Asiik....Seluruh RW di Bekasi Bakal Dapat Dana Operasional Covid-19 Rp1 juta

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 September 2020 - 17:10 WIB

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Seluruh RW di Kota Bekasi diusulkan akan mendapat uang operasional sebesar Rp1 juta. Pemberian bantuan uang itu untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19.

"Kemarin pimpinan dewan minta tolong untuk diberikan stimulus. Kami sedang bahas sekitar Rp1 juta," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Jumat (18/9/2020).

Selama pandemi, kata Rahmat, aparatur RW memiliki peran aktif dalam pemberdayaan ekonomi. Sekaligus mengawasi rumah makan dan tempat hiburan yang ada di lingkungannya.

Bukan hanya itu, kata Rahmat, sejauh ini aparatur RW selalu memonitoring kasus terkonfirmasi positif, orang dalam pemantauan, dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Juga berfungsi tempat penyaluran logistik bagi warga yang menjalani isolasi mandiri," ucapnya.

Menurut Rahmat, tugas RW adalah memfasilitasi warganya. Karena sudah tercapai pemerintah daerah berencana memberilan stimulus. Soal berapanya akan disesuaikan kemampuan anggaran.

Selain itu, Pemerintah Kota Bekasi juga sudah resmi memberlakukan pembatasan jam operasional. Surat edaran (SE) tentang pembatasan jam operasional tempat hiburan resmi diberlakukan pada Rabu 16 September 2020.

Diberlakukannya surat edaran ini buntut tidak ikutnya Kota Bekasi atas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta.

Aturan pembatasan jam operasional ini tertuang dalam SE Nomor 556/1211-Set.COVID-19 yang diterbitkan pada, Rabu, 16 September 2020.

"Seluruh tempat hiburan jam operasionalnya kita kurangi. Rumah makan sampai jam 9 malam, pasar juga kita kurangi. Bukannya pemberlakuan jam malam, tapi hanya dibatasi," kata Rahmat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…