Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem Selama Masa Pancaroba

Oleh : Herry Barus | Selasa, 22 September 2020 - 07:12 WIB

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)
Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada tanggal 21 September 2020 telah terjadi banjir bandang di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi yang diakibatkan oleh kejadian hujan lebat.  Curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode 4 jam (15.00-19.00 wib) teramati di Citeko. Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin  (konvergensi). Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat.

“Terkait kejadian tersebut, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu 3 jam-an untuk wilayah Jawa Barat  sebelum terjadinya banjir bandang pada tanggal 21 September 2020 sebanyak 5 kali mulai dari jam 13.45 wib hingga 22.50 wib, “Deputi Bidang Meteorologi Guswanto, M.Si, Selasa (22/9/2020)

Potensi hujan lebat yang terjadi pada siang/sore di wilayah Bogor tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi luapan air di sekitar daerah aliran sungai Ciliwung, sehingga masyarakat dihimbau untuk mewaspadai potensi genangan.

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020, dimana diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-Nopember 2020.

Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

BMKG memprediksikan dalam periode sepekan kedepan, hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Periode 22-24 September 2020 :

- Aceh,

- Sumatera Utara,

- Sumatera Barat,

- Riau,

- Jambi,

- Sumatera Selatan,

- Lampung,

- Jawa Barat,

- Jawa Tengah,

- Jawa Timur,

- Kalimantan Barat,

- Kalimantan Tengah,

- Kalimantan Timur,

- Kalimantan Selatan,

- Kalimantan Utara,

- Sulawesi Utara,

- Gorontalo,

- Sulawesi Tengah,

- Sulawesi Barat,

- Sulawesi Selatan,

- Maluku,

- Maluku Utara,

- Papua Barat, dan

- Papua.

Periode 25-28 September 2020 :

- Aceh,

- Sumatera Utara,

- Sumatera Barat,

- Riau,

- Jambi, 

- Sumatera Selatan,

- Bengkulu,

- Kep. Bangka Belitung,

- Lampung,

- Banten,

- Jawa Barat,

- Jawa Tengah,

- Kalimantan Barat,

- Kalimantan Tengah,

- Kalimantan Timur ,

- Kalimantan Utara,

- Sulawesi Utara,

- Gorontalo,

- Sulawesi Tengah,

- Sulawesi Barat,

- Sulawesi Selatan,

- Sulawesi Tenggara,

- Maluku,

- Maluku Utara,

- Papua Barat, dan

- Papua.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, “pungkas Guswanto, M.Si

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.

Mitsubishi Xpander Spesial Black Edition

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:35 WIB

Resmi Meluncur, Segini Harga Mitsubishi Xpander Spesial Black Edition

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan edisi spesial Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition.

Sekjen Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Herry Margono

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:39 WIB

Iklan Galon Sekali Pakai Dinilai Memberi Informasi yang Salah, P3I: Itu Tidak Boleh dan Melanggar Etika Periklanan

Seringkali iklan-iklan seperti galon sekali pakai itu dibuat seperti berita biasa dengan menyembunyikan statusnya bahwa itu sebenarnya adalah iklan. Padahal, itu harus tegas disebutkan adalah…

Persija Jakarta

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:00 WIB

Persija Soccer School Ciptakan Talenta Sepak Bola Berbakat

Persija Soccer School sendiri merupakan program pembinaan sepakbola bagi Persija yang bertujuan mempersiapkan pemain dari umur 10 hingga 16 tahun untuk nantinya bisa masuk ke program Elite Pro…

Petani cegah hama di persawahan

Selasa, 20 Oktober 2020 - 17:37 WIB

Hindari Cara Berbahaya, Kementan Arahkan Pengendalian Tikus Yang Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan respon cepat menanggapi berita dari Bojonegoro mengenai bahaya penggunaan stroom listrik untuk mengendalikan tikus di sawah. Tikus merupakan salah…