Aplikasi Belajar Online Jadi Alternatif Efektif untuk Persiapan Ujian

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 Oktober 2020 - 08:02 WIB

Ilustrasi belajar siswa
Ilustrasi belajar siswa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu penyedia aplikasi belajar online, Quipper  mengadakan survey online kepada seluruh pengguna khususnya siswa Kelas 12 guna mengetahui pencapaian tujuan belajar mereka, khususnya tingkat kelulusan mereka ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dari hasil survey yang berlangsung sejak 15 Agustus 2020 hingga awal bulan September, tercatat lebih dari 3.500 siswa Kelas 12 mengikuti survey ini dengan hasil yaitu sebesar 58% siswa Kelas 12 pengguna Quipper dinyatakan lolos ke PTN melalui jalur SBMPTN.

Selain itu, lebih dari setengah pengguna Quipper yang lolos ke PTN ini diterima di PTN ternama dan favorit atau yang termasuk dalam PTN Klaster 1 dan 2.

Pada tahun ajaran 2019 kemarin, puncak persiapan ujian terlihat terjadi pada bulan Mei-Juli 2020. Selama masa persiapan ujian ini, tim internal Quipper melihat terjadinya peningkatan aktivitas di dalam platform belajar Quipper.

Peningkatan aktivitas ini banyak didominasi oleh siswa Kelas 12 yaitu terutama dalam aktivitas menjawab latihan soal yang meningkat sebesar 79% dan aktivitas menonton video yang juga meningkat sebesar 24% jika dibandingkan dengan rata-rata aktivitas siswa pada periode sekolah reguler.

Tren yang sama juga terlihat pada layanan Quipper Video Masterclass yang memiliki fitur interaktif dimana siswa dapat bertanya langsung kepada Tutor dan Coach khusus yang menemani proses belajar mereka selama mempersiapkan UTBK.

Ruth Ayu Hapsari, Business Development Manager Quipper Indonesia, menyampaikan bahwa siswa yang menggunakan layanan Masterclass ini terbukti dua kali lipat lebih aktif dibandingkan dengan siswa yang menggunakan layanan Quipper Video reguler dan peningkatan selama masa persiapan ujian juga cukup signifikan.

“Pada layanan Quipper Video Masterclass kita juga melihat tingkat keaktifan siswa bertanya melalui chat kepada Tutor setiap minggunya meningkat sebesar 40% selama masa persiapan ujian, dan mata pelajaran yang paling banyak ditanyakan adalah Matematika dan Bahasa Inggris” Ujar Ayu dalam keteranganya kepada INDUSTRY.co.id, Selasa (6/10/2020).

Yuki Naotori, Country Manager Quipper Indonesia, juga menambahkan bahwa terlihat adanya alokasi waktu belajar yang signifikan dari pengguna yang lolos dan diterima di PTN.

“Sebagian besar siswa pengguna layanan Quipper yang lolos jalur SBMPTN/SNMPTN, belajar dengan menggunakan platform kami sebanyak lebih dari 3 kali dalam seminggu. Hasil survey juga menunjukan bahwa 9 dari 10 siswa setuju bahwa layanan Quipper sangat membantu mereka untuk persiapan ujian.” Ujar Yuki.

Melihat hasil dari survey dan data perilaku pengguna Quipper tersebut, Yuki yakin bahwa persiapan ujian secara online dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif.

“Namun perlu ditekankan juga usaha dan waktu yang perlu dialokasikan oleh siswa dalam belajar online demi mencapai prestasi akademik mereka. Selain itu isu infrastruktur seperti jaringan internet juga perlu menjadi perhatian baik dari sisi provider konten seperti Quipper dan stakeholder lain yang terkait.” tutup Yuki.

Lebih lanjut lagi untuk menyambut UTBK di tahun ajaran kali ini, Quipper berencana untuk kembali menghadirkan konten video pembelajaran berkualitas, lebih banyak lagi konten persiapan ujian, serta fitur unggulan lain pada layanan utamanya yaitu Quipper Video dan Quipper Video Masterclass, serta layanan terbarunya yang ditujukan bagi guru dan siswa yaitu Quipper School Premium.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…