Bangun Semangat Digitalisasi Siswa Difabel di Cilacap

Oleh : Wiyanto | Kamis, 17 September 2020 - 14:30 WIB

PT Pertamina Lubricants serahkan CSR SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Cilacap
PT Pertamina Lubricants serahkan CSR SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Cilacap

INDUSTRY.co.id-Cilacap - PT Pertamina Lubricants melalui Production Unit Cilacap (PUC) kembali menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menjawab tantangan belajar di masa pandemi Covid-19 dengan mendorong penerapan digitalisasi melalui pemberian bantuan 5 paket perangkat teknologi informasi kepada SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Cilacap, komplek sekolah penyandang difabel terbesar di provinsi Jawa Tengah.

Bantuan diserahkan langsung oleh Manager Production Unit Cilacap Anugerah Saputra kepada Kepala sekolah SLB Negeri Cilacap Tawar, M.Pd.

SLB Negeri Cilacap yang berlokasi di Jalan Ketapang Kelurahan Gumilir Kab. Cilacap selama lebih dari 5 bulan tidak bisa menyelenggarakan pembelajaran reguler di sekolah. Baik guru dan siswa merasakan tantangan pembelajaran jarak jauh, dimana mereka sangat mengandalkan teknologi informasi.

Manager Production Unit Cilacap Anugerah Saputra mengatakan, "Dimasa Pandemi Covid-19, keterbatasan belajar sangat dirasakan. Satu hal yang mengetuk kami adalah betapa guru dan siswa di sini tetap bekerja keras untuk belajar walau situasinya sangat menantang. Untuk memberikan ilmu, bapak dan ibu guru serta siswa bekerja lebih dari biasanya, yakni harus lebih dapat mengenal dan beradaptasi dengan beragam teknologi dan bagaimana menggunakannya agar anak didik terus mendapatkan ilmu yang optimal. Bantuan ini juga merupakan upaya kepedulian PT Pertamina Lubricants untuk memberikan akses belajar yang lebih baik lagi."

Kepala SLB Negeri Cilacap Tawar, M.Pd menyatakan bahwa siswa difabel, dengan keterbatasan sekaligus kelebihan yang dimiliki harus bekerja keras untuk mendapatkan ilmu baru termasuk mengenal aplikasi, berkomunikasi jarak jauh, mengerjakan tugas dan ujian online, dan lainnya di masa pandemi ini.

"Program ini sejalan dengan kebijakan pemerintah. Adanya pandemi diarahkan untuk melakukan penyesuaian penyelenggaraan kegiatan di sekolah, diantaranya memperbanyak pelatihan IT untuk guru. Sehingga bantuan ini menjadi fasilitas yang sangat bermanfaat untuk sekolah," ungkapnya.

Lusi (17) salah satu penyandang tuna netra mengaku pembelajaran online lebih rumit, namun ia tetap bersemangat mengikutinya. "Orangtua belum bisa membantu karena kesulitan juga mengoperasikan perangkatnya, tapi ada kakak dan adik yang membantu saya memakai aplikasi untuk belajar online," tuturnya.

Anugerah melanjutkan bahwa bantuan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan PT Pertamina Lubricants dalam rangka HUT ke-7 yang jatuh pada tanggal 23 September 2020 nanti. “Selama 7 tahun PT Pertamina Lubricants berdiri, kami selalu mengedepankan digitalisasi dan perubahan, melakukan perbaikan dan berkomitmen dalam berinovasi untuk melayani lebih baik serta berkontribusi kepada masyarakat. Bantuan ini merupakan wujud semangat kami untuk melayani melalui kontribusi dan kebaikan kepada sesama. Semoga bantuan ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan pendidikan di Cilacap,” tutupnya.

SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Cilacap berdiri sejak tahun 1984, terdiri dari SD, SMP, dan SMA dan mendidik 5 kelompok ketunaan yakni tuna netra, tuna wicara tuna rungu, tuna grahita, dan tuna daksa dengan lebih dari 330 siswa. Kegiatan simbolis penyerahan bantuan Pertamina Lubricants Peduli dilaksanakan bersama guru dan perwakilan siswa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) M. Lutfi menemui Presiden Donald Trump

Sabtu, 19 September 2020 - 13:33 WIB

Jadi Dubes Indonesia di AS, M. Lutfi Akan Pastikan Persetujuan GSP Diperpanjang

Selain itu, Lutfi juga akan memulai pembicaraan untuk negosiasi terkait perjanjian dagang bebas terbatas atau limited trade deal  dengan AS.

Presiden Joko Widodo

Sabtu, 19 September 2020 - 13:32 WIB

Cetak Sejarah! Presiden Jokowi Bakal Berikan Pidato pada Sidang Umum PBB 23 September Nanti

Presiden RI Joko Widodo diagendakan akan menghadiri Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-75 secara virtual. Bahkan, Jokowi akan memberikan pidato di 23 September nanti.

Jembatan Gantung

Sabtu, 19 September 2020 - 13:09 WIB

Jaga Produktivitas Pertanian, Kementerian PUPR Bangun Sejumlah Infrastruktur Kerakyatan di Jawa Barat

Beberapa infrastruktur kerakyatan yang telah selesai dikerjakan di Jawa Barat adalah pembangunan saluran irigasi tersier melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi pabrik Mayora di Banten

Sabtu, 19 September 2020 - 12:45 WIB

Kejar Target Tumbuh 4% di Akhir Tahun 2020, Meperin Pantau Industri Mamin di Banten

Kementerian Perindustrian terus memantau dan menjaga aktivitas sejumlah sektor manufaktur strategis di tengah masa pandemi Covid-19, seperti industri makanan dan minuman yang diharapkan dapat…

Yuanita Agata, Head of Marketing JOOX Indonesia Dalam Acara Konferensi Pers 'Ngobrolin #KataHati' Bersama Sederet Pembicara Inspiratif

Sabtu, 19 September 2020 - 12:15 WIB

JOOX Ajak Masyarakat Ikuti dan Ekspresikan Kata Hati Melalui Musik

Melalui playlist yang dikurasi untuk menemani setiap kondisi serta fitur-fitur interaktif yang menghibur, JOOX berkomitmen untuk menjadi social entertainment platform yang hadir menemani pengguna…