Cegah Klaster Covid-19 di Pilkada, Puan Maharani Minta Paslon Dituntut Kreatif Saat Kampanye

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 16 September 2020 - 11:45 WIB

Ketua DPR RI Dr. (H. C.) Puan Maharani
Ketua DPR RI Dr. (H. C.) Puan Maharani

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Membahas soal Pilkada 2020 Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meminta pengetatan protokol kesehatan dalam seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. Menurut Puan, para pasangan calon kepala daerah dituntut kreatif saat kampanye di masa pandemi guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

“Kampanye Pilkada harus semakin kreatif, agar visi dan misi calon tetap tersampaikan ke masyarakat, tetapi protokol cegah Covid-19 tetap terjaga,” kata Puan melalui keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (16/9).

Ia mengungkapkan, salah satu bentuk pencegahannya adalah membatasi pertemuan dengan banyak orang di satu lokasi.

Para calon kepala-wakil kepala daerah, para pendukungnya, serta masyarakat harus sama-sama saling mengingatkan penerapan protokol kesehatan pada saat kampanye. Semua aktivitas kampanye, kata Puan, harus dilakukan dengan mengenakan masker, sering cuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

“Batasi pertemuan-pertemuan yang berkerumun,” terang politisi PDI-Perjuangan itu.

Semua pihak wajib melaksanakan protokol Covid-19 untuk menyukseskan Pilkada 2020. Puan mengaku khawatir, banyak klaster Pilkada bermunculan jika protokol kesehatan diabaikan dalam tahapan pilkada serentak.

Berdasarkan laporan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), ada 243 bakal pasangan calon kepala-wakil kepala daerah yang diduga melanggar protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Temuan dugaan pelanggaran itu terjadi pada masa pendaftaran calon Pilkada 2020, sejak 4-6 September 2020. Dugaan pelanggaran itu dilakukan sebanyak 141 bakal pasangan calon yang melanggar protokol kesehatan pada hari pertama dan 102 bakal pasangan calon yang melanggar pada hari kedua.

“Perketat protokol cegah Covid-19 agar Pilkadanya berhasil, sukses, berjalan lancar, tidak ada klaster Covid-19 di Pilkada,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Senin, 21 September 2020 - 08:42 WIB

Agar Selalu Sehat di Tengah Pandemi, Berikut Isi Ceramah Subuh Kepala Labor RS-Unand yang Patut Disimak

Dr.dr.Andani Eka Putra M.Sc Kepala Labor RS-Unand, pada Minggu 20 September setelah Syalat Subuh di Masjid Muhajirin Mawar Putih, menyampaikan ceramah dengan Tema : Pencerahan penularan Wabah…

Wapres Ma'ruf Amin (Antara)

Senin, 21 September 2020 - 08:26 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Berharap Tren K-pop Tumbuhkan Kreatifitas Anak Muda Indonesia

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin terus mendorong kreativitas anak muda Indonesia dalam mempromosikan budaya bangsa ke dunia internasional.┬áSalah satunya bisa dengan mengadopsi cara Korean…

Erwin Aksa WKU KADIN Indonesia

Senin, 21 September 2020 - 08:05 WIB

Minta Pengusaha Jemput Bola, KADIN: Jangan Hanya Mengandalkan Pemerintah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta dunia usaha tidak hanya meengandalkan upaya dari pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Senin, 21 September 2020 - 08:00 WIB

Ganjar: Manfaatkan Dana Hasil Panggung Kahanan, Bantu Seniman yang Butuh Sembako

Karenanya dibutuhkan solusi agar para seniman bisa menghidupi keluarganya. Ganjar yang seneng blusukan dengan sepedanya, pernah merapat ke kampung yang sebagian warganya seniman wayang orang…

Menkeu Sri Mulyani

Senin, 21 September 2020 - 07:49 WIB

Sri Mulyani Beberkan Pentingnya Arti Kepercayaan Publik dalam Mengatasi Covid-19

Membangunkan kepercayaan publik sangat penting dalam situasi pandemi Covid-19. Hal ini supaya negara juga mendapatkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat karena penanganan Covid-19 erat hubungannya…