Soal Covid-19, Puan Maharani Desak Pemerintah Pusat dan Daerah Satu Komando

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 12:16 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengingatkan pemerintah pusat dan daerah untuk bersinergi dan konsisten dalam membuat kebijakan penanganan Covid-19. Lantaran, terjadi peningkatan kasus di sejumlah daerah.

Karena itu, Puan meminta pemerintah menjalankan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

“Masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi ini,” kata Puan melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

Puan menegaskan pemerintah pusat dan daerah harus mengambil kebijakan penanganan pandemi Covid-19 berdasarkan data akurat. Semua masukan juga harus didengarkan dan menjadi bahan kajian sebelum kebijakan itu ditetapkan lalu dilaksanakan.

"Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan berbagai pihak,” ungkapnya.

Selain itu, Puan berharap tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk tujuan politik tertentu. Karena salah satu kunci keberhasilan melalui masa sulit akibat pandemi ini adalah kerja semua elemen, bergotong royong berskala besar untuk saling membantu meringankan beban.

"Hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Dia menyampaikan, kebijakan yang ditetapkan pemerintah perlu dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya, seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau lainnya.

Maka dari itu, pemerintah harus tegas menegakkan aturan dalam semua kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah untuk menjaga diri. Kita harus terus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak fisik. InsyaAllah dengan kerja bersama, maka indonesia akan bisa melewati tantangan ini, amin,” tandas Puan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…

Bintang Handayani, Ph.D, Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:33 WIB

Benang Merah Disiplin Dan Berbahasa Disiplin

Rabu cerah di Jakarta Raya, duduk kembali di tempat favorit dengan teh hangat citrus mint. Kesulitan menerjemahkan citrus mint saya putuskan untuk menulisnya dengan cetak miring, berikut kajian,…

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.