Komisi IX Desak KPU dan Bawaslu Diskualifikasi Paslon yang Tidak Jalankan Protokol Kesehatan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 15 September 2020 - 09:45 WIB

Pilkada 2020 (Foto Dok PR)
Pilkada 2020 (Foto Dok PR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dimasa pandemi ini protokol kesehatan sangatlah diperhatikan. Di tahun ini  pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) untuk Pilkada di beberapa Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), banyak sekali yang mengabaikan protokol kesehatan.

Ini sangat membahayakan keamanan dan kesehatan para kontestan dalam Pilkada. Apalagi, jumlah orang yang terpapar semakin hari semakin tinggi.

“KPU, Bawaslu, dan DKPP diharapkan mampu berperan aktif menertibkan paslon dan para pendukungnya. Harus ada aturan tegas yang diberlakukan. Para paslon dan pendukungnya yang tidak menjalankan protokol kesehatan harus ditindak tegas. Bahkan, bila perlu didiskualifikasi kepesertaannya dalam Pilkada kali ini,” tegas Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (15/9).

"Kalau perlu, aturan itu dapat mendiskualifikasi paslon. Kalau hanya sekadar teguran lisan dan tulisan, sepertinya tidak efektif. Aturan yang dibuat harus lebih tegas. Jika paslon dan para pendukungnya sudah bisa ditertibkan, tahapan Pilkada bisa dilanjutkan," lanjut legislator dapil Sumatera Utara II itu.

Titik perhatian utama adalah keamanan dan kesehatan masyarakat. Itu yang harus dipastikan oleh para penyelenggara.

"Jangan sampai ada masyarakat yang terpapar hanya karena ingin ikut menegakkan demokrasi. Keselamatan dan kesehatan masyarakat haruslah menjadi prioritas. Keterlibatan semua pihak dalam hal ini sangat diperlukan," seru pelaksana harian F-PAN DPR tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Smartphone Samsung Galaxy S22 Series 5G yang terdiri dari Samsung Galaxy S22 5G berwarna hitam, Samsung Galaxy S22+ 5G berwarna putih, dan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G berwarna burgundy. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:06 WIB

Dijamin Untung, Ini Tips Aman Tukar Tambah Ponsel

Ada banyak alasan untuk mengganti ponsel yang Anda pakai, salah satunya adalah karena bosan atau sudah tidak sesuai dengan kebutuhan. Namun, untuk membeli ponsel yang baru rasanya juga berat…

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…