Kabar Baik Sektor UMKM! Volume Penjaminan Kredit Askrindo Tembus Rp 60,4 Triliun

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 September 2020 - 15:23 WIB

Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM)
Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Dedi Sunardi dalam dalam diskusi secara virtual, Kamis (17/9/2020), memaparkan,  volume penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 60,4 triliun hingga Agustus 2020. Nilai tersebut mencapai 76,55% dari realisasi volume penjaminan tahun lalu yakni Rp 78,9 triliun.

"Ya capaian penjaminan KUR sampai Agustus Rp 60,4 triliun dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp 3 triliun," katanya.

Dalam  webinar dengan tema “Dukungan Pemerintah dan Peranan UMKM Terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal,”itu, menghadirkan narasumber, antara lain:   Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, Asdep Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Gede Edy Prasetya, Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Supari, Ketua Umum HIPMIKINDO, Syahnan Phalipi serta Direktur Operasional Bisnis Ritel Askrindo, Anton Siregar.

Dedi Sunardi, dengan realisasi itu, pihaknya optimistis target penjaminan tahun ini tercapai. Apalagi, Askrindo bekerja sama dengan perbankan yang kian agresif menyalurkan KUR kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sementara total volume dan outstanding penjaminan masing - masing senilai Rp 396,4 triliun dan Rp 109,6 triliun. Realisasi itu terhitung sejak tahun 2007 hingga Agustus 2020.

Mengenai peran Askrindo, kata dia, adalah hadir untuk menjalankan fungsi dalam penjaminan KUR. Karena sampai saat ini, tercatat 20,7 juta penerima KUR telah dijamin Askrindo. Perusahaan juga menjamin 40,5 juta tenaga kerja yang diserap UMKM.

Tak hanya itu, Askrindo lanjut Dedi Sunardi, juga mendukung pelaksanaan Penjaminan KUR Super Mikro. Berbagai dukungan teknologi dipersiapkan untuk memuluskan program tersebut mulai dari penyesuaian sistem terhadap data KUR Supermikro Bank BRI sejak 2 September 2020.

"Kemudian penyesuaian sistem untuk seluruh bank penyalur KUR setelah BRI. Hal ini dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kesiapan dari bank penyalur KUR tersebut," terangnya.

Selanjutnya penyesuaian sistem host to host, web portal atau shared table melalui konfigurasi dan validasi jenis kredit KUR Supermikro, penyesuaian validasi terhadap limit plafon existing KUR Mikro dan konfigurasi perhitungan IJP KUR Supermikro.

Terakhir, melakukan rekap terhadap realisasi penjaminan KUR Supermikro Bank BRI sampai 14 September 2020. Total debitur 8.987 orang dengan nilai plafon Rp 76,31 juta.

Askrindo terus melakukan sosialisasi penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilakukan oleh Pemerintah.

Direktur Operasional Bisnis Ritel Askrindo, Anton Siregar mengatakan bahwa Askrindo telah menjamin sebanyak 4.123 debitur. “Askrindo terus melakukan sosialisasi KMK PEN hingga saat ini dan tentunya Askrindo juga melakukan jemput bola agar program ini bisa efektif serta mencapai tujuan yang pemerintah inginkan,” ujar Anton.

Sosilisasi Penjaminan KMK PEN oleh Askrindo ini dilakukan secara merata keseluruh pelosok wilayah Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Himbara, swasta dan juga Bank Pembangunan Daerah.

“Tercatat beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan mencatatkan pencapaian Penjaminan KMK PEN yang terbesar. Sektor usaha perdagangan dan pertanian pun mendominasi penyerapan penyaluran KMK PEN ini,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…