Tawarkan Keindahan Alam yang Eksotik, Desa Wisata Cibuntu Siap Manjakkan Wisatawan di Era New Normal

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 Agustus 2020 - 15:35 WIB

Desa Wisata Cibuntu
Desa Wisata Cibuntu

INDUSTRY.co.id - Kuningan - Kuningan dikenal luas sebagai surganya wisata alam di provinsi Jawa Barat. Sehingga bisa dibilang Kuningan merupakan salah satu destinasi wisata terbaik dan paling aman dari resiko penyebaran Covid-19. 

Momentum Adaptasi Kebiasaan Baru ini pun seakan menjadi kesempatan terbaik bagi Kabupaten Kuningan untuk semakin mempromosikan diri menjadi salah satu destinasi wisata terbaik bagi para wisatawan domestik. 

Desa Cibuntu merupakan salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang meraih penghargaan tingkat nasional. Desa Cibuntu juga pernah mewakili Indonesia untuk Asia Tenggara.

Berada di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Cibuntu dinobatkan menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. 

Tak hanya itu, Cibuntu juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Kepala Desa Wisata, H. Awam mengungkapkan bahwa kawasan Desa Wisata Cibuntu ini sangat dijaga baik kelestarian dan tetap dikelola oleh pihak lokal secara tradisional.

"Kami cukup bangga menjadi bagian dari Desa Wisata Cibuntu yang memiliki daya tarik bukan karena hiasan saja yang mempercantiknya, akan tetapi pembinaan berkesinambungan dan komitmen komunitas masyarakatnya dalam menjaga keberadaan Desa Wisata Cibuntu yang jadi kekuatan utama. Masyarakat Desa Wisata Cibuntu pun selalu menjaga Sapta Pesona sebagai acuan mengelola keberlangsungan Desa Wisata ini," terangnya di Kuningan (28/8/2020).

Dijelaskan Awam, banyak yang belajar pengelolaan tentang desa wisata ke sini, dari Sulawesi, Yogya, Solo, dan lainnya. "Ini desa wisata, bukan obyek wisata. Launching awal desa wisata itu pada tahun 2012," terangnya.

Lebih lanjuy, Awam menjelaskan jumlah penduduk di desanya tak terlalu banyak. Namun ia bersyukur masyarakatnya kompak untuk mewujudkan Cibuntu sebagai desa wisata. 

Pembinaan terhadap masyarakat desa tentang sapta pesona wisata, menurut dia, salah satu hal yang penuh perjuangan.

"Alhamdulillah, sekarang masyarakat sadar akan sapta pesona itu. Utamanya kita memberikan kenyamanan, kebersihan, sopan, dan lainnya. Setiap ada tamu, kita jamu dengan tradisi kita," jelasnya.

Ia menceritakan gagasan menjadikan Cibuntu sebagai desa wisata berawal dari penelitian tiga mahasiswa Universitas Trisakti. Dari hasil penelitian itu, sambung Awam, mahasiswa Trisakti menyimpulkan bahwa Cibuntu memiliki potensi besar dalam bidang kepariwisataan.

"Kita langsung bergerak, waktu itu tahun 2011. Dan, 2012 kita launching. Di sini, kandang domba itu tidak ada di perkampungan, masyarakat yang memiliki domba dipisahkan dan disatukan di lahan tersendiri. Kita atur semua, bina masyarakatnya," tutup Awam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(Dari kiri ke kanan). Pemimpin Proyek Investasi Strategis Labuan Bajo Pelindo III Mukhammad Fathoni, Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer, CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara I Wayan Eka Saputra saat melakukan peninjauan langsung lokasi pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo

Senin, 18 Januari 2021 - 16:54 WIB

Pembangunan Pelabuhan Multi Purpose Labuan Bajo Dikebut

Para pemangku kepentingan sebagai pelaksana amanah dari Menteri Perhubungan yakni PT Pelabuhan Indonesia lll (Persero) atau Pelindo III terus melakukan akselerasi untuk percepatan pembangunan…

Hotel (Ilustrasi)

Senin, 18 Januari 2021 - 16:31 WIB

Innalilahi! Sejumlah Hotel dan Restoran di Jakarta Kritis, PHRI Desak Pemerintah Gercep Lakukan Hal Ini Sebelum Terlambat

Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta mengatakan industri hotel dan restoran di Jakarta semakin kritis, karena tingkat okupansi terus menurun.

Menteri Nadiem Makarim

Senin, 18 Januari 2021 - 16:05 WIB

Pak Nadiem Tolong Guru Sekolah Swasta Diperhatikan, Esti DPR: Mereka Kerap Dilupakan! Yang Dihitung Anggarannya Selalu Guru di Sekolah Negeri Termasuk Rekrutmen Jadi ASN

 Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wijayanti menegaskan para guru honorer yang mengajar di sekolah-sekolah swasta harus mendapat perhatian yang sama dengan para honorer yang mengajar di sekolah-sekolah…

Tanki BBM Pertamina

Senin, 18 Januari 2021 - 15:34 WIB

Ini Cara Pertamina Penuhi Kebutuhan LPG Masyarakat Terdampak Banjir di Banjarmasin

Banjir di Kalimantan Selatan telah membuat penyaluran beberapa fasilitas Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Banjarbaru…

Ilustrasi Subsidi Energi (dok Sindonews.com)

Senin, 18 Januari 2021 - 15:21 WIB

Subsidi Energi Komoditas Disoal! Tiga Pakar: Negatif Buat BUMN dan APBN, Tidak Protect The Poor Justru Orang Kaya yang Menikmati

Pakar ekonomi sekaligus Senior Ekonom The Indonesia Economic Intelligence (IEI), Sunarsip menegaskan bahwa kebijakan subsidi energi di Indonesia sebaiknya tidak lagi berbabis komoditas, namun…