Semakin Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 16 September 2020 - 13:48 WIB

Semakin Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Indonesia
Semakin Krusialnya Peranan Telemedisin dalam Penyediaan Layanan Kesehatan di Indonesia

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Oxford Business Group, bekerja sama dengan Halodoc, meluncurkan Covid-19 Response Report/CRR (Laporan Tanggap Covid-19) terbarunya yang membahas peran penting platform telemedisin dan layanan kesehatan digital untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan mitigasi penanganan pandemi COVID-19 di tanah air, terutama di daerah terpencil.

CRR menampilkan analisis mendalam mengenai upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 dengan format laporan yang mudah dicerna dan diakses, dengan berfokus pada data dan infografis lanskap sosial-ekonomi di Indonesia.

Laporan ini juga mengkaji keunggulan dan tantangan perekonomian Indonesia sebelum terjadinya pandemi. Pelanggan OBG juga dapat mengakses informasi terperinci mengenai berbagai kebijakan fiskal dan moneter yang diterbitkan pemerintah dalam rangka menstabilkan nilai mata uang rupiah

Dalam laporan ini juga dipaparkan perkembangan yang telah dicapai pemerintah Indonesia terkait program Jaminan Kesehatan Nasional sebelum terjadinya pandemi dan berbagai tantangan dalam pelaksanaan program ini, termasuk keterbatasan dana dan kesenjangan akses kesehatan karena kondisi geografis. Juga membahas langkah-langkah yang diterapkan oleh pemerintah untuk menekan laju penyebaran COVID-19 dan menurunkan tingkat kematian akibat COVID-19, seiring dengan meningkatnya pengujian, penelusuran, dan kemampuan pengobatan di Indonesia.

Selain itu, juga menelaah bagaimana perusahaan telemedisin dan penyedia layanan kesehatan digital menyesuaikan platform yang telah ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berubah saat pandemi melanda. Beberapa contoh inovasi teknologi selama pandemi adalah pemanfaatan big data untuk mengidentifikasi adanya potensi klaster COVID-19, fitur aplikasi yang memungkinkan konsultasi jarak jauh, rujukan rumah sakit, dan pengiriman obat untuk mengatasi gejala penyakit.

Halodoc disoroti sebagai platform medtech (medical technology) dan telemedisin yang terus berkembang dan membantu mengatasi kesenjangan akses terhadap layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia. Dalam laporan ini, ditampilkan pula informasi yang disampaikan oleh CEO Halodoc, Jonathan Sudharta, di mana ia menjelaskan peran penyedia layanan telemedisin dalam menciptakan "rumah sakit tanpa dinding" saat terjadinya krisis melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Bekerja sama dengan para mitra, inisiatif ini merupakan respons yang terintegrasi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi di bidang kesehatan, terutama terkait minimnya akses layanan dan kapasitas fasilitas kesehatan. Selama periode ini, pertumbuhan transaksi di aplikasi Halodoc meningkat hingga 600%. Adaptasi konsumen yang saat ini semakin terbiasa menggunakan aplikasi telemedisin akan terus menguat memasuki era Normal baru,” ujar Jonathan Sudharta, CEO Halodoc.

Dalam wawancara terpisah, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menjelaskan beberapa langkah yang diambil oleh pemerintah untuk mendigitalisasi layanan kesehatan, termasuk menyediakan regulatory sandbox untuk mendorong terciptanya ekosistem digital yang inovatif di bidang kesehatan. Terawan juga menyebutkan bahwa telemedisin merupakan instrumen penting untuk menyediakan akses layanan kesehatan yang merata bagi masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil.

Andrew Jeffreys, CEO OBG Rabu (16/9/2020) , mengatakan bahwa meskipun terjadi gangguan akibat pandemi, perekonomian Indonesia diperkirakan akan pulih lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara ASEAN-5 lainnya. Segmen digital di Indonesia juga akan terus berkembang dan tumbuh paling cepat di ASEAN, didukung dengan peningkatan aktivitas online selama pandemi, termasuk layanan medis online.

“Layanan telemedisin dan kesehatan digital sudah mampu mengatasi tantangan dan meningkatkan efisiensi. Pandemi COVID-19 juga meningkatkan permintaan terhadap layanan kesehatan digital secara signifikan serta mendorong perusahaan telemedisin untuk memperluas cakupan layanannya melalui public-private partnership. Kami berharap kisah sukses ini dapat menjadi fondasi yang kuat seiring dengan upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan sistem layanan kesehatan dalam negeri dan semakin mengembangkan perekonomian digital yang dinamis.”

CRR merupakan bagian dari laporan yang saat ini sedang diproduksi oleh OBG bersama dengan mitranya. Selain itu, OBG dan mitranya juga meluncurkan instrumen riset yang sangat relevan, berbagai artikel informatif, dan wawancara terkait Analisa Dampak Ekonomi COVID-19 di beberapa negara lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…