Komitmen BCA Membangun Potensi Desa Wisata di Tanah Air

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 September 2020 - 09:00 WIB

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati
Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dan implementasi keuangan berkelanjutan. Melalui pilar Solusi Bisnis Unggul Bakti BCA, BCA berupaya untuk membina UMKM dan komunitas dengan pemberdayaan Desa Binaan.

Komitmen ini turut diimplementasikan melalui dukungan BCA dalam pembangunan desa binaan  secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Kontribusi dan dukungan terus BCA berikan demi mengembangkan potensi ekonomi dan pariwisata desa wisata sehingga mampu menjadi desa yang mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Kontribusi dan dukungan BCA ini dikupas secara tuntas di acara Talkshow virtual yang mengangkat tema “Tantangan Desa Wisata Era Baru dan CSR Membangun Potensi Desa Wisata”. Program Talkshow yang ditayangkan secara langsung melalui TV Desa Indonesia, Youtube TV Desa, Aplikasi Kugo, serta Genflix Live ini menghadirkan Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati secara virtual pada Selasa (01/09/2020).

Turut bergabung dalam talkshow tersebut para ahli ekonomi, sosial, budaya serta pegiat kegiatan CSR. Talkshow virtual ini dipandu langsung oleh CEO & Founder Miracelova Screen Institute, Arvin Miracelova.

“Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 memberikan tantangan yang tidak mudah di berbagai sektor salah satunya sektor pariwisata dan perekonomian. Seperti BCA yang memiliki Desa Binaan di beberapa wilayah di Indonesia mengalami tantangan yang tidak mudah. Namun, hal ini juga menjadi peluang bagi kami untuk mengandalkan digitalisasi dalam memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Walaupun penuh dengan tantangan, namun BCA terus berkomitmen untuk mendampingi ke-12 Desa Wisata Binaan untuk tetap maju di tengah situasi yang cukup dinamis ini,” urai Inge.

Tantangan pariwisata pada era baru harus diselaraskan dengan peningkatan kemampuan para pengurus desa wisata agar kembali eksis. Rangkaian pembinaan memegang peranan penting dalam mendorong Desa Wisata untuk menyongsong era yang baru. Pelatihan bagi para pengurus tetap dilaksanakan seperti sedia kala, namun saat ini pelatihan dilakukan secara virtual dan berfokus pada pemanfaatan digital sebagai sarana promosi desa wisata.

Sebagai informasi, dukungan BCA terhadap desa wisata melalui pilar Solusi Bisnis Unggul tidak berhenti pada pemberian donasi kepada masyarakat desa. Dukungan Bakti BCA juga diawali dengan analisa mendalam terhadap desa wisata untuk menentukan arah pembinaan; membentuk kepengurusan masyarakat; merumuskan visi, misi, serta target untuk desa binaan; mengembangkan kapasitas SDM; meningkatkan sarana, prasarana, dan infrastruktur; hingga uji layanan dan pengukuran dampak. Seluruh kegiatan ini dikerjakan bersama-sama dengan masyarakat desa sehingga nantinya mampu berkembang secara mandiri.

“Sejalan dengan pembinaan desa wisata, kami turut memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang patut untuk dieksplor. Untuk itu, kami aktif memberikan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai kanal. Kami berharap di tahap new normal yang secara perlahan dimulai ini dapat turut memulihkan kembali geliat pariwisata dan perekenomian di Indonesia, khususnya berkembangnya kembali desa wisata di Tanah Air,” tutup Inge.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.