DD Jabar Usung Gagasan Pemberdayaan Perempuan Di Desa Ekowisata Halal Kabupaten Bandung

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 19 September 2020 - 10:15 WIB

Acara Focus Group Discussion
Acara Focus Group Discussion

INDUSTRY.co.id - Bandung - Dompet Dhuafa Jabar menjadi salah satu narasumber di acara Focus Group Discussion di Hotel Savoy Homan Bandung.

Acara yang digelar Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jabar bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat ini bertajuk Membangun Kerjasama dan Sinergitas untuk Memperkuat Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Desa Ekowisata Halal di Indragiri Kabupaten Bandung.

Pada acara ini Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Andriansyah menyampaikan gagasan dan peran Dompet Dhuafa Jabar dalam Pemberdayaan Wirausaha Perempuan di Desa Indragiri Kabupaten Bandung, program Desa Ekowisata Halal Kabupaten Bandung.

"Dompet Dhuafa Jabar ikut terlibat dalam program ini karena kita ingin mengamalkan nilai yang ada di Dompet Dhuafa yaitu Sinergi. Hal ini sejalan dengan misi yang sedang diemban oleh Dompet Dhuafa yaitu melakukan pelayanan dan pemberdayaan kaum dhuafa dengan prinsip berkesinambungan dengan mengoptimalkan potensi wilayah serta memperhatikan budaya dan kearifan lokal," tutur Andriansyah melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Sabtu (19/9).

Lebih lanjut Andriansyah menuturkan alasan Dompet Dhuafa Jabar menyasar pemberdayaan perempuan karena diharapkan mereka bisa membantu kaum laki-laki di Desa Indragiri yang kebanyakan bekerja sebagai buruh di kebun teh. Sementara kaum perempuannya hanya ibu rumah tangga biasa.

“Model pemberdayaan ekonominya yang akan kita terapkan adalah pendampingan usaha mikro kecil menengah UMKM, oleh-oleh makanan dan minuman halal untuk wisatawan, warung kelontong, dan catering,” imbuh Andriansyah.

Pada waktu dekat, terang Andriansyah, Dompet Dhuafa Jabar akan melakukan survey dan pendalaman lebih detail untuk persiapan bergulirnya program.

Diharapkan Dompet Dhuafa Jabar sebagai satu-satunya lembaga zakat yang terlibat dapat memperkuat ekonomi masyarakat desa melalui optimalisasi potensi ekowisata halal.

Melalui pemberdayaan juga diharapkan menjaga kelestarian lingkungan dan budaya yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Acara FGD ini dalam pelaksanaannya tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat. Para peserta dibekali dengan masker, face shield, hand sanitizer, dan sarung tangan serta tetap mematuhi protokol kesehatan lainnya, seperti menjaga jarak dan senantiasa menjaga kebersihan tangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Donald Rachmat General Director MG Motor Indonesia

Rabu, 21 Oktober 2020 - 15:00 WIB

Donald Rachmat Sebagai General Director MG Motor Indonesia

Donald Rachmat yang resmi menempati posisi General Director MG Motor Indonesia sejak Oktober 2020. Berbekal pengalaman lebih dari 17 tahun di industri otomotif, Donald memiliki pengetahuan dan…

Migas Ilustrasi

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:56 WIB

Hingga Kini Proyek Blok Rokan Belum Juga Jalan! Ternyata Ini Penyebabnya

Jakarta-- Proyek pembangunan pipa minyak Blok Rokan sepanjang 360 kilometer sampai saat ini belum jalan. Padahal, kontraktor telah terpilih yakni PT Pertamina Gas (Petragas) yang merupakan anak…

REKOMENDASI KLINIK KECANTIKAN YANG TERPERCAYA

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:45 WIB

Kecantikan Artis Korea Selalu Jadi Dambaan, Kulit Putih Mulus, Rahang Dagu Kecil Tirus dan Awet Muda! Berikut Rekomendasi Klinik Kecantikan Terpercaya yang Bisa Bikin Anda Seperti Artis Dambaan

Jakarta-Saat ini perawatan wajah sudah menjadi gaya hidup. Mulai dari kosmetik, skincare, hingga treatment di klinik kecantikan tak akan lepas dari kebutuhan para kaum hawa. Bahkan para laki-laki…

Ilustrasi jaminan pensiun

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:30 WIB

Sungguh Miris! Hanya 16% Pekerja di Indonesia yang Miliki Jaminan Hari Tua & Pensiun

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu mengungkapkan bahwa hanya sedikit pekerja Indonesia yang memiliki jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Gas Ilustrasi (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:26 WIB

September 2020, Penyerapan Gas Bumi PGN di Sektor Indutri Menunjukkan Tren Naik Menjadi 230 BBTUD

Direktur Komersial PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) , Faris Aziz, mengungkapkan bahwa implementasi harga gas bumi USD 6 per MMBTU pada tujuh sektor industri tertentu telah memasuki tahap akhir…