Sah!!! PSBB Ketat Berlaku Senin Esok 14 September, Anies: Keputusan Ini Untuk Menyelamatkan Warga Jakarta

Oleh : Candra Mata | Minggu, 13 September 2020 - 14:30 WIB

Gubernur Anies Baswedan (ist)
Gubernur Anies Baswedan (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan Kebijakan memutuskan Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat di Jakarta efektif berlaku pada 14 Septermber 2020, Senin esok.

"PSBB di Jakarta tetap berlaku pada 14 September berdasar pada 3 Pergub," katany kepada media di Balai Kota Jakarta, Minggu (13/9).

Adapun 3 pergub yang menjadi acuan penerapan PSBB total tersebut ialah Pergub No. 30 Tahun 2020, lalu Pergub No. 79 Tahun 2020 tentang penindakan dan pemberian sanksi PSBB, serta Pergub No. 88 tentang perubahan atas Pergub No. 30 Tahun 2020 tentang PSBB.

"Keputusan PSBB ketat ini untuk menyelamatkan warga Jakarta dari virus corona," ucap Anies.

Saat ini, sebutnya, ruang isolasi dan ICU di rumah sakit Jakarta sudah hampir penuh.

"Semua langkah yang kita lakukan adalah untuk menyelamatkan warga Jakarta, warga Indonesia, dan semua warga yang ada di sini," jelasnya.

Sementara itu terkait protes dari berbagai lapisan masyarakat termasuk para Menteri, Anies mengatakan tetap terbuka menerima setiap kritikan.

"Meski begitu, kebijakan PSBB secera keseluruhan tetap dilaksanakan 14 September 2020," tandasnya.

Dengan berlakunya keputusan ini, maka seluruh perusahaan di Jakarta diharuskan melakukan Work From Home (WFH) selama masa PSBB ketat.

"Pimpinan kantor dan tempat kerja wajib mengatur mekanisme kerja dari rumah bagi para pegawai. Apabila sebagian pegawai harus bekerja di kantor maka pimpinan tempat kerja wajib membatasi paling banyak 25 persen pegawai berada dalam tempat kerja dan dalam waktu bersamaan," tegasnya.

"Namun, apabila ada kasus positif di kantor, maka bukan cuma ruangan atau lantai tempat positif itu ditemukan yang akan ditutup, tapi juga seluruh gedung akan ditutup selama tiga hari," pungkasnya.

Adapun 11 sektor pekerjaan masih tetap boleh beroperasi, namun dengan protokol kesehatan ketat, antara lain sektor kesehatan, bahan pangan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis. 

Kemudian sektor pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu, serta kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan Mal, seluruh tempat hiburan dan wisata seperti Ragunan, Monas, Ancol, dan taman kota akan tutup selama PSBB total. 

Sementara untuk kafe dan restoran di Jakarta tetap boleh beraktifiyas namun dengan hanya melayani atau menerima pesanan take away dan delivery.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press conference Indonesian Television Awards 2024 di Summarecon Mall Serpong, 14 Juni 2024.

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:48 WIB

Kembali Digelar RCTI, Ini Daftar Lengkap Nominasi Indonesian Television Awards (ITA) 2024

Malam Puncak ITA 2024 akan disiarkan langsung di RCTI dan GTV pada 10 Juli 2024 mulai pukul 21.00. Keesokan harinya, 11 Juli 2024 akan digelar Concert Celebration ITA 2024 mulai pukul 21.30.

Le Minerale serahkan hewan kurban

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Raya Idul Adha, Le Minerale Serahkan Sapi Limosin ke Mesjid Istiqlal

PT Tirta Fresindo Jaya, produsen air minum dalam kemasan bermerek Le Minerale, menyalurkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ke panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta,…

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:31 WIB

Demi Ketertiban Umum, Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul

MASYARAKAT hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat dan merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum yang nyata-nyata berakibat pada menurunnya derajat ketertiban umum. Rasa keadilan…

Senior Vice President Wealth Management BSI Asri Natanegeri (kiri kedua) bersama Funding & Transaction Business Deputy BSI Regional Surabaya Silvia Permatasari (kanan kedua) dan Area Manager BSI Surabaya Kota Achmad Dhany Nasution (kiri pertama) saat potong pita pada pembukaan outlet BSI Prioritas Area Surabaya pada 13 Juni 2024 lalu.

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:28 WIB

Tingkatkan Layanan Wealth Management Syariah, BSI Resmikan Outlet BSI Prioritas di Surabaya & Pondok Indah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membuka outlet BSI Prioritas baru, yaitu outlet BSI Prioritas Surabaya dan meresmikan outlet BSI Prioritas Pondok Indah Jakarta. Hal tersebut sebagai bukti…