Menteri PANRB Kumolo Dorong Inovasi Jadi Budaya Organisasi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 Agustus 2020 - 11:30 WIB

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan dalam mendorong tumbuhnya ekosistem birokrasi yang inovatif, peran pimpinan sangat menentukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pimpinan adalah dengan memasukkan indikator inovasi sebagai bagian dari penilaian kinerja baik secara organisasi dan perorangan.

“Pimpinan harus membiasakan aparatnya bekerja dan menghasilkan terobosan baru, sehingga semakin lama inovasi dapat menjadi budaya organisasi, serta ASN harus jadi pelopor untuk mengingatkan di lingkungannya yang ada dengan berkreasi,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara pemberian penghargaan Kepala Daerah Inovatif tahun 2020 secara virtual di Gedung MNC, Jakarta, Rabu (26/08/2020).

Lanjutnya dikatakan, bahwa inovasi merupakan kunci utama bagi bangsa pemenang pada era persaingan global. Dirinya menekankan bahwa inovasi harus terinternalisasi diseluruh program pemerintah, dalam kondisi saat ini adalah bagaimana membangun kinerja yang lebih baik di era pandemi Covid-19.

“Pemerintah harus mampu menghadirkan inovasi sekecil apapun dalam upaya mempercepat pelayanan kepada masyarakat, memperpendek jalur birokrasi, membangun ASN yang smart dan produktif. Saya kira kita semua memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun tata kelola pemerintahan yang semakin efektif dan efisien,” ujarnya

Pada kesempatan tersebut, Menteri Tjahjo mengatakan gerakan reformasi birokasi dibutuhkan untuk memperkuat kinerja pemerintah. Untuk dapat mentransformasi birokrasi menjadi baik, ada empat pekerjaan utama yang harus dilakukan, yakni transformasi budaya, transformasi struktural, transformasi digital, dan reformasi regulasi. Transformasi digital ini sebagai pengikat ketiganya.

“Agenda penting dalam reformasi birokrasi adalah perbaikan kualitas pelayanan publik, sehingga masyarakat menjadi puas dan pemerintah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi kepada 18 kepala daerah yang melakukan inovasi dan terobosan dalam membangun daerahnya.

Pimpinan Redaksi Koran Sindo dan sindonews.com Djaka Susila mengatakan inovasi bisa terhambat jika seorang pemimpin mempunyai strategi berbeda, baik strategi komunikasi maupun strategi pendekatan terhadap bawahannya.

"Saya yakin 18 kepala daerah yang hadir sekarang ini bukanlah tipe pemimpin penghambat perubahan. Melainkan pemimpin yang dapat memberikan keran inovasi seluas-luasnya sehingga memunculkan ide-ide perubahan,” ujarnya.

Maka dari itu Djaka berharap, inovasi yang diberikan sejumlah kepala daerah penerima penghargaan ini dapat menginspirasi bagi kepala daerah lainnya untuk menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat buat masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.