DPR Apresiasi PB Djarum dan Liga Kompas Gramedia Konsisten Memajukan Olahraga Nasional

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 02 September 2020 - 12:55 WIB

Ilustrasi PB Djarum (Photo by Kompas.com)
Ilustrasi PB Djarum (Photo by Kompas.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembinaan atlet merupakan salah satu aspek yang penting untuk dirumuskan dalam revisi Undang Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN). Sektor swasta bisa berpartisipasi ikut membina atlet nasional, seperti dilakukan PB. Djarum dan Kompas Gramedia.

“Baik PB Djarum maupun Liga Kompas Gramedia adalah contoh yayasan ataupun CSR olahraga yang paling tua dan established. Saya mengapresiasi kontribusi kedua yayasan ini yang telah konsisten membantu memajukan olahraga Indonesia,” tutur Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam rilisnya yang diterima redaksi, Rabu (2/9).

Keterlibatan PB. Djarum dan Kompas Gramedia bisa menjadi pemicu bagi keterlibatan swasta lainnya dalam pembinaan atlet nasional. Pembentukan yayasan yang konsen pada olahraga nasional jadi keniscayaan setelah PB. Djarum dan Kompas aktif berpartisipasi.

"Saya rasa akan sangat baik jika banyak pihak swasta di Indonesia yang turut memajukan olahraga nasional," harap legislator Kalimantan Timur itu.

Menurut Hetifah, RUU SKN kelak, juga harus merumuskan sistem pengaturan kompetisi, agar tidak tumpang tindih.

Ia mencontohkan, sebaiknya penyelenggaraan kejuaraan oleh Pemerintah digabung dalam satu kejuaraan, misal Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) menjadi satu. Atau justru sebaiknya mempercayakan penyaringan atlet muda kepada federasi dan klub olahraga.

Seperti diketahui, POPNAS dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan O2SN dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baik POPNAS maupun O2SN tidak saling berhubungan dan tidak memiliki jenjang kompetisi kelanjutannya di tingkat satuan pendidikan. Ini jadi diskursus menarik sekaligus perspektif yang baik bagi RUU SKN yang sedang dirumuskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT. Grahabuana Cikarang Sutedja S. Darmono saat acara Jababeka Lunar New Year Outlook 2021

Jumat, 26 Februari 2021 - 01:21 WIB

Jababeka Kembangkan Smart Township di Koridor Timur Jakarta

Pengembang kota mandiri Jababeka secara gamblang memproyeksikan pengembangan Smart Township di koridor Timur Jakarta, tepatnya di Kota mandiri Jababeka-Cikarang.

Bantu Korban Banjir, SiCepat Salurkan Donasi ke BPBD Kabupaten Bekasi

Kamis, 25 Februari 2021 - 23:52 WIB

Banjir Tenggelamkan 15 Kecamatan di Bekasi, Ini Penjelasan Warga Saat Menerima Bantuan SiCepat Ekspres

Bekasi-Bencana banjir yang menenggelamkan 19 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi menimbulkan dampak yang cukup parah.

Perayaan Dies Natalis ke-71, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Kamis, 25 Februari 2021 - 21:52 WIB

Rayakan Dies Natalis ke-71, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Gelar Lomba Tumpeng Alat Kesehatan

Sebanyak 32 tim menjadi peserta lomba tumpeng berasal dari berbagai departemen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RSUPN Cipto Mangunkusumo, RS jejaring seperti RSUI dan RS Persahabatan,…

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 25 Februari 2021 - 21:34 WIB

Tertarik Dengan Cryptocurrency? Wfhbot Siap Beri Paduan Bahkan Bagi Orang Awam Sekalipun

Aplikasi Info Koneksi hadir bagi masyarakat Indonesia dengan tools Wfhbot yang tersedia secara gratis di website www.wfhbot.id, untuk memberi edukasi lengkap bagi masyarakat awam tentang keuntungan…

Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera

Kamis, 25 Februari 2021 - 20:57 WIB

Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera Desak OJK Segera Cairkan Dana Cadangan Bumiputera

Kelompok Nasabah Korban Gagal Bayar Bumiputera mengatakan, aksi damai kali ketiga ini ditujukan ke OJK agar regulator ini lebih aktif membantu menyelesaikan kasus gagal bayar ini yang tertunda…