Sambut HUT ke-54, Dahana Gelar Pekan CSR 2020

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:20 WIB

PEKAN CSR DAHANA 2020 (Photo by BUMN)
PEKAN CSR DAHANA 2020 (Photo by BUMN)

INDUSTRY.co.id - Subang - Sambut HUT ke-54, PT DAHANA (Persero) kembali menggelar program kepedulian terhadap masyarakat yang dikemas dalam PEKAN CSR DAHANA 2020 pada 12 – 16 Oktober 2020 yang diisi oleh kegiatan webinar series, pengobatan gratis, media gathering, apresiasi dan acara edutainment.

PEKAN CSR DAHANA 2020 diisi dengan pengobatan gratis untuk masyarakat yang berada di wilayah Desa Sadawarna Subang. Acara yang diselenggarakan di Bale DAHANA ini bekerja sama dengan Puskesmas UPTD Cibogo Subang.

Pengobatan gratis bagi masyarakat ini dimulai dengan sambutan Ketua Panitia HUT DAHANA ke-54 Asep Maskandar, kemudian sambutan dari perwakilan Puskesmas UPTD Cibogo dr.Zaenal Efendi.  Peserta pengobatan gratis juga dibekali dengan penyeluhan protokol pencegahan Covid-19 dengan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) yang disampaikan oleh dr. Ibnu Fajar Shidiq.

Acara pengobatan gratis ini meliputi pemeriksaan Kesehatan, gizi anak dan pemeriksaan ibu hamil yang dilakukan oleh tim dokter dari Puskesmas UPTD Cibogo Subang.

Ditemui disela-sela kegiatan, Asep Maskandar menjelaskan, skema pengobatan gratis kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Mengingat saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pengobatan gratis dilakukan dengan tetap mematuhi protokol Covid-19 seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh sebelum memasuki area, serta tetap menjaga jarak selama berada di area pengobatan gratis,” tutur Asep melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (14/10).

Selain menerapkan protokol pencegahan Covid-19, Asep menambahkan bahwa pengobatan gratis kali ini dilaksanakan selama dua hari guna untuk mencegah kerumunan akibat antrian yang membeludak.

“Mengingat  jumlah masyarakat yang terdata cukup banyak sekitar 500 orang yang berasal dari 10 RW dari dua desa, maka kita laksanakan dua hari untuk mencegah antrian yang panjang sehingga mengakibatkan kerumunan.  Selain itu juga meja pemeriksaan dibagi menjadi dua berdasarkan nomor antrian genap dan ganjil,” ucap Asep Maskandar.

Kegiatan inipun mendapat respon positif dari pihak Puskesmas UPTD Cibogo, dr.Zaenal Efendi selaku perwakilan dari Puskesmas UPTD Cibogo dalam sambutanya menyebutkan apa yang dilakukan Dahana perlu diapresiasi dan bisa dilakukan oleh perusahaan lainnya.

Pemberian makanan bergizi untuk balita, pemeriksaan dan pengobatan gratis merupakan salah satu cara agar masyarakat memperhatikan kesehatan keluarganya. Tidak sedikit dalam kegiatan ini ibu-ibu mau berkonsultasi tentang kondisi anaknya.

“Dengan kegiatan seperti ini, mereka akhirnya mau memeriksakan kondisi anaknya dan berkonsultasi kepada dokter.  Mereka yang sakitnya cukup parah bisa segera dirujuk ke puskemas atau rumah sakit untuk menjalankan pemeriksaan dan pengobatan,” terang dr.Zaenal.

Ibu Emah salah satu peserta pengobatan gratis yang berusia 74 tahun didampingi anaknya Ratna berkesempatan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya diacara pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh DAHANA ini.

“Alhamdulillah Emak saya selalu rutin setiap tahunnya mengikuti kegiatan pengobatan gratis ini, sangat bermanfaat sekali jadi saya dapat mengontrol kondisi kesehatan emak disini,” ucap Ratna.

Sebagaimana diketahui, PEKAN CSR DAHANA merupakan program unggulan CSR DAHANA yang telah dilaksanakan dalam lima tahun terakhir bertepatan dengan HUT DAHANA.

Kiprah kepedulian DAHANA ini mendapat apresiasi dari pemerintah daerah maupun tingkat nasional.

Saat ini, Direktur Utama PT DAHANA (Persero) didapuk menjadi Ketua Forum CSR Subang, dan koordinator TJSL BUMN Klaster Industri Pertahanan dan Manufaktur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…