Kabar Gembira! Menlu Retno Pastikan Uji klinis vaksin COVID-19 Sinovac Lancar dan Tak Ada Efek Samping

Oleh : Candra Mata | Senin, 28 September 2020 - 14:22 WIB

PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)
PT Bio Farma (Persero) (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menegaskan bahwa tidak ditemukan efek samping dari uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan Bio Farma beberapa waktu lalu.

"Laporan yang diterima sampai saat ini uji klinis berjalan dengan lancar dan tidak diperoleh laporan efek yang berat. Jadi intinya berjalan lancar dan sejauh ini hasilnya baik,” kata Retno usai rapat terbatas secara virtual, dilansir dari Antara Senin (28/9).

Selain itu, menurutnya, tim dari Sinovac Biotech, perusahaan farmasi asal China juga telah meninjau langsung pelaksanaan produksi Bio Farma dan uji klinis fase III vaksin di Bandung. 

"Pada tanggal 20-24 September tim ahli Sinovac telah visitasi ke bandung, untuk tinjau production site vaksin Bio Farma dan sekaligus observasi pelaksanaan uji klinis fase III yang tengah dilakukan di Bandung dan sekitarnya,” ungkap Retno.

Dikatakannya, Bio Farma saat ini juga telah meningkatkan kapasitas produksi vaksin menjadi 250 juta dosis dari sebelumnya 100 juta dosis.

Tak hanya itu, menurut Retno, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI juga akan mengunjungi fasilitas Sinovac di Beijing, China, untuk meninjau secara langsung tempat pengembangan vaksin tersebut.

“Ini bagian dari kehati-hatian kita dalam mempersiapkan vaksin yang digunakan di Indonesia,” ujarnya.

Asal tau saja, uji klinis III vaksin Sinovac telah dimulai sejak Agustus 2020 dengan melibatkan 1.620 relawan di kota Bandung.

Jika nantinya hasil dari uji klinis vaksin ini berhasil, dan dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), maka vaksin Covid-19 ini akan diproduksi dan diedarkan secara massal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).