Demo Menkop dan UKM Teten Masduki, Masyarakat Koperasi: Jangan Pecah Belah Dekopin

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 03 September 2020 - 08:37 WIB

Masyarakat Koperasi Bergerak, Tuntut Teten Masduki Tidak Terlibat Dalam Upaya Pecah Belah Dekopin Dan Segera Pecat Sesmen Rully Indrawan
Masyarakat Koperasi Bergerak, Tuntut Teten Masduki Tidak Terlibat Dalam Upaya Pecah Belah Dekopin Dan Segera Pecat Sesmen Rully Indrawan

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Masyarakat Koperasi Indonesia (MAKI) menggugat Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki untuk tidak memecah-belah Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Lebih dari itu, MAKI juga mendesak Teten Masduki agar memecat Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Rully Indrawan yang dituding sebagai dalang Dekopin illegal pimpinan Sri Oentari.

Tuntutan itu dilayangkan MAKI dalam demonstrasi di depan Kantor Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2020). Dalam aksi demonstrasi yang diikuti sekitar 500 orang itu, para demonstran membawa puluhan poster, baleho, dan spanduk dengan beragam tulisan yang tertuju kepada sosok Teten Masduki dan Rully Indrawan.

Ada dua tuntutan yang disampaikan Masyarakat Koperasi Indonesia. “Kami menuntut Menteri Koperasi dan UKM untuk tidak terlibat dalam upaya memecah-belah Dekopin. Kami juga mendesak agar Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM dipecat karena menjadi dalang Dekopin ilegal!” teriak orator memakai pengeras suara dari atas mobil bak terbuka.

Ratusan massa aksi atas nama Masyarakat Koperasi Indonesia (MAKI) menuntut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki untuk melindungi Dekopin dari aksi pecah belah oknum tertentu yang berafiliasi dengan partai politik tertentu. Massa aksi juga meminta sekretaris Kementrian Koperasi dan UKM Prof Rully Indrawan untuk tidak terlibat dalam kemelut Dekopin ilegal.

"Kami minta Menteri Koperasi dan UKM Pak Teten Masduki untuk fokus bekerja sesuai tupoksinya di masa koperasi dan UKM terpuruk akibat Covid-19. Mari lindungi Dekopin, jangan sampai ikut campur terlibat pecah belah Dewan Koperasi Indonesia dengan terbentuknya Dekopin ilegal yang ditungganggi partai tertentu,” ungkap koordinator MAKI Usman Nazarudin, sebagaimana dalam siaran persnya, Kamis (3/9/2020).

Tuntutan terhadap Teten Masduki juga terlihat pada spanduk panjang bertuliskan: “Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Jangan Terlibat Dalam Pecah Belah Dekopin.” Spanduk lain yang dengan foto besar Teten Masduki bertuliskan: “Menkop Stop Pecah Belah Dekopin!”

Pecat Sesmen Rully Indrawan

Selain meminta Menkop Teten Masduki melindungi Dekopin dari oknum yang menghancurkan marwah wadah tunggal Koperasi Indonesia (Dekopin), Usman Nazarudin bersama massa aksi juga mendesak mantan aktivis HAM itu untuk memeriksa dan memecat Sesmen Koperasi dan UKM, Rully Indrawan.

“Kami juga meminta menteri koperasi dan ukm pak teten masduki juga harus segera memeriksa anak buahnya yakni saudara Sesmenkop Prof Rully indrawan karna diduga dan terindikasi terlibat aktif dalam kegiatan kegiatan Dekopin ilegal,” ungkap Usman Nazarudin, yang juga mantan aktifis HMI.

Selain melalui orasi, masyarakat Koperasi dalam aksi dengan tagline ‘Masyarakat Koperasi Bergerak’ itu, menyampaikan dua tuntutan yang tertulis pada spanduk berukuran besar yang diusung para demonstran. Spanduk itu berisi dua tuntutan terhadap Sesmen Rully Indrawan. Isinya:

“Masyarakat Koperasi Indonesia (MAKI) Menggugat: Pertama, Pecat Sesmenkop Profesor Rully Indrawan sebagai Dalang Dekopin Ilegal. Kedua, Pecat PNS Nakal Berpolitik Profesor Rully Indrawan yang Jadi Biang Kerok Dekopin Ilegal.”

Massa aksi yang tergabung dalam masyarakat koperasi indonesia (MKI) juga membawa poster, baleho, spanduk serta mobil sound system sehingga membuat pegawai kantor departemen koperasi dan ukm sangat terganggu dengan suara keras dari orasi orasi pendemo lewat pengeras suara tersebut.

“Aksi kami aksi damai. Tapi jika dalam waktu dekat pihak kementerian koperasi tidak merespon dan tidak ada tindakan tegas terhadap oknum yang memecah belah Dekopin, kami akan datang dengan jumlah massa yang jauh lebih besar,” ujar usman dengan tegas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…