Pelindo IV Lakukan Launching Perdana Modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 September 2020 - 16:33 WIB

Launching Perdana Modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar
Launching Perdana Modernisasi Pelabuhan Benteng Selayar

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) resmi melakukan launching perdana modernisasi Pelabuhan Benteng di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, Rabu (9/9/2020).
 
Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan, launching perdana modernisasi Pelabuhan Benteng ini merupakan kelanjutan dari MoU yang pernah dilakukan Perseroan dengan Pemkab Selayar beberapa waktu lalu.

“Ini juga sebagai bukti bahwa Pelindo IV melalui anak usaha, SBU Intan Terminal Petikemas Indonesia Timur hadir untuk membantu akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Selayar,” kata Prasetyadi.

General Manager SBU Intan Terminal Petikemas Indonesia Timur, Jusuf Junus menuturkan bahwa apa yang dilakukan pihaknya di Pelabuhan Benteng, Selayar adalah bagian daripada perbaikan metode tol laut yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. 

“Sebelumnya pada 30 Agustus lalu kami sudah melayani kegiatan bongkar muat (BM) sebanyak 2 unit reefer container dan 25 unit dry container yang diangkut oleh KM Semangat Mas,” ujarnya.   

Jusuf Junus mengatakan, dalam launching perdana modernisasi yang dilakukan pada hari ini (Rabu), pihaknya melakukan bongkar sebanyak 20 kontainer dan muat 15 kontainer berisi komoditas kelapa dan turunannya, yaitu kopra dan arang, serta 2 kontainer berisi hasil laut seperti ikan.

“Sebanyak 15 kontainer itu akan dibawa ke Surabaya dan hasil laut yang 2 kontainer akan dikirim ke Jakarta untuk diekspor ke luar negeri,” terangnya. 

Dengan kegiatan BM ini, pihaknya menargetkan dalam sebulan dapat mengisi lapangan penumpukan seluas 2.000 meter persegi di Pelabuhan Benteng dengan 100 TEUs kontainer setiap bulannya. “Itu target awal kami, kedepan kami berharap jumlah itu bisa meningkat jadi 200 kontainer per bulan,” ucapnya.

Menurut Jusuf, kegiatan BM yang dilakukan pihaknya tersebut ditunjang dengan sejumlah peralatan, yaitu 1 unit forklift 28 ton, 2 unit forklift 5 ton, 1 unit tronton dan peralatan bongkar muat peti kemas. 

Meski ini adalah kegiatan BM perdana di Pelabuhan Benteng, Selayar, namun dia berharap kedepan pihaknya tidak hanya menangani kegiatan BM saja, tetapi juga bisa mengelola Pelabuhan Benteng secara keseluruhan, apakah melalui revitalisasi pelabuhan atau yang lainnya.

“Nanti kegiatan BM ini akan kami evaluasi dan buat kajian untuk kemudian menjadi masukkan kepada jajaran Direksi Pelindo IV, apakah juga perlu untuk dibangun infrastruktur pelabuhan yang lebih baik lagi, tentunya sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Selayar.”

Jusuf Junus berpendapat, pihaknya tertarik untuk mengelola kegiatan BM di Selayar karena potensi geografis daerah tersebut yang berada di poros maritim. “Jadi kapal dari dan ke pasti melewati Selayar. Nah, itulah mengapa Pelindo IV tertarik hadir yaitu untuk mengkonstruksikan semua itu,” katanya. 

“Apalagi ada program strategisnya Selayar, yaitu membangun Kawasan Industri Perikanan Terpadu, di mana mereka punya sumber daya alam yang sangat luar biasa, termasuk pengembangan kepariwisataan. Dan memang MoU antara Perseroan dengan Bupati Selayar beberapa waktu lalu juga mencakup semua sektor, sehingga Pelindo IV hadir membantu Selayar, termasuk nanti di wisatanya. Jadi semuanya itu yang perlu juga diantisipasi oleh manajemen. Kita harapkan nanti ada program sinergi yang perlu dibicarakan lebih lanjut, tidak hanya MoU tetapi dituangkan dalam sebuah kesepakatan yang lebih besar lagi,” bebernya. 

Jusuf juga menyebut, selain kelapa dan turunannya serta hasil laut, pihaknya juga akan memacu komoditas lainnya seperti pala, vanili, cengkeh, termasuk bongkaran sembako.

Karena selain untuk membantu Selayar dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonominya, pihaknya juga mencoba untuk meningkatkan ekosistem yang ada. “Jadi komoditi developnya nanti akan kita tingkatkan, ya nelayannya, petaninya, termasuk peningkatan taraf hidup masyarakat melalui kegiatan yang masif ini,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…