Mandiri Syariah Raih Penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020

Oleh : Wiyanto | Jumat, 25 September 2020 - 08:32 WIB

Direksi Mandiri Syariah
Direksi Mandiri Syariah

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) kembali memperoleh pengakuan internasional dan meraih tiga penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards 2020.

The Asset, merupakan institusi media keuangan dan investasi terkemuka yang berbasis di Asia menyiarkan acaranya secara virtual pada Rabu (23/9/2020).  Dalam acara tersebut, Mandiri Syariah mendapatkan penghargaan untuk kategori Islamic Bank of the year, Best Islamic Retail Bank dan Best Islamic Trade Finance.

Direktur Utama Mandiri Syariah Toni EB Subari mengatakan Mandiri Syariah berhasil mempertahankan kinerja terbaiknya dan kembali menerima penghargaan The Asset Triple A Islamic Finance Awards.

“Alhamdullilah, tentunya kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh stakeholders terutama nasabah yang telah berkontribusi atas pencapaian Mandiri Syariah selama ini,” katanya.

Toni EB Subari mengungkapkan  bahwa hingga saat ini Manajemen Mandiri Syariah fokus pada segmen retail. Pembiayaan Segmen Retail tumbuh 12,52 % (year on year). Saat ini 63,33 % dari portofolio pembiayaan atau Rp48,55 triliun dari total Rp76,66 triliun (posisi per Agustus 2020) merupakan segmen retail.

Kinerja Mandiri Syariah terus meningkat, per akhir Agustus 2020 asset Mandiri Syariah mencapai Rp112,12 triliun. Pencapaian aset didorong, salah satunya oleh pertumbuhan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya Tabungan yang bisa secara konsisten tumbuh sebesar 18,06% secara yoy menjadi sebesar Rp43,69 triliun, jelas Toni.

Sebagai langkah strategis dalam melakukan percepatan pertumbuhan bisnis Retail, Mandiri Syariah menjalin sinergi dengan Mandiri Group seperti implementasi ketentuan Qonun Aceh melalui konversi layanan Bank Mandiri menjadi Mandiri Syariah, kerjasama dengan Mandiri Tunas Finance (MTF) dan Mandiri Utama Finance (MUF) untuk pembiayaan kendaraan bermotor, sinergi dengan Mandiri AXA untuk layanan asuransi syariah, dll.

Dalam bidang pasar uang syariah, selain penghargaan Best Islamic Trade Finance, sebelumnya Mandiri Syariah juga meraih Best FX Bank for Corporate Islamic Treasury dari Alpha Southeast Asia dan telah beberapa kali menerima penghargaan sebagai Bank Pendukung Pendalaman Pasar Keuangan terbaik dari Bank Indonesia.

Penghargaan ini diraih karena Mandiri Syariah dinilai berperan aktif dalam melakukan transaksi di pasar uang syariah, baik melalui penempatan di pasar uang syariah, maupun instrumen Bank Indonesia. Selain itu, Mandiri Syariah juga telah mengembangkan pendalaman transaksi pasar keuangan syariah melalui produk dan layanan seperti hedging syariah, repo syariah, penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR) dalam bentuk telegraphic transfer (TT) dan Banknotes, layanan valuta asing bagi nasabah ekportir dan importir,  transaksi remmitance, Primary Dealer Syariah, Transaksi Sukuk Ritel dan Sukuk korporasi dan Custodian Syariah dan Wali Amanat.

Sebelumnya, pada Senin (14/9/2020), Mandiri Syariah juga mendapatkan penghargaan dalam hal peningkatan aset dan kinerja dalam pasar uang, Mandiri Syariah juga mendapatkan penghargaan internasional Market Leadership Award 2020 untuk kategori Developing Islamic Banking in Indonesia dari Global Islamic Finance Awards (GIFA).

Untuk meningkatkan layanan nasabah, Mandiri Syariah fokus melakukan transformasi digital melalui fitur transaksi (finansial), sosial (berbagi) dan spiritual (beribadah) di Mandiri Syariah Mobile. Fitur pembukaan rekening online dari smart phone yang dimiliki Mandiri Syariah merupakan terobosan layanan yang dilakukan bank syariah hingga saat ini. Fitur ini menjadi solusi tepat bagi nasabah di tengah masa pandemi. Sampai dengan Agustus 2020, lebih dari 140ribu nasabah telah membuka rekening secara online.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…

CCAI Dukung Konservasi Alam Hutan Bambu Warung Bongkok

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:00 WIB

CCAI Dukung Konservasi Alam Hutan Bambu Warung Bongkok

Lokasi Hutan Bambu saat ini bisa dikatakan merupakan area konservasi dan edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup. Bantuan ini tentu membantu kami untuk melaksanakan…