Warga Batam Tolong Dicatat! Calon Walikota Haris Lambey Berjanji Berikan Insentif Kuota Gratis untuk Pelajar

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 29 Agustus 2020 - 11:15 WIB

Calon Walikota Batam - Haris Lambey
Calon Walikota Batam - Haris Lambey

INDUSTRY.co.id - Batam - 25 juta siswa sekolah di Indonesia kini belajar di bawah ancaman pandemi COVID-19. Hal ini menjadi memicu permasalahan baru dalam dunia pendidikan, mengingat bahwa physical distancing menghambat proses belajar tatap muka.

Pemerintah pun memutuskan semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan secara online.

Sayangnya, hal tersebut tidak berjalan mulus karena terkendala koneksi internet.

Demi mengatasi permasalahan tersebut, Kemendikbud pun mengambil langkah negosiasi dengan provider telekomunikasi pada bulan Agustus 2020 ini.

Harapannya adalah agar provider dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menyediakan paket internet yang terjangkau.

Tentunya hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi Covid-19.

Selaras dengan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam mendukung PJJ, Bakal Calon Wali Kota (Cawako) Batam 2020-2025 Haris Lambey pun berjanji untuk memfasilitasi kegiatan tersebut nantinya ketika ia terpilih.

Rencananya, Haris akan mengalokasikan insentif dan dana bantuan BOS untuk penunjang operasional online learning.

“Alhamdulillah sekarang Kemendikbud sudah berupaya untuk bersinergi dengan provider-provider. Tentunya kita berharap supaya goal ya, jadi kerja sama benar-benar terjalin. Namun selain itu, pemerintah daerah juga harus siap backup. Kita tidak tahu sampai kapan harus memerangi pandemi ini. Bila memang masih diperlukan, kita akan alokasikan insentif tambahan di BOS khusus untuk operasional PJJ,” ujarnya melalui pesan tertulisnya kepada Industry.co.id Sabtu (29/8).

Menurut perwira polisi berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) ini, ada empat poin utama dari programnya, yaitu penciptaan lapangan kerja, layanan kesehatan, pendidikan berkualitas, dan penyediaan sembako murah.

Menurutnya, pendidikan harus menjadi fokus penting dalam program pemerintahan.

Pasalnya, hal inilah yang dapat meningkatkan kualitas hidup generasi muda yang akan menjadi sumber daya manusia Batam yang unggul.

“Selain langkah dari pemerintah pusat, insya Allah bila saya terpilih tentunya kami akan mengambil langkah otonomi daerah Batam, salah satunya dengan pembangunan infrastruktur untuk penyediaan wifi gratis di tempat-tempat umum yang terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa langkah ini sejalan dengan visinya, yaitu digitalisasi kota Batam.

Program ini bertujuan untuk mempermudah layanan masyarakat dari pemerintah daerah, perizinan, dan migrasi digital untuk memperlancar birokrasi.

“Bigger picturenya dari digitalisasi ini kan sebenarnya untuk mempermudah dan mempercepat. Harapannya adalah kita bisa efisiensi flow pemerintahan, sehingga masyarakat bisa lebih cepat dan lebih banyak merasakan manfaatnya,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…