Tempat Hiburan Harap Bersabar untuk Buka

Oleh : Wiyanto | Senin, 12 Oktober 2020 - 11:08 WIB

PSBB (Ist)
PSBB (Ist)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai berlaku di Jakarta, Senin (12/10). Sejumlah fasilitas umum yang semula dilarang beroperasi, kini mulai diizinkan kembali meski harus memenuhi sejumlah aturan dan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Namun demikian, pelonggaran tidak berlaku untuk tempat-tempat hiburan malam, spa, griya pijat, karaoke dan lainnya. Tempat-tempat tersebut masih dilarang beroperasi di masa PSBB transisi. Lansir CNN Indonesia di Jakarta, Senin (12/10/2020).

Alasannya, jenis-jenis kegiatan tersebut dianggap memiliki risiko tinggi penularan covid-19.

Tempat hiburan malam diketahui sudah berhenti beroperasi sejak pertengahan Maret 2020. Meski saat itu belum ada penerapan PSBB maupun PSBB transisi, namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang mereka beroperasi untuk mencegah penularan virus corona.

Usai empat bulan pandemi melanda ibu kota, sejumlah pekerja dan pengusaha tempat hiburan malam yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (Asphija) melakukan aksi demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta. Mereka menuntut agar Pemprov segera memberikan solusi dan mengatur protokol kesehatan di tempat-tempat hiburan malam.

Ketua Asphija Hana Suryani mengaku, kala itu pihaknya belum sempat diajak berunding merumuskan protokol kesehatan di tempat hiburan malam. Hana menegaskan, pihaknya siap menerapkan protokol kesehatan, namun Pemprov DKI tak bergeming.

"Kami ini bukan pembangkang, kami ini tidak pernah menolak protokol Covid-19. Kami orang-orang yang patuh," kata Hana saat itu.

Hana menyatakan, selama ini tempat hiburan malam kerap mendapat stigma negatif. Salah satunya tudingan jika tempat hiburan malam sebagai tempat yang berpotensi menjadi pusat penularan Covid-19.

"Kalau kita ngomongin hal itu, kita bisa lihat lagi untuk kasus yang lain ada usaha-usaha pariwisata lain, ada restoran, ada kafe yang sudah buka. Apa itu tidak menimbulkan klaster?" ujar Hana.

Saat penerapan PSBB ketat, para pekerja hiburan malam ini kembali berdemo di depan Balai Kota DKI awal Oktober lalu.

Mereka mendesak Anies mencabut PSBB karena merasa tak perlu lagi untuk menekan penyebaran virus.

Anies diketahui tak memperpanjang PSBB ketat yang telah berlangsung selama kurang lebih sebulan.

Sebagai gantinya, kini Anies menerapkan PSBB transisi yang berlaku mulai 12-25 Oktober 2020.

Penerapan PSBB transisi dapat diperpanjang otomatis hingga 8 November mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…