Soal Covid-19, Puan Maharani Desak Pemerintah Pusat dan Daerah Satu Komando

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 12:16 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengingatkan pemerintah pusat dan daerah untuk bersinergi dan konsisten dalam membuat kebijakan penanganan Covid-19. Lantaran, terjadi peningkatan kasus di sejumlah daerah.

Karena itu, Puan meminta pemerintah menjalankan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

“Masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi ini,” kata Puan melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

Puan menegaskan pemerintah pusat dan daerah harus mengambil kebijakan penanganan pandemi Covid-19 berdasarkan data akurat. Semua masukan juga harus didengarkan dan menjadi bahan kajian sebelum kebijakan itu ditetapkan lalu dilaksanakan.

"Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan berbagai pihak,” ungkapnya.

Selain itu, Puan berharap tidak ada pihak yang memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk tujuan politik tertentu. Karena salah satu kunci keberhasilan melalui masa sulit akibat pandemi ini adalah kerja semua elemen, bergotong royong berskala besar untuk saling membantu meringankan beban.

"Hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan,” ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Dia menyampaikan, kebijakan yang ditetapkan pemerintah perlu dukungan masyarakat dalam pelaksanaannya, seperti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau lainnya.

Maka dari itu, pemerintah harus tegas menegakkan aturan dalam semua kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah untuk menjaga diri. Kita harus terus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak fisik. InsyaAllah dengan kerja bersama, maka indonesia akan bisa melewati tantangan ini, amin,” tandas Puan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sarang Burung Walet

Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Dahsyat! RI Baw Pulang Rp 2,2 Triliun dari Perusahaan Sarang Burung Walet Asal China

Dalam kunjungannya ke Xiamen Yan Palace Seelong Food Co. Ltd, dia bersama dengan Huang Jian, Chairman dari perusahaan dimaksud menyaksikan penandatanganan Letter of Intent for Purchase (LOI),…

Daewoong Pharmaceutical

Jumat, 30 Oktober 2020 - 11:02 WIB

Komitmen Daewoong Pharmaceutical Tangani Pandemi Covid-19, dari Alat Tes Sampai Pengembangan Perawatan Virus Corona

Setelah mendapatkan izin dari Kementerian Keamanan Pangan dan Obat Korea pada tanggal 08 Oktober 2020, Daewoong Pharmaceutical akan mempercepat pengembangan obat COVID -19 dan segera melakukan…

Pembangunan jalan

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:52 WIB

Tingkatkan Kualitas Jalan Nasional, Kementerian PUPR Manfaatkan Aspal Buton

Tahun 2020 penggunaan Asbuton dilakukan pada jalan sepanjang 793 Km yang tersebar di 25 provinsi di Indonesia dengan volume kebutuhan sekitar 42.000 ton.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Presiden Jokowi

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:31 WIB

Jokowi Ajak Pemuda Tekuni Pertanian, Mentan Dorong Modernisasi

Presiden Joko Widodo mengajak kalangan muda Indonesia kembali menekuni dunia pertanian. Menurut Presiden, hanya dengan cara itu negara ini kembali berjaya dan merdeka atas hasil tani yang sangat…

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik, saat membuka Bazaar UMKM di sela-sela peringatan Haul Akbar Maulana Syarif Al Habib Thoha Bin Hasan Bin Yahya, di Ciledug, Kabupaten Cirebon

Jumat, 30 Oktober 2020 - 10:15 WIB

KemenkopUKM Beberkan Peluang Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus mampu merespon perubahan-perubahan perilaku dan pola konsumen, sebagai akibat dari penerapan physical distancing selama pandemi Covid-19.