Yummy Corp Kantongi Pendanaan Series B Senilai 175 Miliar Rupiah pada Masa Resesi Global
Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 26 September 2020 - 12:15 WIB

Yummy Corp Logo
INDUSTRY.co.id - Jakarta - Yummy Corp mengumumkan memperoleh pendanaan series B sebesar US$ 12 Juta atau senilai Rp 175 Miliar dari berbagai venture capital global yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Asia Korea Selatan dengan partisipasi dari Vectr Ventures Hongkong, Appworks Ventures Taiwan, Quest Ventures Singapura, Coca Cola Amatil X Australia serta Palm Drive Capital Amerika Serikat diikuti dengan investor yang telah berpartisipasi di pendanaan sebelumnya, Intudo Ventures dan Sovereign’s Capital.
Investor-investor global baru tersebut akan bergabung dengan investor yang sejak awal sudah berinvestasi di Yummy Corp seperti Sinarmas Digital Ventures (SMDV), East Ventures, Agaeti Ventures, Prasetia Dwidharma, dan Selera Kapital by Sour Sally Group.
Pendanaan lanjutan ini melanjutkan momentum positif dari pendanaan series A sebesar U$ 7.75 juta yang diperoleh Yummy Corp pada Oktober 2019 lalu.
“Didukung oleh pasar food delivery yang berkembang pesat di Indonesia, Yummy Corp kini menjadi pelaku cloud kitchen terbesar di Indonesia. Disertai keahlian perusahaan yang kuat dalam industri F&B serta keunikan proposisi nilai pada brand mereka, kami yakin Yummy Corp akan terus menjadi pemimpin di industri ini. Kami sangat senang untuk mendukung dan membantu mereka meningkatkan bisnis di sektor yang sedang berkembang ini,” ujar Harris Yang dari SoftBank Ventures Asia melalui keterangan yang diterima redaksi pada Sabtu (26/9).
Salah satu unit bisnis Yummy Corp adalah Yummykitchen, satu-satunya cloud kitchen di Indonesia yang memposisikan diri sebagai operator penuh, dimana Yummykitchen tidak hanya menyewakan dapur bersama namun juga mengerjakan operasional dari berbagai brand sehingga dapat melakukan ekspansi lebih cepat dan menjangkau konsumen lebih luas.
Sejak diluncurkan pertengahan 2019 lalu, Yummykitchen telah mengoperasikan 70 cloud kitchen/ dapur bersama yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Medan. Saat ini lebih dari 50 brand food and beverage (F&B) telah bergabung bersama Yummykitchen diantaranya brand yang telah beroperasi cukup lama dengan skala besar seperti Ismaya Group, Sour Sally Group hingga brand yang baru muncul dengan pertumbuhan tinggi seperti Padang Merdeka, Hong Tang maupun Dailybox.
Pertumbuhan positif ditunjukkan Yummykitchen selama semester awal 2020 ini termasuk naiknya transaksi hingga 320% tentunya meyakinkan investor akan potensi bisnis ke depannya. Pendanaan series B kali ini sebagian besar juga akan digunakan untuk ekspansi Yummykitchen ke berbagai kota besar lainnya di Indonesia.
Tahun ini menjadi tahun yang cukup sulit bagi banyak industri di Indonesia. Berbagai regulasi untuk menekan kasus pandemi berimbas banyak pada berbagai sektor termasuk consumer goods seperti F&B. Namun bagi beberapa bisnis F&B, terutama mereka yang telah fokus membangun aset digital sebagai saluran penjualan justru menunjukkan kenaikan yang signifikan.
“Kami sangat bersemangat menyambut hadirnya investor-investor global yang bergabung bersama Yummy Corp, hari ini menjadi sebuah milestone penting bagi kami terutama di kala semua industri berjuang di tengah resesi global karena pandemi,” ujar Mario Suntanu, CEO Yummy Corp.
“Dengan pendanaan ini, kami terus fokus untuk mengambil peranan aktif dalam membantu pemain-pemain industri F&B untuk mengembangkan bisnisnya melalui channel delivery sebagai solusi menghadapi segala keterbatasan di kala pandemi. Kami mengundang semua pemilik usaha F&B, baik brand besar maupun UMKM untuk bekerjasama dan berkembang bersama kami,” tambah Mario.
Yummy Corp sejak awal beroperasi telah bersertifikasi HACCP (Hazard Analysis dan Critical Control Point yaitu sistem jaminan mutu proses penanganan makanan tertinggi, sehingga menegaskan pentingnya keamanan produksi makanan dan menjawab isu masalah yang seringkali muncul terkait food delivery mulai dari masalah kebersihan dapur maupun kedisiplinan pekerja terutama di masa pandemi ini.
Yummykitchen menjamin pelaksanaan operasional sehari-hari untuk selalu mengutamakan keamanan dan kebersihan serta menerapkan berbagai protokol tambahan hingga makanan diterima oleh pelanggan untuk mendukung upaya Pemerintah menekan penyebaran virus.
Baca Juga
Awali Tahun 2023, Krispy Kreme Resmi Buka Gerainya Di Lippo Plaza…
WINGS Food Luncurkan Ale-Ale FunFlaca Cocopandan, Minuman Dengan…
Laba Meningkat Lebih Dari 57%, TAYS Optimis Hadirkan Produk Baru…
Ini yang Terjadi Jika Pengusaha AMDK Tidak Perbesar Ukuran Kemasan…
Ketua MPR RI Dorong Ekspor Produk Halal UMKM Indonesia ke Mancanegara
Industri Hari Ini

Sabtu, 25 Maret 2023 - 23:40 WIB
Zabetmart Luncurkan Webseries 'Rumah' para Sociopreneur
Sebuah marketplace baru diluncurkan di Jakarta. Diberi nama Zabetmart, marketplace ini tidak hanya sekadar platform bisnis namun juga menjadi rumah para sociopreneur atau pelaku bisnis yang…

Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:09 WIB
BTN Optimistis Tahun 2023 Kinerja Makin Gemilang
Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) optimistis tahun ini akan meraih kinerja yang gemilang seiring dengan susunan direksi baru perseroan.

Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:23 WIB
Fokus Ekspansi, MyRepublic Komitmen untuk Fiberisasi Hingga ke 60 Kota Baru
MyRepublic terus berfokus melakukan ekspansi pada tahun ini dengan komitmen untuk melakukan fiberisasi hingga ke 60 kota baru di Indonesia. Kota baru ini antara lain adalah Tegal, Purwokerto,…

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:55 WIB
Pertagas Peduli Pendidikan Inklusi, Berbagi Inspirasi Di SLB Santi Rama
Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi dari Subholding Gas Pertamina menggelar kegiatan edukasi industri gas bumi di SLB Santi Rama.

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:46 WIB
Ikuti Cyber Expresi 2023 dan Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah
Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University, menghadirkan event Cyber Expresi 2023 bagi siswa/i SMA/SMK/Sederajat. Event ini, merupakan wujud dari Cyber University…
Komentar Berita