WOM Finance Bersama Maybank Indonesia Permudah Akses Layanan Pembayaran Digital

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 06 Oktober 2020 - 08:08 WIB

Seorang staf Kantor Layanan WOM Finance sedang melayani konsumen dengan menggunakan seluruh perlengkapan seperti yang telah ditentukan pemerintah pada penerapan PSBB di masa pandemik Covid-19 saat ini. (Foto: Humas WOM Finance)
Seorang staf Kantor Layanan WOM Finance sedang melayani konsumen dengan menggunakan seluruh perlengkapan seperti yang telah ditentukan pemerintah pada penerapan PSBB di masa pandemik Covid-19 saat ini. (Foto: Humas WOM Finance)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance bekerja sama dengan PT Bank Mayapada Indonesia Tbk (BBII) menyediakan akses pembayaran angsuran secara digital melalui sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Itu dilakukan WOM Finance untuk memudahkan para konsumennya dalam membayar angsuran mereka.

Sejak 2 Oktober 2020, WOM Finance sudah dapat menerima pembayaran angsuran melalui QRIS di lima Kantor Layanan WOM Finance di wilayah Daan Mogot, Kemayoran, Rawamangun, Ciputat dan Tangerang. Kantor-kantor Layanan tersebut telah dibuka kembali oleh perseroan agar dapat kembali memberikan layanan kepada para konsumennya.

Pembukaan kembali Kantor-kantor Layanan tersebut pada awal Oktonber 2020 merupakan salah satu strategi perseroan yang dilaksanakan pada triwulan keempat 2020. Langkah tersebut dilakuan di beberapa Kantor Layanan yang berlokasi di daerah-daerah potensial. Kegiatan Kantor Layanan yang telah kembali berjalan meliputi kegiatan operasional dan pemasaran. Semua pelaksanaannya akan disesuaikan dengan fase adaptasi kebiasaan baru.

Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, mengemukakan, perkembangan positif penanganan pandemik virus corona (Covid-19) sudah mulai terlihat. Karena itu, WOM Finance mulai menjalankan bisnisnya secara bertahap. Ada 15 Kantor Layanan yang siap dibuka kembali dengan melaksanakan protokol kesehatan pemerintah.

Adapun kelima belas Kantor Layanan yang sudah siap dibuka kembali meliputi daerah Pamulang, Rajeg, Cisauk, Tambun, Gunung Putri, Krian, Waru, Rungkut, Kertosono, Batu Aji, Tembung, Gowa, Maros, Gombong dan Banjarnegara serta beberapa daerah lainnya.

“Kelima belas Kantor Layanan tersebut akan kembali beroperasi karena wilayahnya masih berpotensi besar. Melihat kondisi ini, manajemen menganalisis dampak dan potensi wilayah-wilayah tersebut secara hati-hati agar pengoperasian kembali Kantor Layanan tersebut dapat berdampak signifikan bagi kinerja perseroan tahun ini,” papar Djaja dalam siaran pers, Senin (05/10/2020).

Djaja mengungkapkan, sebelum Kantor-kantor Layanan tersebut dibuka kembali, manajemen WOM Finance telah menyiapkan protokol kesehatan dan penerapan physical distancing untuk karyawan maupun konsumen yang datang bertransaksi.

Protokol kesehatan yang diterapkan manajemen WOM Finance sama seperti yang diterapkan pemerintah pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yakni penggunaan masker, sarung tangan dan face shield oleh petugas frontliner, pengecekan suhu tubuh konsumen dan karyawan, penempatan hand sanitizer, membuat jarak antrian antar konsumen serta memasang penyekat akrilik pada meja teller dan customer service.

“Kami telah menerapkan protokol yang ketat pada pengoperasian seluruh Kantor Layanan agar konsumen merasa aman dan nyaman bertransaksi. Kami yakin pengoperasian kembali Kantor Layanan tersebut akan memberikan solusi keuangan yang tepat dan terpercaya sesuai kebutuhan. Di masa Pandemi saat ini, kami juga siap memberikan layanan sebagai mitra keuangan yang handal dan profesional,” tegas Djaja.

Sementara itu, demikian Djaja, mulai Oktober 2020, pembayaran melalui QRIS akan diberlakukan secara nasional di seluruh Kantor Cabang perseroan. Konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR dengan menggunakan 16 e-wallet atau e-money dan 22 mobile banking. Penggunaan kode QR dalam pembayaran sangat membantu konsumen melakukan pembayaran secara cepat, efisien dan real time.

Selain menggunakan kode QR, WOM Finance juga bekerjasama dengan beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, agar konsumen juga dapat membayarkan angsurannya melalui kedua platform marketplace tersebut.

“Kini kami masih terus menjajaki kerjasama dengan marketplace lain. Kerjasama dengan platform marketplace akan terus kami kembangkan. Pasalnya, seiring dengan era adaptasi kebiasaan baru ini, maka kebutuhan digital pun berkembang semakin dinamis,” jelas Djaja.

Djaja menuturkan, penerimaan pembayaran melalui platform marketplace ini adalah langkah optimal manajemen perseoran untuk menambah akses kemudahan sistem pembayaran konsumen.

“Kami berharap, kemudahan transaksi digital tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh konsumen setia WOM Finance,” imbuh Djaja.

Karena itu, di tengah pandemik Covid-19 ini , WOM Finance menghimbau agar konsumen bertransaksi secara digital maupun melalui channel payment. Konsumen dapat melakukan pembayaran melalui kanal pembayaran via online yang telah tersedia, yaitu melalui transfer bank atau juga lewat minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart.

Konsumen yang ingin mengetahui informasi terkini tentang WOM Finance dapat mengakses website www.wom.co.id. Kantor Layanan WOM Finance tetap beroperasi terbatas dengan menyesuaikan jam operasional, yakni Senin hingga Sabtu pukul 09.00 - 15.00 WIB. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…