Usaha Jasa Pengamanan Menjerit, Security Banyak Dirumahkan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 28 Agustus 2020 - 16:41 WIB

Satpam tenaga kerja yang bekerja secara outsourcing
Satpam tenaga kerja yang bekerja secara outsourcing

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Sektor Pariwisata, hotel, garmen dan ritel biasanya membutuhkan jasa pengamanan dikenal Satpam atau Security. Sejak Covid-19 melanda Maret hingga saat ini, sektor tersebut goyang dan berdampak pada kebutuhan jasa Sekurity.

Agoes Dermawan Ketua BPP Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujabi) menjelaskan tidak sedikit anggota Security di anggota Abujabi yang di rumahkan.

"Pelaku usaha dengan covid, yang terpukul banyak. Kontrak putus dan pengurangan tenaga kerja. Terutama sekrot parisiwisata, hotel, garmen, ritel terpukul. Biasanya yang dijaga 100 orang sejak covid hanya berfungsi 30 orang yang 70 orang dirumahkan dana tidak digaji karena perusahaan tidak beroperasi. Ini yang dihadapi era covid oleh Badan Usaha jasa Pengamanan (BUJP). Ini pukulan berat. Kita melaksanakan prokol kesehatan," kata dia di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Ia mengungkapkan tagihan yang diajukan ke klien, mundur akibat tekanan covid-19. Di tambah, perjuangan melawan covid, kebutuhan alat protokol kesehatan haru disediakan oleh pihaknya.

"Banyak tagihan yang tidak dibayarkan karena kondisi perusahaan berat. Karena itu pengawasan dan bentuk paloporan harus meningkatkan teknologi dengan system informasni manajemen. Jadi biaya internet juga meningkat. Biaya SIO digratiskan dulu, barangkali ini bisa menjadi masukan ke pimpinan. Polisi ini institusi yang di dengar oleh lembaga lain," katanya.

"Satpam berada di depan, jika ABUJAPI dan Polri untuk memberikan relaksasi jasa pengamanan pada BPJS, pajak, karena yang lain mendapatkan relaksasi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…