Pertamina Kilang Cilacap Resmikan Fasilitas Desalinasi di Dusun Terpencil

Oleh : Wiyanto | Rabu, 16 September 2020 - 17:43 WIB

Desalinasi di Cilacap oleh Pertamina
Desalinasi di Cilacap oleh Pertamina

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Warga Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap kini tak lagi risau untuk urusan air bersih. Akhir pekan lalu, di dusun yang terletak di wilayah laguna terbesar ini telah hadir fasilitas desalinasi yang mampu menghilangkan kadar garam berlebih pada air laut untuk mendapatkan air yang layak konsumsi.

Fasilitas yang diberi nama Sistem Desalinasi Berbasis Masyarakat (Sidesi Mas), ini diresmikan langsung oleh General Manager Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Joko Pranoto, Sabtu (12/9/2020). Turut hadir juga perwakilan jajaran manajemen Pertamina RU IV serta Ketua Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP PWK), Titok Dalimunthe.

Joko mengungkapkan, fasilitas ini menjadi solusi penting dalam mengatasi persoalan kelangkaan air bersih yang memenuhi standar baku mutu air sanitasi di salah satu dusun terpencil di Kabupaten Cilacap tersebut. “Gara-gara air tidak standar, jadi sering timbul beberapa penyakit. Krisis air semakin parah ketika musim kemarau mengingat air di dusun ini salinitas dan kandungan padatan terlarutnya yang cukup tinggi,” ujarnya.

Dengan kondisi itu, lanjut Joko, masyarakat setempat harus mengeluarkan biaya tinggi untuk mendapatkan air bersih yang sumbernya didatangkan cukup jauh yaitu dari Nusakambangan. “Selama ini masyarakat Dusun Bondan harus mengeluarkan biaya untuk membeli air sebagai kebutuhan sehari-hari. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan alat desalinasi yang mampu memproduksi air sesuai dengan standar baku mutu,” ucapnya.

Sidesi Mas, masih menurut Joko, berada di satu komplek dengan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang juga binaan program CSR Pertamina. Fasilitas berkapasitas 240 liter/jam ini merupakan kerjasama Pertamina dengan Politeknik Negeri Cilacap (PNC). "Dengan jumlah warga dusun ini sekitar 80-an, fasilitas ini cukup untuk memenuhi kebutuhan warga,” ungkapnya.

Joko berharap bantuan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan turut menaikkan derajat perekonomian sebagai dampak positif dari ketersediaan air bersih yang mudah diakses. “Semoga bantuan CSR Pertamina ini bisa memberikan berkah khususnya bagi masyarakat Dusun Bondan yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih. Tentu dampak lanjutannya adalah bisa meningkatkan produktifitas dan perekonomian keluarga,” ucapnya.

Kepala Dusun Bondan, Irawan menyambut antusias diresmikannya fasilitas Sidesi Mas untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Kami tentu sangat berterima kasih atas bantuan Pertamina untuk ke sekian kalinya bagi Dusun Bondan. Fasilitas ini sudah kami nantikan cukup lama, mengingat sulitnya mendapatkan air bersih,” tuturnya.

Fasilitas Sidesi Mas melengkapi program CSR Pertamina RU IV sebelumnya di Dusun Bondan, yakni penyediaan kebutuhan listrik bersumber tenaga surya dan angin dalam program Energi Mandiri Tenaga Surya dan Angin (E-Mas Bayu) serta pemberdayaan masyarakat melalui tambak ikan dalam program Energi Mandiri Tambak Ika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…