Menperin Agus Pastikan 352 Karyawan Epson Tertular Virus Covid-19 dari Luar Pabrik

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 September 2020 - 13:05 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang menanggapi kasus penyebaran virus Corona (COVID-19) terjadi pada 352 pegawai pabrik Epson di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Ia meyakini bahwa awal mula penyebaran berawal dari luar pabrik, bukan persoalan protokol kesehatan di tempat kerja.

"Itu akumulatif. Ya tentu memang kebanyakan penyebaran yang ada di klaster industri, kita tidak bisa mengatakan klaster industri, karena sumber dari penyebaran itu di luar dari pabrik itu sendiri," kata Agus saat dimintai komentar terkait Kariawan yang kena Covid, Rabu (23/9/2020).

Agus menuturkan, penyebaran itu kemungkinan besar terjadi di sarana transportasi yang digunakan para pegawai, ataupun di tempat tinggal para pegawai.

"Jadi biasanya penyebaran COVID-19 pada pekerja-pekerja industri itu asalnya dari luar pabrik. Transportasi, rumah, kos-kos pekerja itu kan banyak orang. Itu yang menjadi sumber masalah," terangnya.

Ia meyakini di dalam pabriknya sendiri sudah menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan baik dan sangat ketat.

"Kalau di dalam pabriknya sendiri kami sangat yakin bahwa semua industri sudah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Karena kami sering keliling, kami juga ngeliatin. Masalahnya yang di luar," tegasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan perbandingan kasus Corona di kawasan industri dengan total positif nasional hanyalah 2%.

"Saya punya data, dari penyebaran nasional sekitar 230 ribu, saya nggak hafal angka pastinya, itu barangkali di penyebaran industri sekitar 2%. Nah jadi relatif teman-teman kita di industri sudah bisa menjaga atau menerapkan protokol kesehatan yang baik," katanya..

Agus meminta para pelaku industri untuk turut mengawasi kegiatan pegawai di luar pabrik. 

"Nah oleh sebab itu kami sekarang sudah mengimbau kepada para industri untuk memperhatikan kegiatan-kegiatan dari pekerja yang di luar pabrik," ujarnya.

Selain itu pengawasan para pegawai di luar pabrik ini akan dilakukan melalui kerja sama dengan stakeholder.

"Kalau di luar ini kita perlu koordinasi dengan banyak pihak. Transportasinya seperti apa, seperti yang saya sampaikan tadi," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…