Wow! Terbang ke Bali, MenkopUKM Serahkan Dana Bergulir Rp 5 Miliar untuk KSP Ema Duta Mandiri

Oleh : Ridwan | Minggu, 06 September 2020 - 18:45 WIB

MenkopUKM Teten Masduki saat menyerahkan dana bergulir LPDB-KUMKM kepada KSP Ema Duta Mandiri, di Denpasar, Bali
MenkopUKM Teten Masduki saat menyerahkan dana bergulir LPDB-KUMKM kepada KSP Ema Duta Mandiri, di Denpasar, Bali

INDUSTRY.co.id - Denpasar - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara simbolis menyerahkan dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM) sebesar Rp5 miliar kepada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ema Duta Mandiri di Denpasar, Bali. 

Program tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemerintah RI.

MenkopUKM Teten Masduki menyatakan, kekuatan ekonomi Indonesia sangat tergantung pada kekuataan ekonomi domestik.

"Terutama yang bisa menjawab 3 hal, yaitu penyediaan pangan, lapangan kerja, dan kesehatan. Semua kriteria itu ada di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah," tegas Teten saat menyerahkan dana bergulir LPDB-KUMKM kepada KSP Ema Duta Mandiri, di Denpasar, Bali, Minggu (6/9/2020).

Hadir mendampingi, Dirut LPDB Supomo, Dirut Smesco Indonesia Leonard Theosabrata, Staf Khusus Menteri Fiki C. Satari, Kapala Dinas Koperasi Bali I Wayan Mardiana, dan Ketua KSP Ema Duta Mandiri I Wayan Murjah.

Situasi berat akibat pandemi Covid-19 diprediksi masih akan berlangsung relatif lama. Untuk itu, menurut Teten, pelaku usaha dan masyarakat perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya, mulai dari perencanaan usaha, perencanaan konsumsi, hingga recovery berjalan.

"Hitungan kami, situasi berat ini masih akan kita hadapi dalam rentang 1 hingga 2 tahun mendatang sampai betul-betul pulih; karena itu perencanaan usaha dan perencanaan konsumsi harus dihitung betul oleh pelaku usaha dan masyarakat. Koperasi harus lakukan bimbingan untuk menghadapi ini dengan perencanaan matang, spirit tinggi," tambahnya.

MenkopUKM mengatakan, pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sangat mendorong UMKM untuk dapat bertahan dan melakukan adaptasi usaha, agar ekonomi nasional tetap berjalan. 

Ia pun optimis, kekuatan UMKM dapat mewujudkan hal tersebut.

"Pemerintah melalui PEN sangat mendorong UMKM agar bisa bertahan dan beradaptasi. Jika dikombinasikan dengan pembiayaan murah, dengan bansos, penjaminan kredit, dan resi gudang, maka pemulihan bisa segera diwujudkan,” ujarnya. 

Sementara itu Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menjelaskan, hingga kini pihaknya telah menyalurkan 67 persen dari Rp1 triliun dana bergulir sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional. Pihaknya optimis, bahwa hingga akhir bulan ini target 100 persen akan berhasil disalurkan.

"Sudah 67 persen dari 1 Triliun dana yang diamanahkan kepada LPDB- KUMKM," ujar Supomo.

"Dana bergulir tersebut akan disalurkan kepada 60 koperasi yang menjadi mitra LPDB-KUMKM. Di Bali ada 10 koperasi, dan hari ini disalurkan ke 3 koperasi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…