DPR Apresiasi PB Djarum dan Liga Kompas Gramedia Konsisten Memajukan Olahraga Nasional

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 02 September 2020 - 12:55 WIB

Ilustrasi PB Djarum (Photo by Kompas.com)
Ilustrasi PB Djarum (Photo by Kompas.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembinaan atlet merupakan salah satu aspek yang penting untuk dirumuskan dalam revisi Undang Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN). Sektor swasta bisa berpartisipasi ikut membina atlet nasional, seperti dilakukan PB. Djarum dan Kompas Gramedia.

“Baik PB Djarum maupun Liga Kompas Gramedia adalah contoh yayasan ataupun CSR olahraga yang paling tua dan established. Saya mengapresiasi kontribusi kedua yayasan ini yang telah konsisten membantu memajukan olahraga Indonesia,” tutur Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dalam rilisnya yang diterima redaksi, Rabu (2/9).

Keterlibatan PB. Djarum dan Kompas Gramedia bisa menjadi pemicu bagi keterlibatan swasta lainnya dalam pembinaan atlet nasional. Pembentukan yayasan yang konsen pada olahraga nasional jadi keniscayaan setelah PB. Djarum dan Kompas aktif berpartisipasi.

"Saya rasa akan sangat baik jika banyak pihak swasta di Indonesia yang turut memajukan olahraga nasional," harap legislator Kalimantan Timur itu.

Menurut Hetifah, RUU SKN kelak, juga harus merumuskan sistem pengaturan kompetisi, agar tidak tumpang tindih.

Ia mencontohkan, sebaiknya penyelenggaraan kejuaraan oleh Pemerintah digabung dalam satu kejuaraan, misal Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) menjadi satu. Atau justru sebaiknya mempercayakan penyaringan atlet muda kepada federasi dan klub olahraga.

Seperti diketahui, POPNAS dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan O2SN dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baik POPNAS maupun O2SN tidak saling berhubungan dan tidak memiliki jenjang kompetisi kelanjutannya di tingkat satuan pendidikan. Ini jadi diskursus menarik sekaligus perspektif yang baik bagi RUU SKN yang sedang dirumuskan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Era Digitalisasi

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:30 WIB

Sudah Menjadi Gaya Hidup, Kenali Dampak Dari Digitalisasi

Digitalisasi telah mengubah interaksi sosial di masyarakat. Dengan bantuan teknologi yang sebenarnya memudahkan kehidupan, di balik itu terdapat kehati-hatian gaya hidup yang membuat masyarakat…

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin

Selasa, 22 Juni 2021 - 07:00 WIB

DPR: Pembentukan Holding Jadi Upaya Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional

Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin menilai upaya pembentukan holding gula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan upaya yang strategis untuk memenuhi kebutuhan gula nasional.

Ilustrasi Digital UMKM (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:30 WIB

Berkat Marketplace, Pelaku UMKM Bisa Bertahan Selama Pandemi

Survei terbaru mengungkapkan sebanyak 4,7 juta UMKM telah merambah ke ekosistem digital dalam kurun waktu 11 bulan terakhir selama pandemi. Totalnya kini sekitar 64 juta UMKM secara keseluruhan…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M

Selasa, 22 Juni 2021 - 06:00 WIB

TNI AL Modernisasi Alutsista Pesawat Udara Tanpa Awak

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam bidang penerbangan mempertajam kekuatan Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA), selain kekuatan pesawat udara fixed wing dan rotary wing. Hal tersebut disampaikan Kepala…

Prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir

Selasa, 22 Juni 2021 - 05:40 WIB

Prajurit Yonpom 1 Mar Cilandak Tingkatkan Imunisasi dengan Lari Gembira

Dengan adanya peningkatan jumlah kasus Covid-19 yang signifikan di wilayah DKI Jakarta saat ini, maka seluruh prajurit Batalyon Polisi Militer 1 Marinir (Yonpom 1 Mar) melaksanakan salah satu…