NEC Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Baru Jadi Digital Talent

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 September 2020 - 09:00 WIB

NEC Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Baru Jadi Digital Talent
NEC Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Baru Jadi Digital Talent

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia di Indonesia tidak sebanding dengan tersedianya lapangan pekerjaan. Menurut Badan Pusat Statistik 2018, jumlah angka pengangguran di Indonesia mencapai enam juta lebih, dan 30 % diantaranya termasuk pengangguran terdidik.

Menanggapi situasi dan kondisi tersebut, ditambah lagi masih belum pastinya akan berakhirnya wabah Covid, hal ini mendorong, Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) membahasnya dalam Seminar SINERGI yang digelar oleh Kampus STMIK Nusa Mandiri.  Webinar ini mengajak para mahasiswa baru untuk menciptakan bisnis digital, Selasa (22/09).

Mengusung tema ‘Start Your Business With Digital Platform’, webinar ini menghadirkan pembicara Hilman Fakhriza selaku Kepala Bagian NEC yang juga merupakan Co-Founder sebuah platform 'Teman Acara'.

Hilman menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk memotivasi mahasiswa baru agar menjadi seorang pengusaha.

“Melalui NEC, mahasiswa baru akan diajak dan dicoach menjadi calon-calon entreprenuer muda yang peduli, kreatif dan mandiri.

Sebagai lembaga pengembangan kewirausahaan, NEC selalu memberikan ilmu dan tips bagaimana menjad seorang entreprenuer yang sukses,” ujarnya.

Hilman menambahkan bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin pesat sehingga banyak munculnya  startup yang dikembangkan oleh kaum milenial dan zelenial. Hal ini menjadi celah bagi Digital Entrepreneur untuk berwirausaha dengan bertransformasi kearah teknologi digital.

“Luasnya pasar digital seperti marketplace membuat peluang bisnis sangat besar, sehingga banyak orang mulai mengembangkan bisnis e-commerce yang menguntungkan.

Seperti contoh Aulia Halimatussadiah founder 'Nulis Buku' yang bertujuan untuk menjembatani pra penulis buku dengan para penerbit ataupun Diajeng Lestari yang mendirikan platform digital penyedia busana muslim dengan nama Hijab Indonesia,” tutur Hilman.

Waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah mulailah dari sekarang! Ahmad Zacky founder Bukalapak berkata bahwa semakin bertambah tua akan mengubah pikiran menjadi banyak pertimbangan dan konservatif.

“Adi Kusuma, founder dari Biznet juga mengatakan untuk mendirikan startup itu seperti menjual nasi goreng, jika hari ini dibuka maka sudah pasti akan ada pembeli yang membeli makanan tersebut. Jadi mulailah bisnis dari sekarang dengan bergabung bersama NEC, sebagai wadah yang akan membangun kreativitas ide usaha,” tutup Hilman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…

CCAI Dukung Konservasi Alam Hutan Bambu Warung Bongkok

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:00 WIB

CCAI Dukung Konservasi Alam Hutan Bambu Warung Bongkok

Lokasi Hutan Bambu saat ini bisa dikatakan merupakan area konservasi dan edukasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan hidup. Bantuan ini tentu membantu kami untuk melaksanakan…