Semakin Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 16 September 2020 - 13:48 WIB

Semakin Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Indonesia
Semakin Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Oxford Business Group, bekerja sama dengan Halodoc, meluncurkan Covid-19 Response Report/CRR (Laporan Tanggap Covid-19) terbarunya yang membahas peran penting platform telemedisin dan layanan kesehatan digital untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan mitigasi penanganan pandemi COVID-19 di tanah air, terutama di daerah terpencil.

CRR menampilkan analisis mendalam mengenai upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 dengan format laporan yang mudah dicerna dan diakses, dengan berfokus pada data dan infografis lanskap sosial-ekonomi di Indonesia.

Laporan ini juga mengkaji keunggulan dan tantangan perekonomian Indonesia sebelum terjadinya pandemi. Pemegang izin usaha juga dapat mengakses informasi terperinci mengenai berbagai kebijakan fiskal dan moneter yang diterbitkan oleh pemerintah dalam rangka menstabilkan nilai mata uang rupiah, memastikan kecukupan likuiditas, membantu sektor ekonomi dan kelompok masyarakat yang rentan.

Dalam laporan ini juga dipaparkan perkembangan yang telah dicapai pemerintah Indonesia terkait program Jaminan Kesehatan Nasional sebelum terjadinya pandemi dan berbagai tantangan dalam pelaksanaan program ini, termasuk keterbatasan dana dan kesenjangan akses kesehatan karena kondisi geografis. Juga membahas langkah-langkah yang diterapkan oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran COVID-19 dan menurunkan tingkat kematian akibat COVID-19, seiring dengan meningkatnya pengujian, penelusuran, dan kemampuan pengobatan di Indonesia.

Selain itu, juga menelaah bagaimana perusahaan telemedisin dan penyedia layanan kesehatan digital menyesuaikan platform yang telah ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berubah saat pandemi melanda. Beberapa contoh inovasi teknologi selama pandemi adalah pemanfaatan big data untuk mengidentifikasi adanya potensi klaster COVID-19, fitur aplikasi yang memungkinkan konsultasi jarak jauh, rujukan rumah sakit, dan pengiriman obat untuk mengatasi gejala penyakit.

Halodoc disoroti sebagai platform medtech (medical technology) dan telemedisin yang terus berkembang dan membantu mengatasi kesenjangan akses terhadap layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Dalam laporan ini, ditampilkan pula informasi yang disampaikan oleh CEO Halodoc, Jonathan Sudharta, di mana ia menjelaskan peran penyedia layanan telemedisin dalam menciptakan "rumah sakit tanpa dinding" saat terjadinya krisis melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Bekerja sama dengan para mitra, inisiatif ini merupakan respons yang terintegrasi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di bidang kesehatan, terutama terkait minimnya akses layanan dan kapasitas fasilitas kesehatan. Selama periode ini, pertumbuhan transaksi di aplikasi Halodoc meningkat hingga 600%. Adaptasi konsumen yang saat ini semakin terbiasa menggunakan aplikasi telemedisin akan terus menguat memasuki era Normal baru,” ujar Jonathan Sudharta, CEO Halodoc.

Dalam wawancara terpisah, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menjelaskan beberapa langkah yang diambil oleh pemerintah untuk mendigitalisasi layanan kesehatan, termasuk menyediakan regulatory sandbox untuk mendorong terciptanya ekosistem digital yang inovatif di bidang kesehatan. Terawan juga menyebutkan bahwa telemedisin merupakan instrumen penting untuk menyediakan akses layanan kesehatan yang merata bagi masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil.

Andrew Jeffreys, CEO OBG Rabu (16/9/2020) , mengatakan bahwa meskipun terjadi gangguan akibat pandemi, perekonomian Indonesia diperkirakan akan pulih lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara ASEAN-5 lainnya. Segmen digital di Indonesia juga akan terus berkembang dan tumbuh paling cepat di ASEAN, didukung dengan peningkatan aktivitas online selama pandemi, termasuk layanan medis online.

“Layanan telemedisin dan kesehatan digital sudah mampu mengatasi tantangan dan meningkatkan efisiensi. Pandemi COVID-19 juga meningkatkan permintaan terhadap layanan kesehatan digital secara signifikan serta mendorong perusahaan telemedisin untuk memperluas cakupan layanannya melalui public-private partnership. Kami berharap kisah sukses ini dapat menjadi fondasi yang kuat seiring dengan upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan sistem layanan kesehatan dalam negeri dan semakin mengembangkan perekonomian digital yang dinamis.”

CRR merupakan bagian dari laporan yang saat ini sedang diproduksi oleh OBG bersama dengan mitranya. Selain itu, OBG dan mitranya juga meluncurkan instrumen riset yang sangat relevan, berbagai artikel informatif, dan wawancara terkait Analisa Dampak Ekonomi COVID-19 di beberapa negara lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurangan Risiko Penularan Covid-19 di Transportasi Udara

Senin, 21 September 2020 - 09:05 WIB

Kaji Penguatan Standar Kesehatan pada Transportasi Udara Selama Pandemi, Litbang Perhubungan Gandeng Universitas Indonesia

Jakarta–Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total selama dua minggu terhitung sejak per 14 September 2020.

Pembangunan madrasah

Senin, 21 September 2020 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Genjot Rehabilitasi 780 Sekolah dan 192 Madrasah pada 2020

Tercatat rehabilitasi sekolah yang telah ditangani hingga September 2020 mencapai 2.247 Sekolah dan 334 Madrasah yang sebanyak 780 unit sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 192 unit madrasah (Ibtidaiyah,…

Labuan Bajo NTT

Senin, 21 September 2020 - 09:00 WIB

Pembangunan Bandara dan Pelabuhan Disiapkan Dukung Pariwissata Labuhan Bajo

Pembangunan infrastruktur khususnya dalam sektor transportasi harus dilanjutkan karena dapat membantu percepatan ekonomi nasional dengan menciptakan lapangan kerja baru hingga membuka konektivitas…

Wapres Ma'ruf Amin (Antara)

Senin, 21 September 2020 - 08:26 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Berharap Tren K-pop Tumbuhkan Kreatifitas Anak Muda Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin terus mendorong kreativitas anak muda Indonesia dalam mempromosikan budaya bangsa ke dunia internasional. Salah satunya bisa dengan mengadopsi cara Korean…

Erwin Aksa WKU KADIN Indonesia

Senin, 21 September 2020 - 08:05 WIB

Minta Pengusaha Jemput Bola, KADIN: Jangan Hanya Mengandalkan Pemerintah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta dunia usaha tidak hanya meengandalkan upaya dari pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.