratis

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Rencanamu Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah Gratis
Rencanamu Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah Gratis

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai bentuk dukungan terhadap program Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam membangun SDM unggul bangsa Indonesia, kini Rencanamu.id menghadirkan layanan persiapan kuliah yang terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier secara cuma-cuma bagi peserta didik SMA di seluruh Indonesia. Dukungan ini didasari atas penandatangan perjanjian kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak pada Juli lalu.

Persiapan kuliah dan bimbingan karier adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan peserta didik khususnya di tingkat SMA. Sayangnya intervensi persiapan kuliah dan bimbingan karier masih sangat minim, ditambah informasi terkait dinamika dunia karier dan industri yang begitu cepat berubah, dan akses informasi pun tidak tersebar secara merata.

Peserta didik pun tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. Akibatnya, berdasarkan data internal survei ke lebih dari 2 juta pengguna Rencanamu, hampir 92% peserta didik tingkat SMA bingung dan tidak yakin ingin ambil jurusan apa setelah lulus. Selanjutnya hampir 50% mahasiswa merasa salah jurusan. Terdapat ketimpangan antara bidang-bidang yang ditekuni siswa dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara supply dan demand di dunia kerja. Ini adalah masalah besar yang perlu dipecahkan untuk dapat menemukan solusinya.

Menurut Rizky Muhammad, Founder & CEO Rencanamu, Kamis (15/10/2020) mengatakan, “Rencanamu terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik terkait persiapan kuliah serta perencanaan jurusan dan karier. Berdasarkan data Rencanamu dalam 3 tahun terakhir, lebih dari 90% pengguna Rencanamu merasa lebih yakin dan mengetahui tujuan mereka setelah menggunakan Rencanamu.”

Peserta didik akan lebih semangat belajar dan gigih mencapai tujuan jika mereka menekuni bidang yang sesuai dengan minatnya. “Ini adalah tujuan dasar eksplorasi diri yang dimulai dengan rangkaian tes minat bakat yang ada di Rencanamu. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Direktorat SMA agar dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi seluruh peserta didik tingkat SMA di Indonesia,” tambah Rizky.

Direktorat SMA telah menyambut baik dukungan Rencanamu pada program Pemerintah untuk memberikan program bimbingan karier dan persiapan kuliah. Terlebih fenomena salah jurusan adalah permasalahan klasik yang berdampak panjang terhadap produktivitas SDM Indonesia. Sehingga intervensi dini terkait persiapan karier sangat penting dilakukan.

 

Kerjasama antara Direktorat Pembinaan SMA dan Rencanamu dalam pemberian akses layanan persiapan kuliah diharapkan dapat menjadi solusi terkait permasalah klasik yaitu salah jurusan dan ketimpangan antara bidang-bidang yang dibutuhkan industri dan bidang-bidang yang ditekuni peserta didik.

Tentang Rencanamu.id

Rencanamu adalah platform persiapan kuliah dan karier, online, berbasis data untuk membantu peserta didik meningkatkan kesiapan kerja (employability) serta menghubungkan mereka dengan beragam kesempatan terbaik; pekerjaan, magang, kuliah, hingga beasiswa.

Sejak 2017, Rencanamu telah membantu lebih dari 2 juta peserta didik tingkat SMA/sederajat dalam program “Siap Kuliah” di Indonesia. Rencanamu adalah referensi persiapan kuliah dan karier no. 1 yang dipercaya oleh peserta didik dan tenaga pendidik di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…