Agar Tidak Menyesal Ketika Membeli Produk Asuransi Kendaraan! Ini Beberapa Hal Penting yang Perlu Dipahami

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 26 September 2020 - 04:11 WIB

Ilustrasi kecelakaan (Foto Istimewa)
Ilustrasi kecelakaan (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Dony Sinanda Putra, Head of Underwriting & Product Development, Allianz Utama Indonesia, menyampaikan beberapa hal penting  untuk menghindari penyesalan ketika membeli produk asuransi kendaraan, yang mencakup hal-hal berikut :

1.      Pilih sesuai kebutuhan

Pemilik kendaraan harus mengetahui bahwa ada dua jenis asuransi, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk merupakan perlindungan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan sebagian, maupun keseluruhan pada kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Sedangkan asuransi TLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan secara langsung. Untuk TLO usia kendaraan sendiri dibatasi hingga maksimum 15 tahun.

2.      Memilih perusahaan tepercaya

Saat ini jumlah perusahaan asuransi cukup banyak. Namun, pastikan Anda memilih asuransi yang sudah diakui lembaga resmi dalam mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3.      Mengetahui kejelasan polis dengan baik

Pengguna asuransi cenderung tak membaca polis dengan benar. Padahal dalam polis terdapat penjelasan terperinci mengenai apa saja yang dapat diklaim atau tidak, hingga menjadi perluasan.

Selain penjelasan di dalam polis, pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransi yang dipilih. Jangan sampai saat pengajuan klaim justru ditolak oleh perusahaan asuransi karena alasan tidak dapat diklaim.

4.      Jaringan bengkel yang luas

Salah satu pertimbangan memilih asuransi kendaraan adalah memiliki jaringan bengkel luas dan berkualitas. Hal ini tentu akan memberikan kemudahan pelanggan dalam menjangkau bengkel mobil terbaik ketika melakukan reparasi.

Selain itu, ada baiknya bengkel rekanan tersebut sudah memiliki standardisasi pabrik dan bersertifikat sehingga hasil dan kualitas dapat dipertanggungjawabkan.

5.      Proses klaim mudah

Saat memilih produk asuransi, pastikan sudah dilengkapi dengan kemudahan sistem yang sudah terintegrasi dengan teknologi. Dengan begitu, pelanggan dapat melakukan klaim via aplikasi dengan hanya mengisi laporan kronologis kejadian kerusakan, melakukan foto kerusakan mobil, isi data pribadi, dan memilih waktu kendaraan pelanggan untuk masuk bengkel.

Untuk memilih asuransi kendaraan, pastikan memilih layanan melindungi kendaraanmu dari kerusuhan, perlindungan medis terhadap pengendara dan penumpang, perlindungan terhadap barang-barang pribadi, serta opsi penyelesaian secara tunai (cash settlement) terhadap beberapa perbaikan kendaraan.

Tak hanya itu, pastikan asuransi kendaraan yang Anda pilih memberikan solusi perlindungan kendaraan yang paling lengkap dan tidak ribet, ekonomis dan sesuai kebutuhan, dan memberikan perluasan perlindungan kendaraan sesuai pilihan dan keinginan Anda. Allianz Utama Indonesia sebagai penyedia asuransi umum komprehensif yang mencakup asuransi kendaraan, menyediakan asuransi kendaraan MobilKu yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi kendaraan MobilKu menyediakan berbagai pilihan perlindungan seperti, pencurian kendaraan oleh supir pribadi, perlindungan banjir hingga water hammer, jaringan bengkel yang luas, layanan Allianz Care 24/7, hingga bantuan darurat 24 jam (Allianz RodA). Layanan Allianz RodA (Roadside Assistance) merupakan layanan yang diberikan untuk mengatasi gangguan pada kendaraan bermotor dengan tingkat kesulitan yang rumit. Layanan ini berlaku untuk kondisi darurat atau apabila kendaraan mogok dan tidak dapat diperbaiki di lokasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.