Pagelaran Open Dag 2020 Hipnotis Masyarakat Belanda

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 16 September 2020 - 15:30 WIB

Acara Open Dag 2020 (Photo by Kemlu)
Acara Open Dag 2020 (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Best – Open Dag merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di kota-kota Belanda. Kali ini, KBRI Den Haag bersama dengan Kemendikbud RI menyambangi pusat kegiatan masyarakat di kota Best yang terletak di Selatan Belanda.

Lenggak lenggok penari dari Sanggar Tari Madaloka yang membawakan Tari Kuda Lumping menghipnotis pengunjung acara Open Dag 2020 di pusat kegiatan masyarakat di kota Best atau yang biasa disebut dengan Cultuurspoor Best.

Gerakan yang luwes dan dinamis dipadu dengan warna-warni kostum para penari membuat para pengunjung tidak henti mengabadikan momen ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Selain memperkenalkan tari Kuda Lumping dari Jawa Timur, Tari Merak dari Jawa Barat juga dipertontonkan kepada khalayak pada kegiatan tersebut. Tidak lupa, suguhan Nasi Tumpeng disajikan untuk melengkapi pengalaman akan ragam budaya dan kuliner Indonesia.

Partisipasi Indonesia pada Cultuurspoor Best ini sekaligus menandai dibukanya program kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat dasar dan kursus tari tradisional Indonesia.

Kedua program ini bisa diikuti secara gratis dan merupakan salah satu wujud dari diplomasi budaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui KBRI Den Haag.

Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Den Haag, Fikri Cassidy menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Best dan Cultuurspoor Best yang telah mengintegrasikan kursus Bahasa Indonesia dan kursus tari tradisional Indonesia ke dalam program mereka.

“KBRI Den Haag akan terus mendukung dan menghadirkan program-program promosi kebudayaan Indonesia pada masa yang akan datang. Tidak hanya di kota Best, tetapi juga kota-kota lainnya di Belanda dengan didukung pula oleh program Rumah Budaya Indonesia (RBI) Den Haag,” tutur Fikri Cassidy melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (16/9).

Apresiasi dan animo yang tinggi dari masyarakat Best disampaikan oleh Wakil Walikota Best  Ria van der Hamsvoord-Huijber dan Direktur Cultuurspoor, Ingrid van Beek dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa Open dag bertujuan untuk memberikan informasi kursus-kursus yang bisa diikuti oleh masyarakat setempat. Beberapa kursus yang biasanya tersedia antara lain kursus berbagai macam bahasa, kursus balet, teater, fotografi, dan lain sebagainya.

Setelah menikmati suguhan tarian dan kuliner, pengunjung juga dapat langsung mengikuti workshop tari Kuda Lumping di studio tari yang tersedia di tempat tersebut. Acara Open dag dan kedua kursus bertema Indonesia itu juga didukung oleh dua institusi yang dimotori oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di Belanda, yaitu Stichting Hibiscus dan Sanggar Tari Madaloka.

Dalam waktu dekat, KBRI Den Haag berencana merealisasikan kegiatan yang sempat tertunda karena Covid-19, yakni memasukkan BIPA menjadi bagian dari kegiatan ekstra kurikuler di Heerbeeck College Best dan Stedelijk College Eindhoven.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:00 WIB

DPR: Pembentukan Holding Jadi Upaya Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menilai upaya pembentukan holding gula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

Ilustrasi Digital UMKM (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:30 WIB

Berkat Marketplace, Pelaku UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi

Survei terbaru mengungkapkan sebanyak 4,7 juta UMKM telah merambah ke ekosistem digital dalam kurun waktu 11 bulan terakhir selama pandemi. Totalnya kini sekitar 64 juta UMKM secara keseluruhan…