NEC Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Baru Jadi Digital Talent

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 September 2020 - 09:00 WIB

NEC Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Baru Jadi Digital Talent
NEC Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Baru Jadi Digital Talent

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Peningkatan jumlah pengangguran di Indonesia di Indonesia tidak sebanding dengan tersedianya lapangan pekerjaan. Menurut Badan Pusat Statistik 2018, jumlah angka pengangguran di Indonesia mencapai enam juta lebih, dan 30 % diantaranya termasuk pengangguran terdidik.

Menanggapi situasi dan kondisi tersebut, ditambah lagi masih belum pastinya akan berakhirnya wabah Covid, hal ini mendorong, Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) membahasnya dalam Seminar SINERGI yang digelar oleh Kampus STMIK Nusa Mandiri.  Webinar ini mengajak para mahasiswa baru untuk menciptakan bisnis digital, Selasa (22/09).

Mengusung tema ‘Start Your Business With Digital Platform’, webinar ini menghadirkan pembicara Hilman Fakhriza selaku Kepala Bagian NEC yang juga merupakan Co-Founder sebuah platform 'Teman Acara'.

Hilman menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk memotivasi mahasiswa baru agar menjadi seorang pengusaha.

“Melalui NEC, mahasiswa baru akan diajak dan dicoach menjadi calon-calon entreprenuer muda yang peduli, kreatif dan mandiri.

Sebagai lembaga pengembangan kewirausahaan, NEC selalu memberikan ilmu dan tips bagaimana menjad seorang entreprenuer yang sukses,” ujarnya.

Hilman menambahkan bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin pesat sehingga banyak munculnya  startup yang dikembangkan oleh kaum milenial dan zelenial. Hal ini menjadi celah bagi Digital Entrepreneur untuk berwirausaha dengan bertransformasi kearah teknologi digital.

“Luasnya pasar digital seperti marketplace membuat peluang bisnis sangat besar, sehingga banyak orang mulai mengembangkan bisnis e-commerce yang menguntungkan.

Seperti contoh Aulia Halimatussadiah founder 'Nulis Buku' yang bertujuan untuk menjembatani pra penulis buku dengan para penerbit ataupun Diajeng Lestari yang mendirikan platform digital penyedia busana muslim dengan nama Hijab Indonesia,” tutur Hilman.

Waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah mulailah dari sekarang! Ahmad Zacky founder Bukalapak berkata bahwa semakin bertambah tua akan mengubah pikiran menjadi banyak pertimbangan dan konservatif.

“Adi Kusuma, founder dari Biznet juga mengatakan untuk mendirikan startup itu seperti menjual nasi goreng, jika hari ini dibuka maka sudah pasti akan ada pembeli yang membeli makanan tersebut. Jadi mulailah bisnis dari sekarang dengan bergabung bersama NEC, sebagai wadah yang akan membangun kreativitas ide usaha,” tutup Hilman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…