Asiik....Seluruh RW di Bekasi Bakal Dapat Dana Operasional Covid-19 Rp1 juta

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 September 2020 - 17:10 WIB

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Seluruh RW di Kota Bekasi diusulkan akan mendapat uang operasional sebesar Rp1 juta. Pemberian bantuan uang itu untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19.

"Kemarin pimpinan dewan minta tolong untuk diberikan stimulus. Kami sedang bahas sekitar Rp1 juta," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Jumat (18/9/2020).

Selama pandemi, kata Rahmat, aparatur RW memiliki peran aktif dalam pemberdayaan ekonomi. Sekaligus mengawasi rumah makan dan tempat hiburan yang ada di lingkungannya.

Bukan hanya itu, kata Rahmat, sejauh ini aparatur RW selalu memonitoring kasus terkonfirmasi positif, orang dalam pemantauan, dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Juga berfungsi tempat penyaluran logistik bagi warga yang menjalani isolasi mandiri," ucapnya.

Menurut Rahmat, tugas RW adalah memfasilitasi warganya. Karena sudah tercapai pemerintah daerah berencana memberilan stimulus. Soal berapanya akan disesuaikan kemampuan anggaran.

Selain itu, Pemerintah Kota Bekasi juga sudah resmi memberlakukan pembatasan jam operasional. Surat edaran (SE) tentang pembatasan jam operasional tempat hiburan resmi diberlakukan pada Rabu 16 September 2020.

Diberlakukannya surat edaran ini buntut tidak ikutnya Kota Bekasi atas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta.

Aturan pembatasan jam operasional ini tertuang dalam SE Nomor 556/1211-Set.COVID-19 yang diterbitkan pada, Rabu, 16 September 2020.

"Seluruh tempat hiburan jam operasionalnya kita kurangi. Rumah makan sampai jam 9 malam, pasar juga kita kurangi. Bukannya pemberlakuan jam malam, tapi hanya dibatasi," kata Rahmat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani sedang menggunakan alat mesin pertanian di sawah

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:12 WIB

Penggunan Alsintan Tingkatkan Produksi dan Kesejahteraan Petani

Kementerian Pertanian (Kementan) telah masif menerapkan berbagai langkah terobosan guna peningkatan produktivitas pangan pokok dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) mekanisasi pertanian…

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Presiden Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:00 WIB

Akhir Oktober Libur Panjang, Tetap Waspada Covid-19

Disampaikan Presiden, pasca libur panjang beberapa bulan lalu, terjadi lonjakan kasus COVID-19. Ia mengingatkan agar hal sebut tidak terjadi pada libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan…

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Selasa, 20 Oktober 2020 - 05:30 WIB

Dayonmarhanlan XII Pontianak Laksanakan Tatap Muka Pertama

Tujuan diselenggarakannya Entry Briefing adalah sebagai ruang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat Danyonmarhanlan XII yang baru, menyampaikan rencana pembinaan dan operasi Yonmarhanlan…