Upaya Pemprov Jateng Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 16 September 2020 - 14:00 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

INDUSTRY.co.id - Jakarta Direktur Jenderal  Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mempercepat implementasi link and match antara dunia pendidikan dengan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA). 
 
Wikan mengatakan, jika dukungan terhadap pendidikan vokasi dilakukan seluruh pemerintah provinsi/kabupaten/kota di Indonesia, hal itu akan membuat pendidikan vokasi “naik kelas”. “Tak saja dari sisi kualitas, tetapi juga citra lulusan SMK di dunia kerja," ucap Wikan Sakarinto ketika memberikan keterangan pers secara virtual di Jakarta, pada Senin (14/9/2020).
 
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) telah melaksanakan penandatanganan MoU pada Selasa, 8 September 2020 lalu. Kedua belah pihak bersepakat untuk bekerja sama dalam melakukan percepatan kualitas pendidikan vokasi termasuk menjalin kerja sama sinergis antara SMK dengan dunia usaha dan industri.
 
Sebelumnya, guna mendukung percepatan revitalisasi SMK, Gubernur Jawa Tengah telah membentuk Tim Kerja Pembinaan dan Pengembangan Vokasi yang terdiri dari unsur pemerintah daerah, Kadin, kalangan dunia usaha dan industri, perguruan tinggi, praktisi dan stakeholder pendidikan vokasi.
 
Dalam penandatanganan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seperti diinformasikan Humas Kemendiknas mengatakan bahwa industri harus bergerak bersama SMK. Dengan demikian, lulusan SMK memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Tim ini, kata dia, bertugas membantu Gubernur dalam pelaksanaan percepatan kualitas pendidikan vokasi termasuk menjalin kerja sama sinergis antara SMK dengan dunia usaha dan industri agar lulusannya terserap dengan baik.
 
Melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam rangka Peningkatan Kualitas dan  Sumber daya Manusia Indonesia, di Jawa Tengah telah disusun Peta Jalan Revitalisasi SMK 2018 – 2023 yang saat ini berada pada millestone ketiga yaitu percepatan revitalisasi dengan indikator penyiapan sumber daya manusia lulusan vokasi penopang kebutuhan industri. 

Saat ini, angka  keterserapan lulusan SMK Jawa Tengah di dunia usaha dan industri sebesar 62%, selebihnya 13% melanjutkan ke perguruan tinggi dan 25% lainnya terbagi atas wirausaha mandiri dan masa tunggu.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi listrik

Senin, 21 September 2020 - 10:06 WIB

PLN Catat 367 Ribu Pelanggan Tambah Daya Listrik Saat Program Diskon

Melalui Program Gebyar Kemerdekaan, PLN memberikan potongan harga atau diskon tambah daya “Super Wow” khusus untuk pelanggan golongan tarif Rumah Tangga tegangan rendah mulai dari daya 450…

Menteri Agama Fachrul Razi

Senin, 21 September 2020 - 09:45 WIB

Breaking News: Menteri Agama Facrul Razi Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Covid-19. Namun demikian saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik.

Pelaksanaan sambung baru listrik pelabuhan tanjung intan

Senin, 21 September 2020 - 09:42 WIB

PLN Gandeng Pelindo III Lakukan Sambung Baru Listrik Pelabuhan Tanjung Intan

Peresmian penyambungan dilakukan pada Jumat, (11/9/2020) dengan dihadiri oleh General Manager PT PELINDO III, Manager PLN ULP Cilacap Kota, dan Direktur PT Lamong Energi Indonesia selaku operator…

Pastor Roberto Malgesini, seorang imam berusia 51 tahun ditemukan tewas akibat luka tikam pada Selasa, 15 September 2020 di dekat parokinya di Gereja St. Rocco di Kota Como, Italia/ foto sumber: sesawi.net

Senin, 21 September 2020 - 09:19 WIB

Pastor Ganteng di Italia Ini Tewas Ditikam oleh Imigran yang Biasa Dibantunya

akarta– Pastor Roberto Malgesini, seorang imam berusia 51 tahun ditemukan tewas akibat luka tikam pada Selasa, 15 September 2020 di dekat parokinya di Gereja St. Rocco di Kota Como, Italia.…

Gedung Kementerian ESDM

Senin, 21 September 2020 - 09:19 WIB

Gedung Kementerian ESDM Raih Penghargaan Gedung Hemat Energi se-ASEAN

Pengumuman dan penganugerahan pemenang akan dilakukan pada The 38th ASEAN Ministers on Energy Meeting di Da Nang, Vietnam, November 2020 mendatang.