Rencanamu Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah Gratis

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Rencanamu Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah Gratis
Rencanamu Hadirkan Layanan Persiapan Kuliah Gratis

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai bentuk dukungan terhadap program Direktorat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam membangun SDM unggul bangsa Indonesia, kini Rencanamu.id menghadirkan layanan persiapan kuliah yang terdiri dari Tes Minat Bakat, Eksplorasi Jurusan dan Karier secara cuma-cuma bagi peserta didik SMA di seluruh Indonesia. Dukungan ini didasari atas penandatangan perjanjian kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak pada Juli lalu.

Persiapan kuliah dan bimbingan karier adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan peserta didik khususnya di tingkat SMA. Sayangnya intervensi persiapan kuliah dan bimbingan karier masih sangat minim, ditambah informasi terkait dinamika dunia karier dan industri yang begitu cepat berubah, dan akses informasi pun tidak tersebar secara merata.

Peserta didik pun tidak memiliki ruang gerak yang cukup untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. Akibatnya, berdasarkan data internal survei ke lebih dari 2 juta pengguna Rencanamu, hampir 92% peserta didik tingkat SMA bingung dan tidak yakin ingin ambil jurusan apa setelah lulus. Selanjutnya hampir 50% mahasiswa merasa salah jurusan. Terdapat ketimpangan antara bidang-bidang yang ditekuni siswa dengan bidang-bidang yang dibutuhkan oleh industri, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara supply dan demand di dunia kerja. Ini adalah masalah besar yang perlu dipecahkan untuk dapat menemukan solusinya.

Menurut Rizky Muhammad, Founder & CEO Rencanamu, Kamis (15/10/2020) mengatakan, “Rencanamu terbukti sangat efektif dalam membimbing peserta didik terkait persiapan kuliah serta perencanaan jurusan dan karier. Berdasarkan data Rencanamu dalam 3 tahun terakhir, lebih dari 90% pengguna Rencanamu merasa lebih yakin dan mengetahui tujuan mereka setelah menggunakan Rencanamu.”

Peserta didik akan lebih semangat belajar dan gigih mencapai tujuan jika mereka menekuni bidang yang sesuai dengan minatnya. “Ini adalah tujuan dasar eksplorasi diri yang dimulai dengan rangkaian tes minat bakat yang ada di Rencanamu. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Direktorat SMA agar dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi seluruh peserta didik tingkat SMA di Indonesia,” tambah Rizky.

Direktorat SMA telah menyambut baik dukungan Rencanamu pada program Pemerintah untuk memberikan program bimbingan karier dan persiapan kuliah. Terlebih fenomena salah jurusan adalah permasalahan klasik yang berdampak panjang terhadap produktivitas SDM Indonesia. Sehingga intervensi dini terkait persiapan karier sangat penting dilakukan.

 

Kerjasama antara Direktorat Pembinaan SMA dan Rencanamu dalam pemberian akses layanan persiapan kuliah diharapkan dapat menjadi solusi terkait permasalah klasik yaitu salah jurusan dan ketimpangan antara bidang-bidang yang dibutuhkan industri dan bidang-bidang yang ditekuni peserta didik.

Tentang Rencanamu.id

Rencanamu adalah platform persiapan kuliah dan karier, online, berbasis data untuk membantu peserta didik meningkatkan kesiapan kerja (employability) serta menghubungkan mereka dengan beragam kesempatan terbaik; pekerjaan, magang, kuliah, hingga beasiswa.

Sejak 2017, Rencanamu telah membantu lebih dari 2 juta peserta didik tingkat SMA/sederajat dalam program “Siap Kuliah” di Indonesia. Rencanamu adalah referensi persiapan kuliah dan karier no. 1 yang dipercaya oleh peserta didik dan tenaga pendidik di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhub Budi Karya Sumadi bersama President Director Jababeka Residence Sutedja S. Darmono saat meresmika JR Connexion di Kawasan Jababeka

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:40 WIB

Langkah Nyata Jababeka Menuju TOD City

Jababeka sebagai kawasan TOD terus menunjukkan kemajuan positif menyusul diluncurkannya layanan JR Connexion di Hollywood Junction Jababeka ( Minggu 18/10/2020 ) oleh Menteri Perhubungan RI…

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…