RUPS Binakarya Optimis Pasar Property Masih Cukup Tinggi

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 27 Agustus 2020 - 10:40 WIB

RUPS Binakarya Property Komitmen Wujudkan Hunian di Masa Pandemi
RUPS Binakarya Property Komitmen Wujudkan Hunian di Masa Pandemi

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT Binakarya Jaya Abadi Tbk (PERSEROAN) perusahaan yang bergerak di bidang Property yang berfokus pada pengembangan kawasan landed house, apartment, dan pengelolaan hotel; pada tanggal 21 Agustus 2020 telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Public Expose Tahunan.

Dalam Public Expose Tahunan yang dihadiri oleh Corporate Secretary dan perwakilan Direksi Perseroan, telah dipaparkan mengenai kinerja Perseroan baik sisi operasional maupun keuangan selama tahun 2019 sampai dengan semester pertama tahun 2020.

Direktur Utama PT Binakarya Jaya Abadi Tbk,  Budianto Halim, mengatakan, sepanjang tahun 2019 yang lalu memang dirasa menjadi masa yang sangat sulit untuk industri properti, hal tersebut dirasakan juga oleh PERSEROAN sebagai salah satu pengembang dan pelaku pasar properti di Indonesia.  Rendahnya permintaan dari konsumen terutama untuk segmen apartment membuat pendapatan PERSEROAN secara konsolidasi mengalami penurunan.  Tercatat penurunan pendapatan sebesar 3,37% dari semula sebesar Rp 407 Milyar pada Desember 2018 menjadi sebesar Rp 394 Milyar pada Desember 2019, sedangkan pada semester Pertama 2020 Pendapatan PERSEROAN baru tercatat sebesar Rp 62 milyar. 

“Rendahnya pendapatan pada semester pertama tahun 2020 ini dikarenakan faktor utamanya adalah kondisi pandemic covid-19 yang sedang melanda hampir di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia,”ujar Budianto, usai RUPS pada, Rabu (25/8/2020).

Dalam paparan pada Public Expose Tahunan Perseroan, telah disampaikan meskipun di tengah kondisi yang kurang menguntungkan bagi para pelaku usaha khususnya industri properti, PERSEROAN sepanjang tahun 2020 ini tetap berupaya dengan segenap kemampuan dan sumber daya yang dimiliki untuk menyelesaikan tahapan-tahapan pembangunan proyek yang sedang dijalankan.  Hal tersebut merupakan fokus utama PERSEROAN saat ini. 

Menurutnya, beberapa proyek yang sedang dikerjakan oleh PERSEROAN melalui entitas anaknya diantaranya adalah  The Palm 3 Residence yang merupakan kawasan landed house dengan luas area sekitar 35 ha yang terletak Bekasi, Jawa Barat yang pada saat ini sedang mulai dikembangkan untuk dibangun. 

The Palm 3 Residence merupakan kawasan hunian dengan letak yang cukup strategis dengan akses sekitar 20-30 menit dari exit tol Tambun diharapkan menjadi salah satu faktor yang dapat menarik banyak konsumen terutama keluarga muda yang sedang merencanakan untuk memiliki hunian tetap sebagai tempat tinggal.

PERSEROAN juga, kata dia,  sudah memasarkan produk andalan lain yaitu kawasan landed house Palm Blossom yang dibangun di atas lahan sekitar 2.5 ha terletak di kawasan Palm City, Cengkareng, Jakarta Barat yang telah dan sedang dibangun sekitar 200 unit rumah.  Selain itu ke depannya PERSEROAN juga akan mengembangkan Royal Palm Blossom yang letaknya berseberangan dengan Palm Blossom, dengan desain yang lebih modern diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen.

Di samping kedua proyek di atas, Perseroan juga tetap berupaya untuk menyelesaikan pembangunan beberapa apartment yang saat ini sedang dibangun oleh Perseroan.

Selain itu, Perseroan juga mengharapkan dapat menambah pendapatan dari pengelolaan hotel yang dimiliki yaitu Hotel Bogor Valley dan Swissbel Hotel Tuban-Kuta Bali. Meskipun mungkin untuk tahun ini pendapatan dari segmen pengelolaan hotel tidak akan sebaik periode sebelumnya, mengingat kondisi pandemic covid 19 ini yang sangat berdampak pada industri wisata yang menyebabkan rendahnya tingkat hunian hotel.

Dalam keterangan terpisah yang disampaikan setelah penyelenggaraan RUPS Tahunan dan Public Expose Tahunan, Budianto Halim yang juga merupakan salah satu pengendali PERSEROAN berharap kondisi pandemic covid-19 dapat segera berakhir sehingga dapat membuat seluruh aspek kegiatan usaha terutama industri properti dapat berjalan sesuai dengan harapan para pelaku usaha sebelum terjadinya pandemic covid-19 ini. Selain itu beliau juga berharap PERSEROAN dapat tetap memberikan hasil terbaik untuk para konsumen PERSEROAN dan pihak berkepentingan lainnya.

Demikian pula dengan Komisaris Utama Perseroan Go Hengky Setiawan saat ditemui secara terpisah, PERSEROAN tetap optimis mampu melewati pandemic covid-19. Karena pangsa pasar property masih ada, bahkan cukup tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…