Warga Batam Tolong Dicatat! Calon Walikota Haris Lambey Berjanji Berikan Insentif Kuota Gratis untuk Pelajar

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:15 WIB

Calon Walikota Batam - Haris Lambey
Calon Walikota Batam - Haris Lambey

INDUSTRY.co.id - Batam - 25 juta siswa sekolah di Indonesia kini belajar di bawah ancaman pandemi COVID-19. Hal ini menjadi memicu permasalahan baru dalam dunia pendidikan, mengingat bahwa physical distancing menghambat proses belajar tatap muka.

Pemerintah pun memutuskan semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan secara online.

Sayangnya, hal tersebut tidak berjalan mulus karena terkendala koneksi internet.

Demi mengatasi permasalahan tersebut, Kemendikbud pun mengambil langkah negosiasi dengan provider telekomunikasi pada bulan Agustus 2020 ini.

Harapannya adalah agar provider dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menyediakan paket internet yang terjangkau.

Tentunya hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19.

Selaras dengan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam mendukung PJJ, Bakal Calon Wali Kota (Cawako) Batam 2020-2025 Haris Lambey pun berjanji untuk memfasilitasi kegiatan tersebut nantinya ketika ia terpilih.

Rencananya, Haris akan mengalokasikan insentif dan dana bantuan BOS untuk penunjang operasional online learning.

“Alhamdulillah sekarang Kemendikbud sudah berupaya untuk bersinergi dengan provider-provider. Tentunya kita berharap supaya goal ya, jadi kerja sama benar-benar terjalin. Namun selain itu, pemerintah daerah juga harus siap backup. Kita tidak tahu sampai kapan harus memerangi pandemi ini. Bila memang masih diperlukan, kita akan alokasikan insentif tambahan di BOS khusus untuk operasional PJJ,” ujarnya melalui pesan tertulisnya kepada Industry.co.id Sabtu (29/8).

Menurut perwira polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) ini, ada empat poin utama dari programnya, yaitu penciptaan lapangan kerja, layanan kesehatan, pendidikan berkualitas, dan penyediaan sembako murah.

Menurutnya, pendidikan harus menjadi fokus penting dalam program pemerintahan.

Pasalnya, hal inilah yang dapat meningkatkan kualitas hidup generasi muda yang akan menjadi sumber daya manusia Batam yang unggul.

“Selain langkah dari pemerintah pusat, insya Allah bila saya terpilih tentunya kami akan mengambil langkah otonomi daerah Batam, salah satunya dengan pembangunan infrastruktur untuk penyediaan wifi gratis di tempat-tempat umum yang terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa langkah ini sejalan dengan visinya, yaitu digitalisasi kota Batam.

Program ini bertujuan untuk mempermudah layanan masyarakat dari pemerintah daerah, perizinan, dan migrasi digital untuk memperlancar birokrasi.

“Bigger picturenya dari digitalisasi ini kan sebenarnya untuk mempermudah dan mempercepat. Harapannya adalah kita bisa efisiensi flow pemerintahan, sehingga masyarakat bisa lebih cepat dan lebih banyak merasakan manfaatnya,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Logo Telkom

Senin, 26 Oktober 2020 - 00:05 WIB

Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri, Telkom Jaga Momentum di Tengah Pandemi

Merebaknya pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seluruh negara di dunia. Hampir semua aktivitas para pelaku bisnis dari berbagai aspek industri terkena dampak pandemi…

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…