Komisi VII Desak Kementerian ESDM Fokus Pada Program yang Punya Dampak Langsung ke Masyarakat

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 04 September 2020 - 12:15 WIB

Anggota Komisi VII DPR RI - Andi Yuliani Paris (Photo by Parlementaria Terkini-DPR)
Anggota Komisi VII DPR RI - Andi Yuliani Paris (Photo by Parlementaria Terkini-DPR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris mendesak Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan realokasi anggaran RAPBN Tahun 2021 untuk meningkatkan program-program yang dampaknya langsung dirasakan masyarakat.

“Saya berharap Kementerian ESDM ini bisa mengoptimalkan anggaran yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Sehingga bisa memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat terlebih lagi di masa Pandemi Covid-19 ini,” ujar Andi Yuliani melalui keterangan yang diterima redaksi pada Jumat (4/9).

Politisi Fraksi PAN ini mencontohkan beberapa anggaran yang sejatinya belum menjadi prioritas diantaranya anggaran untuk program Bimtek Fungsional Kehumasan, Bimtek Fungsional Perencanaan Kementerian ESDM dan beberapa program lainnya.

Ia menilai akan lebih baik anggaran untuk program tersebut dialihkan untuk meningkatkan berbagai program yang langsung ditujukan dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di masa pandemi Covid ini, seperti bantuan Konverter Kit bagi Petani dan nelayan.

Setelah melalui proses diskusi dan pembahasan, rapat dengar pendapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menyepakati merealokasi anggaran untuk meningkatkan paket kegiatan infrastruktur pada RAPBN TA 2021 dengan rincian, Program Konverter Kit bagi nelayan yang semula dalam RAPBN tahun 2021 sejumlah 25 ribu paket, maka dalam rapat tersebut disepakati bertambah menjadi 30 ribu paket.

Begitupun Konverter Kit bagi Petani yang semula berjumlah 25 ribu paket, menjadi 30 ribu Konverter Kit. Sementara paket Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) yang dalam RAPBN Tahun Anggaran 2021 dialokasikan hanya untuk 18.800 titik, dalam rapat kali ini disepakati bertambah menjadi 20 ribu titik.

“Dengan catatan untuk dilakukan refocusing kembali untuk menambah program-program yang berdampak langsung kepada masyarakat,” ujar Eddy Soeparno.

Selain itu, Komisi VII DPR RI juga mendesak Sekjen Kementerian ESDM untuk menyampaikan program infrastruktur hasil re-recofusing dan Realisasi Tahun Anggaran 2020 setiap bulannya kepada Komisi VII DPR RI.

Dalam kesempatan tersebut, Komisi VII DPR RI juga meminta Sekjen Kementerian ESDM RI untuk menyampaikan jawaban tertulis atas semua pertanyaan anggota Komisi VII DPR RI, dan disampaikan kepada Komisi VII DPR RI paling lambat tanggal 10 September 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…