Kabar Baik Sektor UMKM! Volume Penjaminan Kredit Askrindo Tembus Rp 60,4 Triliun

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 17 September 2020 - 15:23 WIB

Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM)
Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Dedi Sunardi dalam dalam diskusi secara virtual, Kamis (17/9/2020), memaparkan,  volume penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 60,4 triliun hingga Agustus 2020. Nilai tersebut mencapai 76,55% dari realisasi volume penjaminan tahun lalu yakni Rp 78,9 triliun.

"Ya capaian penjaminan KUR sampai Agustus Rp 60,4 triliun dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp 3 triliun," katanya.

Dalam  webinar dengan tema “Dukungan Pemerintah dan Peranan UMKM Terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal,”itu, menghadirkan narasumber, antara lain:   Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, Asdep Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Gede Edy Prasetya, Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Supari, Ketua Umum HIPMIKINDO, Syahnan Phalipi serta Direktur Operasional Bisnis Ritel Askrindo, Anton Siregar.

Dedi Sunardi, dengan realisasi itu, pihaknya optimistis target penjaminan tahun ini tercapai. Apalagi, Askrindo bekerja sama dengan perbankan yang kian agresif menyalurkan KUR kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sementara total volume dan outstanding penjaminan masing - masing senilai Rp 396,4 triliun dan Rp 109,6 triliun. Realisasi itu terhitung sejak tahun 2007 hingga Agustus 2020.

Mengenai peran Askrindo, kata dia, adalah hadir untuk menjalankan fungsi dalam penjaminan KUR. Karena sampai saat ini, tercatat 20,7 juta penerima KUR telah dijamin Askrindo. Perusahaan juga menjamin 40,5 juta tenaga kerja yang diserap UMKM.

Tak hanya itu, Askrindo lanjut Dedi Sunardi, juga mendukung pelaksanaan Penjaminan KUR Super Mikro. Berbagai dukungan teknologi dipersiapkan untuk memuluskan program tersebut mulai dari penyesuaian sistem terhadap data KUR Supermikro Bank BRI sejak 2 September 2020.

"Kemudian penyesuaian sistem untuk seluruh bank penyalur KUR setelah BRI. Hal ini dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kesiapan dari bank penyalur KUR tersebut," terangnya.

Selanjutnya penyesuaian sistem host to host, web portal atau shared table melalui konfigurasi dan validasi jenis kredit KUR Supermikro, penyesuaian validasi terhadap limit plafon existing KUR Mikro dan konfigurasi perhitungan IJP KUR Supermikro.

Terakhir, melakukan rekap terhadap realisasi penjaminan KUR Supermikro Bank BRI sampai 14 September 2020. Total debitur 8.987 orang dengan nilai plafon Rp 76,31 juta.

Askrindo terus melakukan sosialisasi penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam rangka pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilakukan oleh Pemerintah.

Direktur Operasional Bisnis Ritel Askrindo, Anton Siregar mengatakan bahwa Askrindo telah menjamin sebanyak 4.123 debitur. “Askrindo terus melakukan sosialisasi KMK PEN hingga saat ini dan tentunya Askrindo juga melakukan jemput bola agar program ini bisa efektif serta mencapai tujuan yang pemerintah inginkan,” ujar Anton.

Sosilisasi Penjaminan KMK PEN oleh Askrindo ini dilakukan secara merata keseluruh pelosok wilayah Indonesia yang bekerjasama dengan Bank Himbara, swasta dan juga Bank Pembangunan Daerah.

“Tercatat beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan mencatatkan pencapaian Penjaminan KMK PEN yang terbesar. Sektor usaha perdagangan dan pertanian pun mendominasi penyerapan penyaluran KMK PEN ini,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…